Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati

Main Author: Megawati, Ida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15511/
ctrlnum 15511
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/15511/</relation><title>Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati</title><creator>Megawati, Ida</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>KataKunciLKSMediaManipulatifPemahamanSiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurupadatanggal8Februari2012dananalisishasilraporsemesterIdiketahuibahwamaterigarisdansudutdirasagurucukupsulituntukdiajarkandansulitjugauntukditerimaolehsiswa.DalampembelajaranmateritersebutgurujugajarangmenggunakanLKSkhususyangdapatmengajaksiswauntuklebihaktifdalammenemukankonsepalatperagamaupunbahanmanipulatifsebagaipenunjang.Yangdigunakanhanyablackboarddankapurtulissertabukusebagaipenunjang.BerdasarkandatanilaisiswakelasVIIBsemestersatupadamatapelajaranmatematika(denganbanyaknyasiswapada1kelasadalah41orang)menunjukkanbahwanilai-nilaimatematikayangdidapatsiswamasihkurangdan11siswamasihbelumtuntas.Kemudianberdasarkanwawancaraterhadap7siswaSMPdari5sekolahyangberbedayangsudahpernahmenempuhmaterigarisdansudutditemukanbahwalimadari7siswamenjawabbahwabahwamaterigarisdansuduttermasukmateriyangsulit.BerdasarkanpermasalahanyangtelahdijelaskanpenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanLKSberbantuanmediamanipulatif.LKSpadapenelitianinidibuatberbedadariLKSyangtelahberedarpadaumumnya.LKSpadapenelitianinididalamnyamenggunakanbantuanbahanmanipulatifberupamikayangbergunauntukmengkonkritkancaramenyampaikanmateriyangabstrak.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianadalahpenelitiantindakan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-BSMPN18Malang.Penelitiandilaksanakanpadatanggal16Mei2012sampai31Mei2012.ProsesanalisisdatadiperolehdarimenelaahdokumennilaisiswapadasemesterIhasilwawancarahasilobservasidanhasiltessiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyangdapatMemahamkanMateriGarisdanSudutMenggunakanLKSBerbantuanMediaManipulatifMikapadaSiswaKelasVIISMPN18Malang.BerdasarkanhasiltessiklusIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematika.Akantetapipersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadatesmasihdibawah65%.Padahalpadapenelitianinisiswadikatakandapatmemahamimaterijikapersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldanivkalkulasipadates65%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapadasiklusIpembelajaranbelumdikatakanberhasil.PadahasiltessiklusIIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematikadanpersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadateslebihdari65%.IniberartibahwapembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmikapadasiklus2berhasil.Berdasarkanpenelitianyangdilakukandiberikanbeberapasaranantaralain(1)membiasakankegiatandiskusidanmempresentasikanhasilpekerjaandandiskusisupayasiswadapatterbiasadengankegiatantersebutdanmemilikikemampuanuntukberkomunikasidenganbaik(2)memperhatikanpembagianwaktusehinggasetiapkegiatandapatdilaksanakandengantepatwaktu(3)KarenapenerapansetiaplangkahpembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmasihbelumterlaksanadenganbaiksebaiknyadalampembelajarandanpembagianurutanpelaksanaanpadasetiaplangkahpembelajaranlebihdimaksimalkanyaitudenganmenjelaskanpadasiswadanmengaturdenganterstrukturkegiatanyangdilakukansiswasehinggasiswalebihmemahamimateriyangdisampaikandandapatmenghindarikesalahankonsep.</description><date>2012-09-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Megawati, Ida (2012) Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>15511</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Megawati, Ida
title Memahamkan materi garis dan sudut menggunakan LKS berbantuan media manipulatif mika pada siswa kelas vii SMPN 18 Malang / Ida Megawati
publishDate 2012
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://repository.um.ac.id/15511/
contents KataKunciLKSMediaManipulatifPemahamanSiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurupadatanggal8Februari2012dananalisishasilraporsemesterIdiketahuibahwamaterigarisdansudutdirasagurucukupsulituntukdiajarkandansulitjugauntukditerimaolehsiswa.DalampembelajaranmateritersebutgurujugajarangmenggunakanLKSkhususyangdapatmengajaksiswauntuklebihaktifdalammenemukankonsepalatperagamaupunbahanmanipulatifsebagaipenunjang.Yangdigunakanhanyablackboarddankapurtulissertabukusebagaipenunjang.BerdasarkandatanilaisiswakelasVIIBsemestersatupadamatapelajaranmatematika(denganbanyaknyasiswapada1kelasadalah41orang)menunjukkanbahwanilai-nilaimatematikayangdidapatsiswamasihkurangdan11siswamasihbelumtuntas.Kemudianberdasarkanwawancaraterhadap7siswaSMPdari5sekolahyangberbedayangsudahpernahmenempuhmaterigarisdansudutditemukanbahwalimadari7siswamenjawabbahwabahwamaterigarisdansuduttermasukmateriyangsulit.BerdasarkanpermasalahanyangtelahdijelaskanpenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkanpembelajaranmenggunakanLKSberbantuanmediamanipulatif.LKSpadapenelitianinidibuatberbedadariLKSyangtelahberedarpadaumumnya.LKSpadapenelitianinididalamnyamenggunakanbantuanbahanmanipulatifberupamikayangbergunauntukmengkonkritkancaramenyampaikanmateriyangabstrak.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitianadalahpenelitiantindakan.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-BSMPN18Malang.Penelitiandilaksanakanpadatanggal16Mei2012sampai31Mei2012.ProsesanalisisdatadiperolehdarimenelaahdokumennilaisiswapadasemesterIhasilwawancarahasilobservasidanhasiltessiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyangdapatMemahamkanMateriGarisdanSudutMenggunakanLKSBerbantuanMediaManipulatifMikapadaSiswaKelasVIISMPN18Malang.BerdasarkanhasiltessiklusIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematika.Akantetapipersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadatesmasihdibawah65%.Padahalpadapenelitianinisiswadikatakandapatmemahamimaterijikapersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldanivkalkulasipadates65%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapadasiklusIpembelajaranbelumdikatakanberhasil.PadahasiltessiklusIIyangdiperoleh70%darisiswakelasVIIBdapatmencapaiketuntasandalamtesdenganSKMyangditentukandalammatapelajaranmatematikadanpersentasesiswayangtidakmelakukankesalahankonseptualproseduraldankalkulasipadateslebihdari65%.IniberartibahwapembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmikapadasiklus2berhasil.Berdasarkanpenelitianyangdilakukandiberikanbeberapasaranantaralain(1)membiasakankegiatandiskusidanmempresentasikanhasilpekerjaandandiskusisupayasiswadapatterbiasadengankegiatantersebutdanmemilikikemampuanuntukberkomunikasidenganbaik(2)memperhatikanpembagianwaktusehinggasetiapkegiatandapatdilaksanakandengantepatwaktu(3)KarenapenerapansetiaplangkahpembelajarandenganmenggunakanLKSberbantumediamanipulatifmasihbelumterlaksanadenganbaiksebaiknyadalampembelajarandanpembagianurutanpelaksanaanpadasetiaplangkahpembelajaranlebihdimaksimalkanyaitudenganmenjelaskanpadasiswadanmengaturdenganterstrukturkegiatanyangdilakukansiswasehinggasiswalebihmemahamimateriyangdisampaikandandapatmenghindarikesalahankonsep.
id IOS13003.15511
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
last_indexed 2021-11-04T07:08:20Z
recordtype dc
_version_ 1752722715042643968
score 17.538404