Analisis ketidaktepatan pengungkapan objek matematika pada buku sekolah elektronik matematika SMP kelas VII / Sovan Nugroho

Main Author: Nugroho, Sovan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15533/
Daftar Isi:
  • KatakunciObjekMatematikaBukuTeksBukuSekolahElektronik(BSE).ProgrampengadaanbukuteksyangdiluncurkanpemerintahgunamenunjangprogrampendidikannasionaladalahpengadaanBukuSekolahElektronik(BSE).BukutersebutdapatdiunduhsecaragratismelaluiwebsiteDepdiknas.Buku-bukuyangdenganmudahdangratisuntukdidapatkantersebutharuslahjugamemilikikualitasyangbagus.Namunmenurutbeberapasumberbukusekolahelektronikyangberedarsaatinikualitasnyadibawahstandarnasional.RendahnyakualitasbukuBSEdapatditemuimulaidariyangbersifatkegrafikaanhinggayangbersifatsubstansial.KesalahansubstansialbisadilihatpadasalahsatubukuEkonomiSMAdimanaterjadikesalahanyangsangatfatal.UntukituperludiadakanpenelitiansecarakhususterkaitkualitasbukuBSEkhususnyamatapelajaranMatematikasehinggakesalahan-kesalahankonseppadabukutersebutdapatdiketahuidandapatdigunakansebagaiantisipasiterjadinyamisskonsepsibagipembaca.ObjekMatematikamerupakanobjekpikiranyangbersifatlangsungataupuntidaklangsungyangmengarahkanseseorangbaiksiswaataupunindividulainuntukbelajarmatematika.Objeklangsungmatematikaterdiridarifaktaketerampilankonsepdanprinsip.Sedangkanobjektaklangsungmatematikaantaralaintransferpengetahuankemampuanmenyelidikikemampuandalamproblem-solvingketertibandiridanapresiasiterhadapstrukturmatematika.Salahsatukriteriadalammengevaluasisuatubukuteksmatematikaadalahapakahobjekmatematika(faktaketerampilankonsepdanprinsip)telahdisajikandengantepatataubelum.HasilanalisisyangdilakukanterhadapempatpokokbahasanmateripadasalahsatuBukuSekolahElektronikmatapelajaranMatematikamenunjukkanbahwaterdapat115ketidaktepatandankekuranglengkapandalampenyajianobjekMatematikasertakarakteristikMatematika.Ketidaktepatandankekuranglengkapanyangpalingbanyakadalahpemberianilustrasiyangkurangsesuaidengandefinisikonsep.