Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang / Elita Mega Selvia Wijaya
Main Author: | Wijaya, Elita Mega Selvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15557/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)hasilbelajar.BerdasarkanwawancaradengangurukelasX-5padatanggal23Oktober2012diSMANegeri1Lawanghasilbelajarmateridimensitigamasihdibawahstandarketuntasanminimalsekolahyaitu75.Metodeyangdigunakandalammengajarkanmateridimensitigaadalahceramah.Dengandemikiansebagianbesarsiswamembangunpolapikirmateridimensitigasecaraindividu.Padahalmateridimensitigamerupakanmateriyangsulituntukdipahamikarenabersifatabstrak.SiswakelasXtergolongsiswaperalihandaridayapikirkonkritmenujudayapikirsecaraabstrak.Olehkarenaitupenelitimencobamenggunakanmodelpembelajaranberkelompokuntukmembantumengatasikesulitanbelajarsiswapadamateridimensitiga.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)yangmeningkatkanhasilbelajarmateridimensitigasiswakelasX-5SMANegeri1LawangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)danuntukmengetahuibesarpeningkatannya.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2013.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklusdanhasilobservasiaktivitasgurudansiswa.HasilobservasiaktivitasgurudalammenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherpadasiklusIdansiklusIIadalah8809%dan9523%yangtermasukkategorisangatbaik.Sedangkanhasilobservasiaktivitassiswaadalah8516%dan9012%beradapadakategorisangatbaik.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaprosesdenganpenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)mengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIdanmemenuhikriteriaminimal85%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadasiklusIterdapat24siswa(6667%)dari36siswayangmemenuhiSKMsedangkanpadasiklusIIterdapat28siswa(7778%).dari36siswayangmemenuhiSKM.Dengandemikianhasilbelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1111%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-5SMANegeri1Lawangpadamateridimensitiga.BeberapasaranyangdapatdisampaikanberdasarkanpenelitianinibagiguruataupenelitiyangakanmenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherpadamateridimensitigasebaiknyamemeriksapengetahuanprasyaratsiswakarenamodelpembelajaraninitidakakanberjalanlancarapabilasiswatidakmenguasaipengetahuanprasyarat.Selainituguruharuslebihmemperhatikanpengelolaanwaktuagarpelaksanaanpembelajarandapatterlaksanadenganbaikdansesuaidenganrencana.