Pengembangan modul pembelajaran bilangan bulat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD/MI / Moh. Shofan
Main Author: | Shofan, Moh. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15553/ |
Daftar Isi:
- ShofanMoh.2013.PengembanganModulPembelajaranBilanganBulatdenganPendekatanKontekstualuntukSiswaKelasIVSD/MI.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.CholisSadijahM.PdM.A.(II)Drs.SlametM.SiKataKuncimodulpendekatankontekstualbilanganbulat.Bilanganbulatmerupakansalahsatumateripentingdalammatematikadanbanyakpenerapanyadalamkehidupansehari-hari.Konsepbelajaryangmembantumengaitkanantaramateridengansituasidunianyataadalahpendekatankontekstual.Dalampembelajarantidaksemuasiswadapatdilayanikebutuhannyasecaraindividu.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmewadahikebutuhansiswasecaramandiriadalahpembelajaranindividualmenggunakanmodulyatuseperangkatpembelajaranyangdidalamnyamemuatsuatuunitkonseppembelajaranyangdapatdipelajariolehsiswasecaramandiri.Olehkarenaitudilakukanpengembanganmoduldenganpendekatankontekstual.Modulkontekstualyangdikembangkanmempunyaikarakteristik(1)materididahuluidenganmasalahkontekstual(2)kegiatanyangdisajikanbertujuanuntukmembantusiswamencapaitujuanpembelajaran(3)menekankanpadapenalarandanpemahaman(4)siswamengkonstruksisendiripemahamannya(5)adanyakegiatanperagaanpadapemodelanInstruksiuntukbertanyadanmenjawab(6)adanyarangkumanyangharusdiisiolehsiswa(7)adanyakuncijawaban(8)penilaiandilakukanpadasaatprosesdanhasilbelajardan(9)adanyaumpanbalikdantindaklanjut.Prosedurpengembanganmodulterdiridaribeberapatahapanyaitu(1)analisispendahuluan(mengkajipermasalahanyangberhubungandenganmodulmeliputipengertiankarakteristikkomponenprosedurpengembangankelebihandankekuranganmodul)(2)penyusunanmodul(menentukanmateripokok-pokokbahasantujuanpembelajaranmenyusunisiperangkatevaluasidankelengkapanmodul)dan(3)validasidanrevisi(menentukandesainvalidasivalidatorjenisdatayangdigunakaninstrumenpengumpulandataprosesvalidasianalisisdatadanrevisimodul).Hasilujicobauntukmodulpadatahappertamamemilikirata-rata314padatahapkeduamemilikirata-rata310.Hasilujicobakelayakanpengembanganmodulsecarakeseluruhanmemilikirata-ratanilai313.Haltersebutmenunjukkanbahwamodulyangdikembangkancukupvaliddanlayakdigunakansebagaibahanajaruntukmembantusiswadangurupadaprosespembelajaran.PenggunaanmoduldalampembelajaranhendaknyadisesuaikandengankondisiSekolah/MadrasahyangadaselanjutnyaperluadapenelitianlebihlanjutuntukmengetahuikeefektifanmodulkontekstualdalampembelajaransesungguhnyadiSekolah/Madrasah.