Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih
Main Author: | Retnaningsih, Elok Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15518/ |
ctrlnum |
15518 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15518/</relation><title>Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih</title><creator>Retnaningsih, Elok Dwi</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciBangundatarbahanmanipulatifpemahamansiswa.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikadiSMPNegeri1Kromengandiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanseringkalimenggunakanmetodeceramah.Ketikapembelajaranmaterigeometridenganobjek-objekberupatitikgarisbidangdanruangyangbersifatabstrakdisampaikanmenggunakanmetodeceramahgurumengalamikendalakarenametodeceramahtidakcocokuntukbahanyangkompleksterincidanabstrak.Diantaraberbagaicabangmatematikahasilbelajargeometrimenempatiposisiyangpalingmemprihatinkan.Haliniditunjukkanolehdatadariberbagaipenelitianyangmenunjukkanbahwa(1)prestasigeometrisiswaSDmasihrendah(2)ditemukanbahwabanyaksiswasalahdalammenyelesaikansoal-soalmengenaigarissejajarpadasiswaSMPdanmasihbanyaksiswayangmenyatakanbahwabelahketupatbukanjajargenjang(3)siswaSMAmasihmengalamikesulitandalammelihatgambarbangundan(4)diperguruantinggiberdasarkanpengalamanpengamatandanpenelitianditemukanbahwakemampuanmahasiswadalammelihatruangdimensitigamasihrendahdandiperkuatolehhasilpengerjaansoaltentangbangundataryangdiberikanolehpenelitipadasiswakelasVIIBSMPNegeri1Kromengan.Darihasilpengerjaantersebutterlihatbahwasiswabelumbisamembedakansegiempatdanbukansegiempatsiswamenyebutbelahketubatdenganketupatsiswamenganggapbahwayangmerupakansegiempathanyapersegisajadansiswamengartikansegiempatadalahbangundataryangsemuasisiyangberhadapansamapanjangmemiliki4sudutdansiku-siku.DenganpermasalahantersebutpenelitimelakukanpenelitiandenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundatarpadasiswakelasVIISMPNegeri1Kromengan.Tujuanpenelitianiniadalahmendiskripsikanlangkah-langkahpembelajarandanpemahamansiswasetelahdilaksanakanpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadamateribangundatar.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas.Datadiperolehdarihasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswatesakhirsiklusobservasikesalahansiswasecarakonseptualproseduraldankalkulasihasilobservasikegiatangurudansiswadancatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdilakukanolehpenelitiuntukmemahamkanbangundataradalahdenganberpijakpadaPermendiknasNomor41Tahun2007.Penelitimenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadakegiataneksplorasidanelaborasikemampuansiswa.Penelitimengekplorasiiikemampuansiswasecaraklasikaldengantanyajawabmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanpenelitimenyusunlembarkegiatansiswayangmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpaku.HasilpenelitianmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakumenunjukkanbahwapadasiklusIterdapatbanyaksiswayangbelummemahamibangundatarsegitigaterlihatpadabanyaknyakesalahankonseptualdanproseduralpadahasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswadantesakhirsiklusdanpersentaseketuntasanbelajarsiswamasihrendahyaitu4848%denganrata-ratakelas70.DengankondisipadasiklusImakapenelitimelaksanakansiklusIIdenganmateribangundatarsegiempat.PadasiklusIIdiperolehpeningkatandarisiklusIsebanyak606%denganrata-ratakelas73danmasihterdapatkesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadapekerjaansiswa.Penyebabbelummaksimalnyapembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundataradalah(1)siswabelumterbiasadenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanlembarkegiatansiswa(2)pemahamansudutdangarissejajaryangmerupakanmateriprasyaratyangbelumdipahamisiswa(3)siswabelummemaksimalkanpenggunaanbahanmanipulatifpapanberpakupadapembelajarandan(4)siswabelumterbiasadenganbelajarkelompok.</description><date>2012-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Retnaningsih, Elok Dwi (2012) Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15518</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Retnaningsih, Elok Dwi |
title |
Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/15518/ |
contents |
KataKunciBangundatarbahanmanipulatifpemahamansiswa.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikadiSMPNegeri1Kromengandiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanseringkalimenggunakanmetodeceramah.Ketikapembelajaranmaterigeometridenganobjek-objekberupatitikgarisbidangdanruangyangbersifatabstrakdisampaikanmenggunakanmetodeceramahgurumengalamikendalakarenametodeceramahtidakcocokuntukbahanyangkompleksterincidanabstrak.Diantaraberbagaicabangmatematikahasilbelajargeometrimenempatiposisiyangpalingmemprihatinkan.Haliniditunjukkanolehdatadariberbagaipenelitianyangmenunjukkanbahwa(1)prestasigeometrisiswaSDmasihrendah(2)ditemukanbahwabanyaksiswasalahdalammenyelesaikansoal-soalmengenaigarissejajarpadasiswaSMPdanmasihbanyaksiswayangmenyatakanbahwabelahketupatbukanjajargenjang(3)siswaSMAmasihmengalamikesulitandalammelihatgambarbangundan(4)diperguruantinggiberdasarkanpengalamanpengamatandanpenelitianditemukanbahwakemampuanmahasiswadalammelihatruangdimensitigamasihrendahdandiperkuatolehhasilpengerjaansoaltentangbangundataryangdiberikanolehpenelitipadasiswakelasVIIBSMPNegeri1Kromengan.Darihasilpengerjaantersebutterlihatbahwasiswabelumbisamembedakansegiempatdanbukansegiempatsiswamenyebutbelahketubatdenganketupatsiswamenganggapbahwayangmerupakansegiempathanyapersegisajadansiswamengartikansegiempatadalahbangundataryangsemuasisiyangberhadapansamapanjangmemiliki4sudutdansiku-siku.DenganpermasalahantersebutpenelitimelakukanpenelitiandenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundatarpadasiswakelasVIISMPNegeri1Kromengan.Tujuanpenelitianiniadalahmendiskripsikanlangkah-langkahpembelajarandanpemahamansiswasetelahdilaksanakanpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadamateribangundatar.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas.Datadiperolehdarihasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswatesakhirsiklusobservasikesalahansiswasecarakonseptualproseduraldankalkulasihasilobservasikegiatangurudansiswadancatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdilakukanolehpenelitiuntukmemahamkanbangundataradalahdenganberpijakpadaPermendiknasNomor41Tahun2007.Penelitimenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadakegiataneksplorasidanelaborasikemampuansiswa.Penelitimengekplorasiiikemampuansiswasecaraklasikaldengantanyajawabmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanpenelitimenyusunlembarkegiatansiswayangmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpaku.HasilpenelitianmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakumenunjukkanbahwapadasiklusIterdapatbanyaksiswayangbelummemahamibangundatarsegitigaterlihatpadabanyaknyakesalahankonseptualdanproseduralpadahasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswadantesakhirsiklusdanpersentaseketuntasanbelajarsiswamasihrendahyaitu4848%denganrata-ratakelas70.DengankondisipadasiklusImakapenelitimelaksanakansiklusIIdenganmateribangundatarsegiempat.PadasiklusIIdiperolehpeningkatandarisiklusIsebanyak606%denganrata-ratakelas73danmasihterdapatkesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadapekerjaansiswa.Penyebabbelummaksimalnyapembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundataradalah(1)siswabelumterbiasadenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanlembarkegiatansiswa(2)pemahamansudutdangarissejajaryangmerupakanmateriprasyaratyangbelumdipahamisiswa(3)siswabelummemaksimalkanpenggunaanbahanmanipulatifpapanberpakupadapembelajarandan(4)siswabelumterbiasadenganbelajarkelompok. |
id |
IOS13003.15518 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:08:20Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:08:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722715004895232 |
score |
17.538404 |