Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa kelas IX SMP / Siti Muawanah
Main Author: | Muawanah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15600/ |
Daftar Isi:
- MuawanahSiti.2014.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)BerbasisPenemuanTerbimbingpadaMateriKesebangunandanKekongruenanuntukSiswaKelasIXSMP.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematika.JurusanMatematika.FMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.(II)LuckyTriOktovianaS.SiM.KomKataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)PenemuanTerbimbingKesebangunanKekongruenan1228812288122881228812288KetersediaanLKSmatematikauntuksiswaSMPyangberedarsaatinisebagianbesarhanyaberisiringkasanmatericontohsoaldanlatihansehinggasiswacenderungmenghafaldantidakmembangunsuatukonsep.LKSakanlebihbermaknajikaberisipedomanbagisiswauntukmelakukansuatukegiatanterprogramyangbertujuanuntukmenanamkankonsepatauprinsipbagisiswasecarautuhdansistematis.OlehkarenaituperludikembangkanLKSyangberkualitasdengansuatupendekatantertentu.Penemuanterbimbingadalahsalahsatupendekatanpembelajaranyangmemberikesempatankepadasiswauntukmencarimenemukanataumembuktikanhalyangsudahdiketahuidenganbantuanterbatasbagiguru.PenelitiinginmengembangkanLKSberbasispenemuanterbimbingpadamaterikesebangunandankekongruenan.MaterikesebangunandankekongruenanyangdimaksudadalahmaterimatematikauntukkelasIXSMPpadaawalsemesterI.1228812288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganPlompyangterdiridariempattahapyaitu1)tahapinvestigasiawal2)tahapperancangan3)realisasidan4)tahaptesevaluasidanrevisi.PadatahapinvestigasipenelitimelakukanobservasidanwawancaradiSMPNegeri1Malang.PadatahapperancanganpenelitimerancangLKSyangdikembangkansesuaidengankompetensidasarindikatordantujuanyangditempuh.PadatahaprealisasipenelitimengembangkanLKSberbasispenemuanterbimbingpadamateriKesebangunandanKekongruenan.SetelahLKSterbuatdilanjutkandenganmenyusuninstrumentkevalidanLKStersebut.PadatahaptesevaluasidanrevisiLKSyangdikembangkandivalidasioleh2validatoryaituvalidatorahlidanvalidatorpraktisi.Setelahitudiujicobakanke6siswaSMPNegeri1MalanguntukmengetahuipraktisdanefektifatautidaknyaLKStersebut.1228812288122881228812288BerdasarkanhasilujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifansecarakeseluruhanprodukLKSyangdikembangkandinyatakanvalidpraktisdanefektif.Hasilujikevalidanmenunjukkan8611%untukLKS875%untukRPPdan90625%untuksoalevaluasi.Hasilujikepraktisanmenunjukkan879%dari6siswakelasVIIISMP.Hasilujikeefektifanmenunjukkansemuasiswamemperolehnilairata-rata8833.JadidapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkansudahbaikdandapatdigunakansebagaialternatifbahanajardalampembelajarankesebangunandankekongruenan.