Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati
Main Author: | Megawati, Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15511/ |
ctrlnum |
15511 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15511/</relation><title>Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati</title><creator>Megawati, Ida</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciLKSMediaManipulatifPemahamanSiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurupadatanggal8Februari2012dananalisishasilraporsemesterIdiketahuibahwamaterigarisdansudutdirasagurucukupsulituntukdiajarkandansulitjugauntukditerimaolehsiswa.DalampembelajaranmateritersebutgurujugajarangmenggunakanLKSkhususyangdapatmengajaksiswauntuklebihaktifdalammenemukankonsepalatperagamaupunbahanmanipulatifsebagaipenunjang.Yangdigunakanhanyablackboarddankapurtulissertabukusebagaipenunjang.BerdasarkandatanilaisiswakelasVIIBsemestersatupadamatapelajaranmatematika(denganbanyaknyasiswapada1kelasadalah41orang)menunjukkanbahwanilai-nilaimatematikayangdidapatsiswamasihkurangdan11siswamasihbelumtuntas.Kemudianberdasarkanwawancaraterhadap7siswaSMPdari5sekolahyangberbedayangsudahpernahmenempuhmaterigarisdansudutditemukanbahwalimadari7siswamenjawabbahwabahwamaterigarisdansuduttermasukmateriyangsulit.BerdasarkanpermasalahanyangtelahdijelaskanpenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanLKSberbantuanmediamanipulatif.LKSpadapenelitianinidibuatberbedadariLKSyangtelahberedarpadaumumnya.LKSpadapenelitianinididalamnyamenggunakanbantuanbahanmanipulatifberupamikayangbergunauntukmengkonkritkancaramenyampaikanmateriyangabstrak.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianadalahpenelitiantindakan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-BSMPN18Malang.Penelitiandilaksanakanpadatanggal16Mei2012sampai31Mei2012.ProsesanalisisdatadiperolehdarimenelaahdokumennilaisiswapadasemesterIhasilwawancarahasilobservasidanhasiltessiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyangdapatMemahamkanMateriGarisdanSudutMenggunakanLKSBerbantuanMediaManipulatifMikapadaSiswaKelasVIISMPN18Malang.BerdasarkanhasiltessiklusIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematika.Akantetapipersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadatesmasihdibawah65%.Padahalpadapenelitianinisiswadikatakandapatmemahamimaterijikapersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldanivkalkulasipadates65%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapadasiklusIpembelajaranbelumdikatakanberhasil.PadahasiltessiklusIIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematikadanpersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadateslebihdari65%.IniberartibahwapembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmikapadasiklus2berhasil.Berdasarkanpenelitianyangdilakukandiberikanbeberapasaranantaralain(1)membiasakankegiatandiskusidanmempresentasikanhasilpekerjaandandiskusisupayasiswadapatterbiasadengankegiatantersebutdanmemilikikemampuanuntukberkomunikasidenganbaik(2)memperhatikanpembagianwaktusehinggasetiapkegiatandapatdilaksanakandengantepatwaktu(3)KarenapenerapansetiaplangkahpembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmasihbelumterlaksanadenganbaiksebaiknyadalampembelajarandanpembagianurutanpelaksanaanpadasetiaplangkahpembelajaranlebihdimaksimalkanyaitudenganmenjelaskanpadasiswadanmengaturdenganterstrukturkegiatanyangdilakukansiswasehinggasiswalebihmemahamimateriyangdisampaikandandapatmenghindarikesalahankonsep.</description><date>2012-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Megawati, Ida (2012) Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15511</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Megawati, Ida |
title |
Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://repository.um.ac.id/15511/ |
contents |
KataKunciLKSMediaManipulatifPemahamanSiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurupadatanggal8Februari2012dananalisishasilraporsemesterIdiketahuibahwamaterigarisdansudutdirasagurucukupsulituntukdiajarkandansulitjugauntukditerimaolehsiswa.DalampembelajaranmateritersebutgurujugajarangmenggunakanLKSkhususyangdapatmengajaksiswauntuklebihaktifdalammenemukankonsepalatperagamaupunbahanmanipulatifsebagaipenunjang.Yangdigunakanhanyablackboarddankapurtulissertabukusebagaipenunjang.BerdasarkandatanilaisiswakelasVIIBsemestersatupadamatapelajaranmatematika(denganbanyaknyasiswapada1kelasadalah41orang)menunjukkanbahwanilai-nilaimatematikayangdidapatsiswamasihkurangdan11siswamasihbelumtuntas.Kemudianberdasarkanwawancaraterhadap7siswaSMPdari5sekolahyangberbedayangsudahpernahmenempuhmaterigarisdansudutditemukanbahwalimadari7siswamenjawabbahwabahwamaterigarisdansuduttermasukmateriyangsulit.BerdasarkanpermasalahanyangtelahdijelaskanpenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanLKSberbantuanmediamanipulatif.LKSpadapenelitianinidibuatberbedadariLKSyangtelahberedarpadaumumnya.LKSpadapenelitianinididalamnyamenggunakanbantuanbahanmanipulatifberupamikayangbergunauntukmengkonkritkancaramenyampaikanmateriyangabstrak.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianadalahpenelitiantindakan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-BSMPN18Malang.Penelitiandilaksanakanpadatanggal16Mei2012sampai31Mei2012.ProsesanalisisdatadiperolehdarimenelaahdokumennilaisiswapadasemesterIhasilwawancarahasilobservasidanhasiltessiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyangdapatMemahamkanMateriGarisdanSudutMenggunakanLKSBerbantuanMediaManipulatifMikapadaSiswaKelasVIISMPN18Malang.BerdasarkanhasiltessiklusIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematika.Akantetapipersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadatesmasihdibawah65%.Padahalpadapenelitianinisiswadikatakandapatmemahamimaterijikapersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldanivkalkulasipadates65%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapadasiklusIpembelajaranbelumdikatakanberhasil.PadahasiltessiklusIIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematikadanpersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadateslebihdari65%.IniberartibahwapembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmikapadasiklus2berhasil.Berdasarkanpenelitianyangdilakukandiberikanbeberapasaranantaralain(1)membiasakankegiatandiskusidanmempresentasikanhasilpekerjaandandiskusisupayasiswadapatterbiasadengankegiatantersebutdanmemilikikemampuanuntukberkomunikasidenganbaik(2)memperhatikanpembagianwaktusehinggasetiapkegiatandapatdilaksanakandengantepatwaktu(3)KarenapenerapansetiaplangkahpembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmasihbelumterlaksanadenganbaiksebaiknyadalampembelajarandanpembagianurutanpelaksanaanpadasetiaplangkahpembelajaranlebihdimaksimalkanyaitudenganmenjelaskanpadasiswadanmengaturdenganterstrukturkegiatanyangdilakukansiswasehinggasiswalebihmemahamimateriyangdisampaikandandapatmenghindarikesalahankonsep. |
id |
IOS13003.15511 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:08:20Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:08:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752722715042643968 |
score |
17.538404 |