Pengembangan lembar kegiatan siswa materi persamaan garis singgung lingkaran untuk SMA kelas XI IPA dengan pendekatan penemuan terbimbing / Agustina Ardhini

Main Author: Ardhini, Agustina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15583/
Daftar Isi:
  • ArdhiniAgustina.2012.PengembanganLembarKegiatanSiswaMateriPersamaanGarisSinggungLingkaranuntukSMAKelasXIIPAdenganPendekatanPenemuanTerbimbing.Skripsi.JurusanMatematika.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SudirmanM.Si(II)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.Si.Katakuncilembarkegiatansiswapersamaangarissinggunglingkaranpenemuanterbimbing1228812288122881228812288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanLembarKegiatanSiswa(LKS)materipersamaangarissinggunglingkarandenganpendekatanpenemuanterbimbingyangvaliddanefektif.KriteriakevalidanLKSmencakupaspekmateriaspekpenyajianaspekpenemuanterbimbingdanaspekbahasa.SedangkankriteriakeefektifanLKSmeliputiaspekkemampuansiswadalammenemukankonsepaspekpenguasaansiswaterhadapmateriaspekresponsiswadanaspekresponguru.1228812288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakanyaituModelPlomp4fasemeliputi(1)investigasiawal(2)desain(3)realisasi/konstruksi(4)tesevaluasidanrevisitanpamelaluifaseimplementasi.PenilaianLKSdilakukanmelaluiduatahapyaituvalidasidanujicobaLKS.Instrumenyangdigunakanyaitulembarvalidasilembarobservasiangketresponsiswaangketrespongurudantes.1228812288122881228812288Daritahapvalidasidiperolehbahwarata-ratapersentaseskoruntukaspekmateriaspekpenyajianaspekpenemuanterbimbingdanaspekbahasaberturut-turutyaitu934%887%814%946%.BerdasarkankriteriavaliditasyangditetapkanLKSyangdikembangkandinyatakanvalid.DaritahapujicobaLKSdiperolehhasilbahwa1)rata-ratapersentaseskorhasilobservasiyaitu783%2)rata-ratapersentaseskorangketresponsiswayaitu828%3)persentaseskorangketresponguruyaitu833%4)rata-ratanilaitessubyekujicobayaitu846%.BerdasarkankriteriaefektifitasyangditetapkanLKSyangdikembangkandinyatakanefektifuntukdigunakandalampembelajaran.1228812288122881228812288AgarLKSinidapatdigunakansecaralebihluasdirekomendasikanuntukmenilaivaliditasdanefektifitasLKSinidisekolahlaindenganlokasitradisidanbudayayangberbeda.