Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa VII-G SMPN 07 Malang pada materi pertidaksamaan linear satu variabel / Herlina Binti Marthin

Main Author: Marthin, Herlina Binti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15546/
Daftar Isi:
  • KataKuncipembelajarankooperatiftipeSTADpertidaksamaanlinearsatuvariabel.Matematikadianggappelajaranyangsulitolehkebanyakansiswa.Salahsatuhalyangberpengaruhterhadaphasilpembelajaranmatematikaadalahmetodepembelajaranmatematika.Metodepembelajaranmatematikayanglebihmengutamakanhafalandaripadapengertianmenyebabkanpemahamankonsepsiswakurang.Penerapanmodelpembelajaranyangtepatakanmenentukanefektifitasprosesbelajarmengajar.PembelajarankooperatifmodelSTADmerupakansalahsatupembelajaranyangmemilikipotensilebihdalammeningkatkanprestasibelajarsiswasertamerupakanmodelyangpalingsederhanadandapatditerapkanpadahampirsemuamateripelajaranyangmenekankanpemahamankonsep.PenelitianinidimaksudkanuntukmeningkatkanprestasibelajarmatematikasiswaSMPN07MalangdenganmenggunakanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasiltes/kuis2)hasilpengamatanlapangan(siswadanguru)3)hasilcatatanlapangan.PembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamateripertidaksamaanlinearsatuvariabelmemilikiempatkomponenyaitu(1)presentasikelasmenyampaikantujuanpembelajarandanmateriyangdipelajarisecaragarisbesar(2)kerjakelompokterdiridari4-5oranguntukmendiskusikanmasalahyangdihadapimembandingkanjawabanataumemperbaikimiskonsepsi(3)Kuis/tessecaraindividukuisdiberikanpadasetiapsiswadansiswatidakdiperkenankanuntukbekerjasama.(4)Penghargaankelompok.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatpadasiklusIprosentasesiswayangmendapatnilaikuis880575sebesar684%padapertemuanpertamadan7368%padapertemuankeduasedangkanpadapadasiklusIIprosentasesiswayangmendapatnilaikuis880575sebesar785%padapertemuanpertamadan8537%padapertemuankedua.PeningkatanjugadapatdilihatpadaprosentasenilaiaktivitassiswaterlihatpadasiklusIprosentasesiswayangmendapatnilaiaktivitassiswa880575sebesar6579%padapertemuanpertamadan7692%padapertemuankeduasedangkanpadapadasiklusIIprosentasesiswayangmendapatnilaiaktivitassiswa880575sebesar9024%padapertemuanpertamadan9268%padapertemuankedua.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakapenelitimenyarankankepadagurumatematikauntukmenerapkanmodelpembelajaranSTADpadamateripertidaksamaanlinearsatuvariabel.