Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII E SMP Taman Siswa Malang / Febriyanti Emilia
Main Author: | Emilia, Febriyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15561/ |
Daftar Isi:
- KatakunciSTADpohonmatematikakemampuanberpikirkreatifBerdasarkanhasilpengamatanselamaPPLdanwawancaradengangurumatematikaSMPTamansiswaMalangdiperolehinformasibahwatingkatpemahandankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIIEmasihrendah.Metodepembelajaranyangselamainiditerapkanolehgurubelummampumeningkatkankemampuanberpikirkreatiftersebut.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatdigunakanuntukmembantumenyelesaikankondisiiniadalahpembelajarandenganmenggunakanmediapohonmatematikayangdipadukandenganpembelajarankooperatiftipeSTAD(StudentTeamAchievementDivision).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifSTADdenganmediapohonmatematikayangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIIE.Pohonmatematikamerupakansuatumediapembelajaranyangmemadukanantarapembelajaranproblemposingdanopenended.Pembelajarantersebutdiharapkanmampumeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.PerpaduanmediapohonmatematikadenganSTADmemberikankesempatankepadasiswauntukberinteraksidengantemansatukelompokdalammenumbuhkanide-idekreatifnya.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SintaksSTADsecarautuhterdapatdalamsatusiklussatusikluspembelajaranterdiridaritigakalipertemuan.Presentasikelasdandiskusikelompok(I)terdapatpadapertemuanpertamadiskusikelompok(II)terdapatpadapertemuankeduasedangkantes(kuis)peningkatanskorsiswadanpenghargaankelompokterdapatpadapertemuanketiga.Hasilpenelitianinimenunjukkanpersentasekemampuanberpikirkreatifsiswasecaraklasikalmencapai575%padasiklusIdanmeningkatmenjadi713%padasiklusIIdenganklasifikasibaik.Peningkataninidipengaruhiolehketepatangurudansiswadalammenerapkanrencanapembelajaran.Ketepatangurudalammenerapkanrencanapembelajaranadalah75%padasiklusIdanmeningkatmenjadi81%padasiklusII.Sedangkanketepatansiswadalammengikutipembelajaranadalah634%padasiklusImeningkatmenjadi742%padasiklusII.