Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013 / Ratna Widiyawati
Main Author: | Widiyawati, Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15586/ |
Daftar Isi:
- WidiyawatiRatna.2013.HubunganMinatBelajardenganHasilBelajarMatematikaSiswakelasVIIISMPNegeri10MalangSemesterGenapTahunAjaran2012/2013.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakutasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SwasonoRahardjoM.Si(II)IndriatiNurulHidayahS.PdMSi.KataKunciminatbelajarhasilbelajar12288122881228812288Hasilbelajarsangatpentingkarenadapatmengetahuitarafkemampuansiswaselamamengikutiprosespembelajarandansalahsatufaktorpsikologisyangmempengaruhihasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengungkapkangambaranobjektiftentang(1)Minatbelajarmatematikasiswa(2)Hubunganantaraminatbelajardenganhasilbelajar.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri10Malang.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIdiSMPNegeri10Malangdengansampelsebanyak48siswa.Datayangdiperolehdiujidenganujinormalitasuntukmengujiprasyaratanalisis.12288122881228812288Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodekuesioner/angketdandokumentasi.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdankorelasional(PearsonProductMoment)untukmengungkapbesarnyahubunganminatbelajardenganhasilbelajarmatematika.AnalisisdatadilakukandenganbantuanperangkatlunakSPSSforWindowsv.20.12288122881228812288Hasilpaparanpenelitiandankesimpulan(1)minatbelajarmatematikakelasVIIISMPNegeri10Malangdengankategorikurangberminat1458%cukupberminat7292%danberminat125%.(2)Adahubunganpositifdansignifikanantaraminatbelajarmatematikadenganhasilbelajarmatematikadengandengantarafkesalahansebesar005danbanyakN48.12288122881228812288Disarankanbagisiswapenelitianinidigunakansebagaibahanevaluasiuntukmenumbuhkanminatbelajarsertameningkatkanhasilbelajarmatematikanya.Bagipihaksekolahdiharapkanuntukdapatmeningkatkanminatbelajarsiswasalahsatunyadenganmemberikaninovasidalamkegiatanbelajarmengajar.Untukparapembacayangberminatmelakukanpenelitianlanjutandisarankanmenggunakaninstrumenpenelitianlainnyadanmemperluasfaktor-fakorlainyangberhubungandenganhasilbelajar.