Penerapan pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Jumadi

Main Author: Jumadi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15562/
Daftar Isi:
  • Jumadi.2013.PenerapanPembelajaranPenemuanTerbimbingUntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaBagiSiswaKelasVIIISMPNegeri9Malang.SkripsiProgramStudiPedidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikaDanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.CholisSadijahM.PdM.A(2)Dra.EtyTejoDwiCahyowatiM.PdKataKunciMetodePenemuanTerbimbingHasilBelajar122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajaranpenemuanterbimbingyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIIISMPNegeri9Malang.122881228812288122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri9MalangpadabulanJanuarisampaidenganFebruari2013dalam2tahapyaitupratindakandantahaptindakan.Tahaptindakandilakukandalam2siklus.122881228812288122881228812288Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranpenemuanterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.Hasilbelajarsiswameningkatsebesar1316%yangditunjukkandaritessiklusIdanII.PadasiklusIdanIIhasilobservasiaktivitassiswamasukdalamkategoribaikdanhasilobservasiaktivitasgurumasukdalamkategorisangatbaik.