Pengembangan media interaktif berbantuan komputer dalam pembelajaran RME pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII / Ferry Ikhfa Megarini

Main Author: Megarini, Ferry Ikhfa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15596/
Daftar Isi:
  • MegariniFerryIkhfa.2014.PengembanganMediaInteraktifBerbantuanKomputerdalamPembelajaranRMEpadaMateriPerbandinganuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KataKunciPengembanganMediaInteraktifPembelajaranRMEPerbandingan12288122881228812288Penelitiandanpengembanganinidilatarbelakangiolehkesulitansiswadalammempelajarimateriperbandingankhususnyadalammateriperbandingansenilaidanperbandinganberbaliknilaisertabanyaknyaaplikasikomputeryangmudahdigunakanuntukmembuatmediainteraktif.MediainteraktifinidigunakansebagaipendampingbelajarsiswadalampembelajaranRMEsehinggasuasanapembelajaranmenjadilebihmenyenangkandalammemahamimateriperbandingansenilaidanperbandinganberbaliknilai.PenelitiandanpengembanganmediapembelajaraninteraktifberbantuankomputerinidilakukandenganmengadaptasimodelpengembanganThiagarajanyangterdiridariempattahapyangdikenaldenganmodel4-D(fourDModel)yaitu(1)tahappendefinisian(2)tahapperancangan(3)tahappengembangandan(4)tahappenyebaran.Akantetapipenelitiandanpengembanganinihanyasampaipadatahapyangketigayaitutahappengembangankarenahanyasampaipadaujicobaterbatas.12288122881228812288HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahmediainteraktifdengannamaBintangSekolahdalambentuksatufileexecutableyangportabledanbeberapafilependukung.Hasilpengembanganmediainteraktifberbantuankomputeryangberkualitasadalahberdasarkantigakriteriayaituvalidpraktisdanefektif.Mediainteraktifinidivalidasiolehduaahliyaituahlimateridanahlimedia.AhlimaterimelibatkansatudosenMatematikaUMdansatuguruSMPN21Malang.SedangkanahlimediamelibatkansatudosenMatematikaUM.UjicobaterbatasdalampenelitianinimelibatkansepuluhsiswaSMPN21Malang.12288122881228812288Hasilvalidasipenelitiandanpengembangandenganskala1-4.Padavalidasimateridiperolehnilairata-rata377validasiRPPdiperoleh3615danvalidasimediadiperoleh3481sehinggamediayangdikembangkanmemenuhikriteriavalid.Siswajugamemberikanresponyangtinggiterhadapmediainteraktifdengannilairata-ratasebesar39sehinggamediainteraktifberbantuankomputerpadamateriperbandinganinimemenuhikriteriapraktis.Berdasarkanpenilaianumumvalidatormenyatakanmediainteraktifberbantuankomputeryangdikembangkandapatdigunakandengansedikitrevisi.Hasilpengerjaantesevaluasisiswamenunjukkansemuasiswamendapatnilai880575(tuntas)sehinggamediainteraktifmemenuhikriteriaefektif.Mediainteraktifberbantuankomputermemenuhitigakriteriayaituvalidpraktisdanefektifmakamediainteraktifyangdikembangkandapatdisimpulkanberkualitas.