Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang / Elita Mega Selvia Wijaya

Main Author: Wijaya, Elita Mega Selvia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15557/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)hasilbelajar.BerdasarkanwawancaradengangurukelasX-5padatanggal23Oktober2012diSMANegeri1Lawanghasilbelajarmateridimensitigamasihdibawahstandarketuntasanminimalsekolahyaitu75.Metodeyangdigunakandalammengajarkanmateridimensitigaadalahceramah.Dengandemikiansebagianbesarsiswamembangunpolapikirmateridimensitigasecaraindividu.Padahalmateridimensitigamerupakanmateriyangsulituntukdipahamikarenabersifatabstrak.SiswakelasXtergolongsiswaperalihandaridayapikirkonkritmenujudayapikirsecaraabstrak.Olehkarenaitupenelitimencobamenggunakanmodelpembelajaranberkelompokuntukmembantumengatasikesulitanbelajarsiswapadamateridimensitiga.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)yangmeningkatkanhasilbelajarmateridimensitigasiswakelasX-5SMANegeri1LawangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)danuntukmengetahuibesarpeningkatannya.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2013.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklusdanhasilobservasiaktivitasgurudansiswa.HasilobservasiaktivitasgurudalammenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherpadasiklusIdansiklusIIadalah8809%dan9523%yangtermasukkategorisangatbaik.Sedangkanhasilobservasiaktivitassiswaadalah8516%dan9012%beradapadakategorisangatbaik.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaprosesdenganpenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)mengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIdanmemenuhikriteriaminimal85%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadasiklusIterdapat24siswa(6667%)dari36siswayangmemenuhiSKMsedangkanpadasiklusIIterdapat28siswa(7778%).dari36siswayangmemenuhiSKM.Dengandemikianhasilbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1111%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-5SMANegeri1Lawangpadamateridimensitiga.BeberapasaranyangdapatdisampaikanberdasarkanpenelitianinibagiguruataupenelitiyangakanmenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherpadamateridimensitigasebaiknyamemeriksapengetahuanprasyaratsiswakarenamodelpembelajaraninitidakakanberjalanlancarapabilasiswatidakmenguasaipengetahuanprasyarat.Selainituguruharuslebihmemperhatikanpengelolaanwaktuagarpelaksanaanpembelajarandapatterlaksanadenganbaikdansesuaidenganrencana.