Pengembangan media interaktif berbantuan komputer dalam pembelajaran RME pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII / Ferry Ikhfa Megarini
Main Author: | Megarini, Ferry Ikhfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15596/ |
Daftar Isi:
- MegariniFerryIkhfa.2014.PengembanganMediaInteraktifBerbantuanKomputerdalamPembelajaranRMEpadaMateriPerbandinganuntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.(II)DarmawanSatyanandaS.TM.T.KataKunciPengembanganMediaInteraktifPembelajaranRMEPerbandingan12288122881228812288Penelitiandanpengembanganinidilatarbelakangiolehkesulitansiswadalammempelajarimateriperbandingankhususnyadalammateriperbandingansenilaidanperbandinganberbaliknilaisertabanyaknyaaplikasikomputeryangmudahdigunakanuntukmembuatmediainteraktif.MediainteraktifinidigunakansebagaipendampingbelajarsiswadalampembelajaranRMEsehinggasuasanapembelajaranmenjadilebihmenyenangkandalammemahamimateriperbandingansenilaidanperbandinganberbaliknilai.PenelitiandanpengembanganmediapembelajaraninteraktifberbantuankomputerinidilakukandenganmengadaptasimodelpengembanganThiagarajanyangterdiridariempattahapyangdikenaldenganmodel4-D(fourDModel)yaitu(1)tahappendefinisian(2)tahapperancangan(3)tahappengembangandan(4)tahappenyebaran.Akantetapipenelitiandanpengembanganinihanyasampaipadatahapyangketigayaitutahappengembangankarenahanyasampaipadaujicobaterbatas.12288122881228812288HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahmediainteraktifdengannamaBintangSekolahdalambentuksatufileexecutableyangportabledanbeberapafilependukung.Hasilpengembanganmediainteraktifberbantuankomputeryangberkualitasadalahberdasarkantigakriteriayaituvalidpraktisdanefektif.Mediainteraktifinidivalidasiolehduaahliyaituahlimateridanahlimedia.AhlimaterimelibatkansatudosenMatematikaUMdansatuguruSMPN21Malang.SedangkanahlimediamelibatkansatudosenMatematikaUM.UjicobaterbatasdalampenelitianinimelibatkansepuluhsiswaSMPN21Malang.12288122881228812288Hasilvalidasipenelitiandanpengembangandenganskala1-4.Padavalidasimateridiperolehnilairata-rata377validasiRPPdiperoleh3615danvalidasimediadiperoleh3481sehinggamediayangdikembangkanmemenuhikriteriavalid.Siswajugamemberikanresponyangtinggiterhadapmediainteraktifdengannilairata-ratasebesar39sehinggamediainteraktifberbantuankomputerpadamateriperbandinganinimemenuhikriteriapraktis.Berdasarkanpenilaianumumvalidatormenyatakanmediainteraktifberbantuankomputeryangdikembangkandapatdigunakandengansedikitrevisi.Hasilpengerjaantesevaluasisiswamenunjukkansemuasiswamendapatnilai880575(tuntas)sehinggamediainteraktifmemenuhikriteriaefektif.Mediainteraktifberbantuankomputermemenuhitigakriteriayaituvalidpraktisdanefektifmakamediainteraktifyangdikembangkandapatdisimpulkanberkualitas.