Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) / Rio Febrianto Arifendi
Main Author: | Arifendi, Rio Febrianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15552/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimotivasibelajarsiswamatematikakooperatiftipeTAI.Berdasarkanpengamatanyangdilakukanpenelitipadasaatpembelajaranberlangsungdidalamkelassebagianbesarsiswakurangmemperhatikangurupadasaatprosespembelajaranmatematika.Selainituadanyakelompokkelompokhomogensehinggasebagianbesarsiswabertemandengankelompoknyasendirisendiri.Kemudianpadasaatpembelajaranberlangsungbanyaksiswayangpasifmalasdantidakmaubertanyaapabilaadakesulitan.Halinidikarenakanmetodeyangdigunakangurupadasaatmengajarlebihbanyakmenggunakanmetodeceramahsehinggamembuatsiswamudahjenuhdalammengikutipembelajarandikelas.PadapembelajaranTAIsiswadikelompokkanmenjadibeberapakelompokheterogenyangmempunyaiperbedaankarakterdantingkatkepandaian.PembelajarantipeTAIdapatmenumbuhkanmotivasibelajarsiswasemaksimalmungkinkarenasiswasecaraaktifbelajarsendirididalamkelompokmelakukandiskusidanpengecekandengantemansatukelompoknya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankooperatiftipeTeamAssistedIndividualization(TAI)yangdapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswakelasXIMAMuhammadiyah1Malang.PenelitianinimenggunakanpendekatanPTKyangterdiridarisiklusIdansiklusII.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurmotivasiadalahangketmotivasibelajarsiswa.Datatersebutdianalisisselanjutnyadibahasdanpadaakhirnyaditariksuatukesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebelumdiberitindakanterdapat63.6%siswayangmemilikimotivasirendahtetapisetelahdiberitindakanterdapat72.7%siswayangmemilikimotivasicukup.HalinimenunjukanbahwaterjadipeningkatanmotivasibelajarsiswakelasXIBahasaMAMuhammadiyah1Malang.AdapuntahappelaksanaantindakanyangdilakukandenganmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTAIuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswayaituPlacementTestTeamsTeachingGroupStudentCreativeTeamStudyWholeClassUnitsFactTestdanTeamScoreAndTeamRecognition.PadatahapTeamspembentukankelompokmemperhatikankomposisijumlahperempuandanlakilakisehinggasiswatidakcanggungberdiskusidengantemanlawanjenisnya.PadatahapStudentCreativebahasadanpetunjukyangdigunakanpadaLKSlebihkomunikatifsehinggamudahdipahamisiswa.PadaakhirsiklustahapTeamScoreAndTeamRecognitionpenelitijugamemberikanpenghargaankepadakelompokyangmendapatkanskortertinggisehinggasiswalebihsemangatdantermotivasiuntukbelajarmatematika.BeberapahalyangperludiperhatikandalampenerapanTAIadalahjumlahobservermanajemenwaktuyangtepatdanpengendaliankelasyangbijaksana.