Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) / Rio Febrianto Arifendi

Main Author: Arifendi, Rio Febrianto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/15552/
Daftar Isi:
  • KatakuncimotivasibelajarsiswamatematikakooperatiftipeTAI.Berdasarkanpengamatanyangdilakukanpenelitipadasaatpembelajaranberlangsungdidalamkelassebagianbesarsiswakurangmemperhatikangurupadasaatprosespembelajaranmatematika.Selainituadanyakelompokkelompokhomogensehinggasebagianbesarsiswabertemandengankelompoknyasendirisendiri.Kemudianpadasaatpembelajaranberlangsungbanyaksiswayangpasifmalasdantidakmaubertanyaapabilaadakesulitan.Halinidikarenakanmetodeyangdigunakangurupadasaatmengajarlebihbanyakmenggunakanmetodeceramahsehinggamembuatsiswamudahjenuhdalammengikutipembelajarandikelas.PadapembelajaranTAIsiswadikelompokkanmenjadibeberapakelompokheterogenyangmempunyaiperbedaankarakterdantingkatkepandaian.PembelajarantipeTAIdapatmenumbuhkanmotivasibelajarsiswasemaksimalmungkinkarenasiswasecaraaktifbelajarsendirididalamkelompokmelakukandiskusidanpengecekandengantemansatukelompoknya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)yangdapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelasXIMAMuhammadiyah1Malang.PenelitianinimenggunakanpendekatanPTKyangterdiridarisiklusIdansiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurmotivasiadalahangketmotivasibelajarsiswa.Datatersebutdianalisisselanjutnyadibahasdanpadaakhirnyaditariksuatukesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebelumdiberitindakanterdapat63.6%siswayangmemilikimotivasirendahtetapisetelahdiberitindakanterdapat72.7%siswayangmemilikimotivasicukup.HalinimenunjukanbahwaterjadipeningkatanmotivasibelajarsiswakelasXIBahasaMAMuhammadiyah1Malang.AdapuntahappelaksanaantindakanyangdilakukandenganmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTAIuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswayaituPlacementTestTeamsTeachingGroupStudentCreativeTeamStudyWholeClassUnitsFactTestdanTeamScoreAndTeamRecognition.PadatahapTeamspembentukankelompokmemperhatikankomposisijumlahperempuandanlakilakisehinggasiswatidakcanggungberdiskusidengantemanlawanjenisnya.PadatahapStudentCreativebahasadanpetunjukyangdigunakanpadaLKSlebihkomunikatifsehinggamudahdipahamisiswa.PadaakhirsiklustahapTeamScoreAndTeamRecognitionpenelitijugamemberikanpenghargaankepadakelompokyangmendapatkanskortertinggisehinggasiswalebihsemangatdantermotivasiuntukbelajarmatematika.BeberapahalyangperludiperhatikandalampenerapanTAIadalahjumlahobservermanajemenwaktuyangtepatdanpengendaliankelasyangbijaksana.