Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi kesebangunan untuk siswa kelas IX SMP / Ayu Erma Kartika Dewi
Main Author: | Dewi, Ayu Erma Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15573/ |
Daftar Isi:
- DewiA.E.K.2013.PengembanganMediaPembelajaranMatematikaBerbantuanKomputerpadaMateriKesebangunanuntukSiswaKelasIXSMP.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DarmawanSatyanandaS.TM.T(II)LathifulAnwarS.SiM.Sc.KataKuncimediapembelajarankomputerkesebangunanKesebangunanadalahsalahsatukonsepmatematikayangpentinguntukdipelajari.Dalamkehidupansehari-haribanyakaplikasitentangkonsepkesebangunanantaralainpembuatandenahataureplikabangunanpembuatanpolabatikpembuatansketsahasilpencerminanmenghitungtinggibangunanyangtidakterjangkaudansebagainya.Namunpadakenyataannyasebagianorangkhususnyasiswakurangmemahamikonsepdarikesebangunansehinggamerekamengalamikesulitanmenyelesaikansoalyangberhubungandengankonsepkesebangunan.Salahsatuusahauntukmembantumemahamkansiswaterhadapmateriadalahdenganmenggunakanmediapembelajaran.Dalambeberapatahuninimulaibanyakdikembangkanmediapembelajaranberbantuankomputer.Selainuntukmembantumemahamkanmateridenganmediapembelajaranberbantuankomputerpembelajaranyangterjadidapatlebihmenarikefektifdanefisien.Berdasarkanpaparantersebutpadapenelitianinidikembangkanmediapembelajaranberbantuankomputerpadamaterikesebangunanyangberkualitasbaiksertamembantumemahamkanmateripadasiswa.Penelitianinitermasukpenelitiandanpengembangan.MetodepenelitiandanpengembanganyangdigunakandiadaptasidaridarimetodepenelitiandanpengembanganmenurutAlessydanTrollipyangterdiridari10langkah.Langkah-langkahtersebutmeliputi(1)menentukankebutuhandantujuanpengembanganprogram(2)mengumpulkanreferensiterkaitdenganmateriteoribelajardanpengembanganmedia(3)mempelajariisiataupendalamanmateri(4)menghasilkangagasanatauide(5)pengembangandanpembuatanprogrampembelajaran(6)perancangandanpembuatandiagramalir(7)pembuatanstoryboardprogram(8)pembuatanprogrammateri(9)membuatbahanpendukungdan(10)evaluasidanrevisiprogram.Padapenelitianinidatayangdiperolehdianalisistingkatkevalidankepraktisandankeefektifangunamenghasilkanmediapembelajaranyangberkualitasbaik.Ujicobadalampenelitianinitermasukujicobaterbataskarenahanyadiujicobakankepada9siswakelasVIIISMP.Hasildaripenelitiandanpemngembanganinimenunjukkanbahwamediapembelajaraninisudahberkualitasbaikdandapatmembantumemahamkankonsepmaterikesebangunanpadasiswa.Haltersebutdisimpulkanberdasarkananalisisdatayangtelahdilakukanyaitusebagaiberikut(1)Kriteriakevalidanyangdisimpulkandarivalidasimaterimenunjukkanmediapembelajaraninisangatvalid(9018%)sedangkanberdasarkanvalidasimediamenunjukkankriteriayangvalid(7885%).(2)Kriteriakepraktisandarimediapembelajaraniniberdasarkanhasilevaluasipenggunaadalahbaikyaitu67%penggunamencapaiketuntasandengannilaiminimal70sedangkanberdasarkanahlidanhasilpengamatanaktivitaspenggunamediainidapatdigunakandengansedikitrevisi.(3)Kriteriakeefektifanmenunjukkanmediapembelajaraninimendapatkanresponyangsangatpositif(9113%)daripengguna.(4)Mediapembelajaraninidapatmembantumemahamkanmaterikepadasiswadilihatdaritabulasihasilevaluasipenggunamenunjukkanbahwa67%daripenggunatuntassedangkanberdasarkanresponpenggunamenunjukkanrata-rataakhiradalah364.