Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Negmbul 03 Kabupaten Blitar / Siti Maskiatun Nikmah

Main Author: Nikmah, Siti Maskiatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15587/
Daftar Isi:
  • NikmahSitiMaskiatun.2013.PenerapanModelPembelajaranTSTS(TwoStayTwoStray)UntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarIPAKelasVSDNNgembul03KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SukamtiM.Pd.(II)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si.KataKunciModelTSTSaktivitasbelajarhasilbelajar12288122881228812288ModelTSTSmerupakanmodelpembelajarankooperatifdimanasiswabelajardalamkelompokkecilyangterdiridari4siswadanbekerjasamauntukselanjutnyaantarkelompoksalingmendatanggi2siswamenjaditamudikelompoklaindan2siswamenjadituanrumah.PembelajaranIPAdikelasVpadasaatobservasimenunjukkanbahwasiswabelummempunyairasatanggungjawabdankeberanian.MeskipundalampembelajaransiswasudahdirangsangdenganmelakukanTanyajawab.DanhasilbelajarsiswaterlihatdarihasilUTSyangtuntas11siswadari24siswa.12288122881228812288BerdasarkanmasalahyangadapenelitimerasaperlumengadakanperbaikanpembelajarandenganmenerapkanmodelpembelajaranTSTS.Rumusanmasalahnyayaitu(1)BagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranTSTSuntukmeningkatkankualitaspembelajaranIPA(2)ApakahpenerapanmodelpembelajaranTSTSdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadalammatapelajaranIPA(3)ApakahpenerapanmodelpembelajaranTSTSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranIPA.12288122881228812288Penelitianinidilaksanakanpadatanggal22Aprilsampai1Mei2013.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukan2siklus.Setiapsiklusterdiri2kalipertemuan.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNNgembul03KabupatenBlitardenganjumah24siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelTSTSmengalamipeningkatan.PenerapanmodelTSTSterhadapaktivitasgurupadasiklus1memperolehSkor83meningkatpadasiklusIIdenganskor100.Aktivitassiswapadasiklus1tingkatkeberhasilansebesar8167%meningkatpadasiklusIImenjadi9555%.Hasilbelajarsiswapadasiklus1memperolehrata-rata7516%meningkatpadasiklus2menjadi8104%.BerdasarkanhasilaktivitasdanhasilbelajardapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranTSTSdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarIPAkhususnyamaterisifat-sifatcahaya.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadagurukelasVsupayamenggunakanmodelTSTSkarenadenganmenggunakanmodelTSTSdapatmenjadikansiswaaktifdandapatmeningkatkanhasilbelajarIPA.Haliniterlihatdarihasilaktivitasdanhasilbelajaryangdiperolehsiswa.DisampingitumodelTSTSjugadapatmemotivasisiswadalambelajarsertasiswadapatberperanaktifselamapembelajaranberlangsung.