Peningkatan hasil belajar matematika materi dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif model cooperative script pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang / Entin Werdyaningsih

Main Author: Werdyaningsih, Entin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/15525/
ctrlnum 15525
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15525/</relation><title>Peningkatan hasil belajar matematika materi dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif model cooperative script pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang / Entin Werdyaningsih</title><creator>Werdyaningsih, Entin</creator><description>KataKuncimodelpembelajarancooperativescripthasilbelajarObservasiawalmengenaipembelajaranmatematikadikelasXSMANegeri4Malangmetodeyangseringdigunakanguruadalahmetodeceramahyangmengakibatkansiswacenderungkurangaktifbertanyadanmenyampaikanpendapatselamapembelajaranberlangsung.Selainituhasilbelajarsiswajugarendah.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarsiswapadamateritrigonometrihanya29%siswayangnilainyamencapai76.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateridimensitigamelaluimodelpembelajaranCooperativeScript.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekdalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasX-6SMANegeri4Malangsemestergenaptahunajaran2011/2012yangberjumlah38orang.Tahapdalampenelitianini(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksidisetiapsiklusnya.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltes.ModelpembelajaranCooperativeScriptyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswameliputi1)Moodmerupakankegiatansiswaberinteraksisecaraberpasangandanmembuatkesepakatansiapayangpertamamenjadipembicaradansiapayangmenjadipendengar2)UnderstandmerupakankegiatansiswamengerjakanLKSsecaraindividu3)Recallmerupakankegiatansiswamembuatringkasandanmenyampaikannyapadapasangannya4)Detectmerupakantahapmengoreksi5)Elaboratemerupakansiswabertukarperanyaituyangsemulamenjadipembicarasekarangmenjadipendengardansebaliknya6)Reviewmerupakanpresentasikelompok.HasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.PadasiklusIjumlahsiswayangtuntasadalah17siswadenganketuntasanklasikal4473%danmengalamipeningkatanpadasiklusIIdenganketuntasanklasikalsebesar8157%dengan31siswayangtuntasbelajar.DarihasilpenelitianinidiharapkanmodelpembelajaranCooperativeScriptdapatdikembangkandalampembelajaranmatematika.</description><date>2012-10-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Werdyaningsih, Entin (2012) Peningkatan hasil belajar matematika materi dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif model cooperative script pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang / Entin Werdyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15525</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Werdyaningsih, Entin
title Peningkatan hasil belajar matematika materi dimensi tiga melalui pembelajaran kooperatif model cooperative script pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang / Entin Werdyaningsih
publishDate 2012
url http://repository.um.ac.id/15525/
contents KataKuncimodelpembelajarancooperativescripthasilbelajarObservasiawalmengenaipembelajaranmatematikadikelasXSMANegeri4Malangmetodeyangseringdigunakanguruadalahmetodeceramahyangmengakibatkansiswacenderungkurangaktifbertanyadanmenyampaikanpendapatselamapembelajaranberlangsung.Selainituhasilbelajarsiswajugarendah.Halinidapatdilihatdarihasilbelajarsiswapadamateritrigonometrihanya29%siswayangnilainyamencapai76.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateridimensitigamelaluimodelpembelajaranCooperativeScript.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekdalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasX-6SMANegeri4Malangsemestergenaptahunajaran2011/2012yangberjumlah38orang.Tahapdalampenelitianini(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksidisetiapsiklusnya.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangandan3)hasiltes.ModelpembelajaranCooperativeScriptyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswameliputi1)Moodmerupakankegiatansiswaberinteraksisecaraberpasangandanmembuatkesepakatansiapayangpertamamenjadipembicaradansiapayangmenjadipendengar2)UnderstandmerupakankegiatansiswamengerjakanLKSsecaraindividu3)Recallmerupakankegiatansiswamembuatringkasandanmenyampaikannyapadapasangannya4)Detectmerupakantahapmengoreksi5)Elaboratemerupakansiswabertukarperanyaituyangsemulamenjadipembicarasekarangmenjadipendengardansebaliknya6)Reviewmerupakanpresentasikelompok.HasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.PadasiklusIjumlahsiswayangtuntasadalah17siswadenganketuntasanklasikal4473%danmengalamipeningkatanpadasiklusIIdenganketuntasanklasikalsebesar8157%dengan31siswayangtuntasbelajar.DarihasilpenelitianinidiharapkanmodelpembelajaranCooperativeScriptdapatdikembangkandalampembelajaranmatematika.
id IOS13003.15525
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
last_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
recordtype dc
_version_ 1752722714960855040
score 17.538404