Penerapan pembelajaran kooperatif tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang / Apnormi
Main Author: | Apnormi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15567/ |
Daftar Isi:
- Apnormi.2013.PenerapanPembelajaranKooperatiftipeTutorSebayaUntukmeningkatkanhasilBelajarSiswaPadaMateriLingkarandiKelasVIII-GSMPNegeri9Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.EddyBudionoM.Pd(2)AningWidaYantiS.SiM.Pd.KatakunciPembelajaranKooperatiftipeTutorSebayahasilbelajar.Pembelajaransecarakonvensionalyangseringditerapkanolehgurudisekolahmengakibatkansiswapasifselamaprosespembelajaranberlangsung.Danhaliniakanberdampakpadahasilbelajarsiswayangrendah.SalahSatumetodeyangmampumendorongsiswauntukberperanaktifselamaprosespembelajaransehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahpembelajarankooperatiftipetutorsebaya.Dalampembelajarankooperatiftipetutorsebayamengutamakanmodelkerjasamaantarasiswadalamsuatukelompokuntukmencapaitujuanbersamayangakandibimbingolehtemansebayayangberprestasibaiksiswayangpandaimengajariyanglemahdanyangtahumemberitahuyangbelumtahu.Sehinggaterciptapolainteraksitertentudiantaraanggotakelompok.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipetutorsebayayangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIII-GSMPNegeri9Malangpadamaterilingkaran.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri9MalangpadabulanMaretsampaidenganApril2013dalam2tahapyaitupratindakandantahaptindakan.Tahaptindakandilaksanakandalam2siklusdanmasing-masingsiklusterdiridari3pertemuan.Darihasilpenelitiandapatdiperolehbahwalangkah-langkahpembelajarankooperatiftipetutorsebayayangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-GSMPNegeri9Malangadalahdiawaliadanyapresentasikelasolehgurupembentukankelompoksecaraheterogensetiapkelompokdipimpinolehtutorsebayagurumengontrolsaatdiskusiberlangsunggurumemberiwaktukepadasiswauntukpresentasikelasdandiakhiridenganmembimbingsiswauntukmenyimpulkanmateriyangdipelajari.SedangkanpeningkatanketuntasanbelajarsiswadarihasiltessiklusIdanhasiltessiklusIIsebesar1463%.HaltersebutdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswamasukdalamkategoriBaikdanhasilobservasiaktivitasgurumasukdalamkategoriSangatBaikpadasiklusIdanII.