Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII E SMP Taman Siswa Malang / Febriyanti Emilia

Main Author: Emilia, Febriyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15561/
Daftar Isi:
  • KatakunciSTADpohonmatematikakemampuanberpikirkreatifBerdasarkanhasilpengamatanselamaPPLdanwawancaradengangurumatematikaSMPTamansiswaMalangdiperolehinformasibahwatingkatpemahandankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIIEmasihrendah.Metodepembelajaranyangselamainiditerapkanolehgurubelummampumeningkatkankemampuanberpikirkreatiftersebut.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatdigunakanuntukmembantumenyelesaikankondisiiniadalahpembelajarandenganmenggunakanmediapohonmatematikayangdipadukandenganpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamAchievementDivision).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifSTADdenganmediapohonmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIIE.Pohonmatematikamerupakansuatumediapembelajaranyangmemadukanantarapembelajaranproblemposingdanopenended.Pembelajarantersebutdiharapkanmampumeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.PerpaduanmediapohonmatematikadenganSTADmemberikankesempatankepadasiswauntukberinteraksidengantemansatukelompokdalammenumbuhkanide-idekreatifnya.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SintaksSTADsecarautuhterdapatdalamsatusiklussatusikluspembelajaranterdiridaritigakalipertemuan.Presentasikelasdandiskusikelompok(I)terdapatpadapertemuanpertamadiskusikelompok(II)terdapatpadapertemuankeduasedangkantes(kuis)peningkatanskorsiswadanpenghargaankelompokterdapatpadapertemuanketiga.Hasilpenelitianinimenunjukkanpersentasekemampuanberpikirkreatifsiswasecaraklasikalmencapai575%padasiklusIdanmeningkatmenjadi713%padasiklusIIdenganklasifikasibaik.Peningkataninidipengaruhiolehketepatangurudansiswadalammenerapkanrencanapembelajaran.Ketepatangurudalammenerapkanrencanapembelajaranadalah75%padasiklusIdanmeningkatmenjadi81%padasiklusII.Sedangkanketepatansiswadalammengikutipembelajaranadalah634%padasiklusImeningkatmenjadi742%padasiklusII.