Pembelajaran melalui strategi REACT berbantu Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga (jarak) siswa kelas X semester genap SMA Negeri 10 Malang / Meisa Yasmita Pradani

Main Author: Pradani, Meisa Yasmita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15559/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajaranstrategiREACTCabri3Dhasilbelajarjarak.StudipendahuluanyangdilakukanpenelitimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswakelasX-7SMANegeri10Malangpadamateridimensitigamasihrendahdanperluditingkatkan.Halinidikarenakanpembelajaranyangdilakukanselamainimasihdilakukansecarakonvensionalyaitugurusebagaipusatpembelajaran(teachercentered).Selainitupenggambaranbendadimensitigamasihmenggunakanmediapapantulissehinggasiswasulitmembayangkanbendadimensitigayangbegituabstrak.BerdasarkanhaltersebutpenelitiberinisiatifmenerapkanpembelajaranmelalauistrategiREACTberbantuanmediaCabri3DuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadikelasX-7SMANegeri10Malang.PembelajaranmelaluistrategiREACTmerupakansalahsatupembelajarankontekstualyangmemilikilimaaspekyaiturelatingexperiencingapplyingcooperatingdantransferring.Dalampembelajaraninisiswadapatmenghubungkankonsepyangdipelajaridengansesuatuyangtelahdiketahuisiswadengankegiatanhand-on(mengotak-katikataumemanipulasi)dansedikitketerangangurusiswamenemukanpengetahuanbarusiswamenerapkanpengetahuannyapadasituasinyatasiswamemecahkanmasalahdalamteamuntukmenguatkanpengetahuanmerekasertasiswamenerapkanyangtelahmerekapelajariuntukdilakukantransferkesituasibarusesuaikonteksnya.DalampembelajarantersebutjugadisisipkanprogramCabri3Dsebagaimediapembelajaranyanginteraktifuntukmembantusiswamemvisualisasikanbenda-bendadimensitigamenjadilebihkonkrit.PenelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasdariKemmisMcTaggartdengantahapanperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Penelitiandilakukanselamaduasiklusdenganmaterijarakantaraduatitikdanjarakantaratitikdangarispadasikluspertamasedangkanpadasikluskeduapadamaterijarakantaratitikdenganbidang.Dalampenelitianinihasilbelajarsiswadiukurmelaluitestertulispadasetiapakhirsiklus.Analisisdalampenelitianinibersifatkualitatifdankauntitatif.Datakualitatif(berupakataataukalimat)digunakanuntukmendeskripsikandatasecaralengkap.Analisiskuantitatifditampilkandalambentukangka.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranyangditerapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasecaraperlahan.PeningakatantersebutterjadidarinilaiawalsiswamenujunilaitessiklusIhinggasiklusII.PadasiklusIhasilbelajarsiswameningkatsebesar172%darinilaiawalsiswadenganketuntasanklasikalmeningkatdari211%menjadi427%yaitumeningkatdaritarafSangatRendahmenjadiRendah.SedangkanpadasiklusIIhasilbelajarsiswameningkatsebesar28%darinilaiawalsiswadenganketuntasanklasikalmeningkatdari211%menjadi788%yaitumeningkatdaritarafSangatRendahmenjadiBaik.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpembelajaranmelaluistrategiREACTberbantuanmediaCabri3DmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-7SMANegeri10Malang.