Pengembangan lembar kerja siswa untuk model pembelajaran group investigasi pada materi trogonometri kelas XI IPA MA Muhammadiyah I Malang / Supiatun
Main Author: | Supiatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15577/ |
Daftar Isi:
- Supiatun.2013.PengembanganLembarKerjaSiswauntukModelPembelajaranGrupInvestigasipadaMateriTrigonometriKelasXIIPAMAMuhammadiyahIMalang.Skripsi.JurusanMatematika.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriMulyatiM.Pd(II)Drs.ErryHidayantoM.Si.KatakuncilembarkerjasiswagrupinvestigasitrigonometriBerdasarkanpengamatansaatPPLdiSMANegeri4Malangpadatahun2011/2012banyaksiswayangmengutarakanbahwamatematikaitusangatsulitkarenabanyakdipenuhidenganrumus-rumuscontohnyaadalahmateritrigonometri.Banyaksiswamempelajaritrigonometridengancaramenghafalkanrumus-rumustanpamengetahuiasalnya.Akibatnyasiswamengalamikesulitandalammengerjakansoalyangberhubungandenganmateritersebutjikasiswatersebutluparumus.Modelgrupinvestigasidapatmemudahkansiswadalammemahamimateritrigonometri.OlehkarenaitutujuandaripengembanganiniadalahmenghasilkanlembarkerjasiswadenganmodelpembelajarangrupinvestigasipadamateritrigonometrikelasXIIPAyangvalidpraktisdanefektif.Pengembanganlembarkerjasiswainimerujukpadaprosedurpengembanganyangmeliputi(1)analisissituasiawal(2)merancanglembarkerjasiswa(3)menyusunlembarkerjasiswadan(4)validasilembarkerjasiswa.PenilaianLKSdilakukanmelaluiduatahapyaituvalidasidanujicobaLKS.LembarkerjasiswadivalidasiolehtigavalidatoryangterdiridarisatudosenmatematikasatugurumatematikaMAIMuhammadiyahMalangdansatugurumatematikaMANIIBatu.UjicobaLKSdilakukanpadaenamsiswakelasXIIPAMAIMuhammadiyahMalang.LembarkerjasiswayangdikembangkanterdiridariempatbagianyaituLKSImemuatmateritrigonometrisudutyangukuransudutnyadiperolehdarijumlahatauselisihdariukuranduasudutyanglainLKSIImemuatmateritrigonometrisudutyangukurannyadiperolehdariduakaliatausetengahdariukuransudutyanglainLKSIIImemuatmaterijumlahatauselisihdarisinusataukosinussudutdanperkaliansinusataukosinussudutsertaLKSIVmemuatsoal-soalpemecahanmasalahyangterkaitdenganmateritrigonometri.PadaLKSILKSIIdanLKSIIImemuatlangkah-langkahkerjayangmerupakanlangkah-langkahdarimodelpembelajarangrupinvestigasi.Langkah-langkahnyayaitupemberianmasalahawalpengumpulaninformasiyangterkaitdenganpermasalahanawalmenyelesaikanpermasalahanawaldanevaluasi.Berdasarkanhasilpenilaianvalidatorpadatiappoinlembarvalidasidapatdisimpulkanbahwalembarkerjasiswayangdikembangkanvaliddenganrata-ratapersentase8892%dengansedikitrevisi.Berdasarkanhasilujicobadapatdisimpulkanbahwalembarkerjasiswayangdikembangkanpraktisdanefektif.Kepraktisanlembarkerjasiswadilihatdaripenilaianangketsiswadenganrataratapresentase1)LKSIsebesar8333%2)LKSIIsebesar825%dan3)LKSIIIsebesar8417%.Keefektifannnyadapatdilihatdarihasilevaluasiakhirsiswa.NilaiyangdiperolehkeenamsiswadalammengerjakanevaluasiakhirtelahmemenuhiKKMyangtelahditentukanyaitu75.iiLembarkerjasiswahasilpengembanganinidiharapkandapatditerapkanpadaprosesbelajarmengajarsiswakelasXIIPASMA/MAsecaraluastidakhanyaterbataspadakelompokkecil.Pengembanganlembarkerjasiswadenganmodelpembelajarangrupinvestigasiinihanyaterbataspadamateritrigonometrisehinggadiharapkanadanyapengembanganlembarkerjasiswadenganmodelpembelajarangrupinvestigasiuntukmateriyanglain.