Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa VII-G SMPN 07 Malang pada materi pertidaksamaan linear satu variabel / Herlina Binti Marthin
Main Author: | Marthin, Herlina Binti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15546/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipembelajarankooperatiftipeSTADpertidaksamaanlinearsatuvariabel.Matematikadianggappelajaranyangsulitolehkebanyakansiswa.Salahsatuhalyangberpengaruhterhadaphasilpembelajaranmatematikaadalahmetodepembelajaranmatematika.Metodepembelajaranmatematikayanglebihmengutamakanhafalandaripadapengertianmenyebabkanpemahamankonsepsiswakurang.Penerapanmodelpembelajaranyangtepatakanmenentukanefektifitasprosesbelajarmengajar.PembelajarankooperatifmodelSTADmerupakansalahsatupembelajaranyangmemilikipotensilebihdalammeningkatkanprestasibelajarsiswasertamerupakanmodelyangpalingsederhanadandapatditerapkanpadahampirsemuamateripelajaranyangmenekankanpemahamankonsep.PenelitianinidimaksudkanuntukmeningkatkanprestasibelajarmatematikasiswaSMPN07MalangdenganmenggunakanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTAD.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasiltes/kuis2)hasilpengamatanlapangan(siswadanguru)3)hasilcatatanlapangan.PembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamateripertidaksamaanlinearsatuvariabelmemilikiempatkomponenyaitu(1)presentasikelasmenyampaikantujuanpembelajarandanmateriyangdipelajarisecaragarisbesar(2)kerjakelompokterdiridari4-5oranguntukmendiskusikanmasalahyangdihadapimembandingkanjawabanataumemperbaikimiskonsepsi(3)Kuis/tessecaraindividukuisdiberikanpadasetiapsiswadansiswatidakdiperkenankanuntukbekerjasama.(4)Penghargaankelompok.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatpadasiklusIprosentasesiswayangmendapatnilaikuis880575sebesar684%padapertemuanpertamadan7368%padapertemuankeduasedangkanpadapadasiklusIIprosentasesiswayangmendapatnilaikuis880575sebesar785%padapertemuanpertamadan8537%padapertemuankedua.PeningkatanjugadapatdilihatpadaprosentasenilaiaktivitassiswaterlihatpadasiklusIprosentasesiswayangmendapatnilaiaktivitassiswa880575sebesar6579%padapertemuanpertamadan7692%padapertemuankeduasedangkanpadapadasiklusIIprosentasesiswayangmendapatnilaiaktivitassiswa880575sebesar9024%padapertemuanpertamadan9268%padapertemuankedua.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakapenelitimenyarankankepadagurumatematikauntukmenerapkanmodelpembelajaranSTADpadamateripertidaksamaanlinearsatuvariabel.