Pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII H SMPN 11 Malang / Tafsillatul Mufida Asriningsih

Main Author: Asriningsih, Tafsillatul Mufida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15504/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranProblemPosingKemampuanBerpikirKreatifBerdasarkanhasilwawancaradanobservasiyangdilakukanolehpenelititerhadappelaksanaanpembelajaranmatematikadikelasVIIHSMPN11Malangditemukanbahwaketerampilansiswadalammengerjakansoalmatematikamasihkurang.Sebagianbesardarimerekahanyabisamengerjakansoaldengantipeyangsamadengancontohyangtelahdiberikanolehgurumerekakuranglancardalammengerjakansoaldengantipebaruyangberbedadengancontohdarigurusertakurangmampumencarialternatifpemecahanlainyangmungkindarisuatusoal.HalinimenunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIHsangatrendah.Karenaitudiperlukanpembelajaranalternatifyangbisameningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.Salahsatualternatifnyaadalahpembelajaranproblemposing.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIHSMPN11Malang.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajaranproblemposingyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIIHSMPN11Malang.Kriteriakemampuanberpikirkreatifmeliputiketerampilanberpikirlancarketerampilanberpikirluwesdanketerampilanberpikirorisinal.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwalangkah-langkahyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswayaitu(1)menyiapkanbahan/alatpembelajaranyaitupenggarisdanbusurderajat(2)menjelaskantujuanpembelajaranmaterigarisdansudut(3)menjelaskanmateripembelajarangarisdansudut(4)memberikancontohmembuatsoalmengenaigarisdansudut(5)memberikankesempatankepadasiswauntukmenanyakanhal-halyangdirasabelumjelas(6)memberikankesempatankepadasiswauntukmembuatsoalmengenaigarisdansudutsecaraindividu(7)mempersilahkansiswauntukmenyelesaikansoalyangtelahdibuatnyasendiri(8)memintasiswauntukmembuatsoallagimengenaigarisdansudutsecaraberkelompok(9)mempersilahkansiswamencobamenyelesaikansoalyangdibuatolehkelompoklain.PeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswaditunjukkandenganpersentasekemampuanberpikirkreatifsiswasecaraklasikalpadaakhirsiklusIadalah73%sedangkanpadaakhirsiklusIIpersentasekemampuanberpikirkreatifsiswasecaraklasikalmeningkatmenjadi83%.Berartibahwapembelajaranproblemposingdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa.