Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Mambaul Ulum Banjarejo / Husnul Fathoni
Main Author: | Fathoni, Husnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15549/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifSTADHasilbelajarBerdasarkanhasiltryoutyangdilaksanakanolehKKMMTsNMalangIIIsebanyak5kalipadatahunpelajaran2011/2012siswaMTsMambaulUlumBanjarejoyanglulusrata-rata9%dari79siswa.Standarkelulusanminimalyangharusdicapaisiswasetiapmatapelajaranadalah550.OlehkarenaitudiperlukandeskripsipenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuipenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIIIMTsMambaulUlumBanjarejo.Instrumenpengumpulandataadalahtespedomanwawancaradanlembarobservasi.PenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswamelaluibeberapatahapan.Yaitu(a)pembelajarandiawalidenganmengucapkansalammempresensisiswadanmenyampaikantujuanpembelajarantentanggradiendanpersamaangarislurusmemotivasisiswadenganmenampilkangambarmenarapisadanmemberikanbeberapabertanyaanberkaitandenganmenarapisadanmembahasmateriprasyaratsertamemberikansoaldenganmetodepenemuanterbimbing(b)Siswadibagimenjadi6kelompokberdasarkannilaipretes.SetiapkelompokdiberiLKSsebanyak2untukdidiskusikandengananggotakelompok.1LKSdikumpulkandan1LKSarsipkelompok.(c)postessiswamengerjakanpostesberdasarkankemampuannya.dan(d)pemberianpenghargaankepadakelompokberdasarkanpoinpeningkatansetiapkelompok.Pemberianpenghargaankepadasiswaberupasertifikatyangdibuatolehguru.