Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih

Main Author: Retnaningsih, Elok Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15518/
ctrlnum 15518
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15518/</relation><title>Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih</title><creator>Retnaningsih, Elok Dwi</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciBangundatarbahanmanipulatifpemahamansiswa.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikadiSMPNegeri1Kromengandiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanseringkalimenggunakanmetodeceramah.Ketikapembelajaranmaterigeometridenganobjek-objekberupatitikgarisbidangdanruangyangbersifatabstrakdisampaikanmenggunakanmetodeceramahgurumengalamikendalakarenametodeceramahtidakcocokuntukbahanyangkompleksterincidanabstrak.Diantaraberbagaicabangmatematikahasilbelajargeometrimenempatiposisiyangpalingmemprihatinkan.Haliniditunjukkanolehdatadariberbagaipenelitianyangmenunjukkanbahwa(1)prestasigeometrisiswaSDmasihrendah(2)ditemukanbahwabanyaksiswasalahdalammenyelesaikansoal-soalmengenaigarissejajarpadasiswaSMPdanmasihbanyaksiswayangmenyatakanbahwabelahketupatbukanjajargenjang(3)siswaSMAmasihmengalamikesulitandalammelihatgambarbangundan(4)diperguruantinggiberdasarkanpengalamanpengamatandanpenelitianditemukanbahwakemampuanmahasiswadalammelihatruangdimensitigamasihrendahdandiperkuatolehhasilpengerjaansoaltentangbangundataryangdiberikanolehpenelitipadasiswakelasVIIBSMPNegeri1Kromengan.Darihasilpengerjaantersebutterlihatbahwasiswabelumbisamembedakansegiempatdanbukansegiempatsiswamenyebutbelahketubatdenganketupatsiswamenganggapbahwayangmerupakansegiempathanyapersegisajadansiswamengartikansegiempatadalahbangundataryangsemuasisiyangberhadapansamapanjangmemiliki4sudutdansiku-siku.DenganpermasalahantersebutpenelitimelakukanpenelitiandenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundatarpadasiswakelasVIISMPNegeri1Kromengan.Tujuanpenelitianiniadalahmendiskripsikanlangkah-langkahpembelajarandanpemahamansiswasetelahdilaksanakanpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadamateribangundatar.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas.Datadiperolehdarihasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswatesakhirsiklusobservasikesalahansiswasecarakonseptualproseduraldankalkulasihasilobservasikegiatangurudansiswadancatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdilakukanolehpenelitiuntukmemahamkanbangundataradalahdenganberpijakpadaPermendiknasNomor41Tahun2007.Penelitimenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadakegiataneksplorasidanelaborasikemampuansiswa.Penelitimengekplorasiiikemampuansiswasecaraklasikaldengantanyajawabmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanpenelitimenyusunlembarkegiatansiswayangmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpaku.HasilpenelitianmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakumenunjukkanbahwapadasiklusIterdapatbanyaksiswayangbelummemahamibangundatarsegitigaterlihatpadabanyaknyakesalahankonseptualdanproseduralpadahasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswadantesakhirsiklusdanpersentaseketuntasanbelajarsiswamasihrendahyaitu4848%denganrata-ratakelas70.DengankondisipadasiklusImakapenelitimelaksanakansiklusIIdenganmateribangundatarsegiempat.PadasiklusIIdiperolehpeningkatandarisiklusIsebanyak606%denganrata-ratakelas73danmasihterdapatkesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadapekerjaansiswa.Penyebabbelummaksimalnyapembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundataradalah(1)siswabelumterbiasadenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanlembarkegiatansiswa(2)pemahamansudutdangarissejajaryangmerupakanmateriprasyaratyangbelumdipahamisiswa(3)siswabelummemaksimalkanpenggunaanbahanmanipulatifpapanberpakupadapembelajarandan(4)siswabelumterbiasadenganbelajarkelompok.</description><date>2012-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Retnaningsih, Elok Dwi (2012) Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15518</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Retnaningsih, Elok Dwi
title Memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan menggunakan bahan manipulatif papan berpaku / Elok Dwi Retnaningsih
publishDate 2012
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/15518/
contents KataKunciBangundatarbahanmanipulatifpemahamansiswa.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikadiSMPNegeri1Kromengandiketahuibahwapembelajaranyangdilakukanseringkalimenggunakanmetodeceramah.Ketikapembelajaranmaterigeometridenganobjek-objekberupatitikgarisbidangdanruangyangbersifatabstrakdisampaikanmenggunakanmetodeceramahgurumengalamikendalakarenametodeceramahtidakcocokuntukbahanyangkompleksterincidanabstrak.Diantaraberbagaicabangmatematikahasilbelajargeometrimenempatiposisiyangpalingmemprihatinkan.Haliniditunjukkanolehdatadariberbagaipenelitianyangmenunjukkanbahwa(1)prestasigeometrisiswaSDmasihrendah(2)ditemukanbahwabanyaksiswasalahdalammenyelesaikansoal-soalmengenaigarissejajarpadasiswaSMPdanmasihbanyaksiswayangmenyatakanbahwabelahketupatbukanjajargenjang(3)siswaSMAmasihmengalamikesulitandalammelihatgambarbangundan(4)diperguruantinggiberdasarkanpengalamanpengamatandanpenelitianditemukanbahwakemampuanmahasiswadalammelihatruangdimensitigamasihrendahdandiperkuatolehhasilpengerjaansoaltentangbangundataryangdiberikanolehpenelitipadasiswakelasVIIBSMPNegeri1Kromengan.Darihasilpengerjaantersebutterlihatbahwasiswabelumbisamembedakansegiempatdanbukansegiempatsiswamenyebutbelahketubatdenganketupatsiswamenganggapbahwayangmerupakansegiempathanyapersegisajadansiswamengartikansegiempatadalahbangundataryangsemuasisiyangberhadapansamapanjangmemiliki4sudutdansiku-siku.DenganpermasalahantersebutpenelitimelakukanpenelitiandenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundatarpadasiswakelasVIISMPNegeri1Kromengan.Tujuanpenelitianiniadalahmendiskripsikanlangkah-langkahpembelajarandanpemahamansiswasetelahdilaksanakanpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadamateribangundatar.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas.Datadiperolehdarihasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswatesakhirsiklusobservasikesalahansiswasecarakonseptualproseduraldankalkulasihasilobservasikegiatangurudansiswadancatatanlapangan.Langkah-langkahpembelajaranyangdilakukanolehpenelitiuntukmemahamkanbangundataradalahdenganberpijakpadaPermendiknasNomor41Tahun2007.Penelitimenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakupadakegiataneksplorasidanelaborasikemampuansiswa.Penelitimengekplorasiiikemampuansiswasecaraklasikaldengantanyajawabmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanpenelitimenyusunlembarkegiatansiswayangmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpaku.HasilpenelitianmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakumenunjukkanbahwapadasiklusIterdapatbanyaksiswayangbelummemahamibangundatarsegitigaterlihatpadabanyaknyakesalahankonseptualdanproseduralpadahasilpengerjaanlatihansoallembarkegiatansiswadantesakhirsiklusdanpersentaseketuntasanbelajarsiswamasihrendahyaitu4848%denganrata-ratakelas70.DengankondisipadasiklusImakapenelitimelaksanakansiklusIIdenganmateribangundatarsegiempat.PadasiklusIIdiperolehpeningkatandarisiklusIsebanyak606%denganrata-ratakelas73danmasihterdapatkesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadapekerjaansiswa.Penyebabbelummaksimalnyapembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakuuntukmemahamkanbangundataradalah(1)siswabelumterbiasadenganpembelajaranmenggunakanbahanmanipulatifpapanberpakudanlembarkegiatansiswa(2)pemahamansudutdangarissejajaryangmerupakanmateriprasyaratyangbelumdipahamisiswa(3)siswabelummemaksimalkanpenggunaanbahanmanipulatifpapanberpakupadapembelajarandan(4)siswabelumterbiasadenganbelajarkelompok.
id IOS13003.15518
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
last_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
recordtype dc
_version_ 1752722715004895232
score 17.538404