Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Israwati
Main Author: | Israwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15503/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPenerapanPBLAritmetikaSosialGurumatematikadiSMPNegeri21Malangmasihmenerapkanmetodekonvensionalketikamerekamengajarmatematikatermasukaritmetikasosial.Akibatnyasiswamerekaseringmelakukankesalahandalammenerapkanrumusmenentukanuntungrugihargapenjualanhargapembeliannilaikeseluruhannilaisebagiannilaiperunitrabat(diskon)brutonettotarapajakdanbungatunggal.SalahsatumetodepembelajaranyangsecarateoritisdapatdigunakanuntukmenyelesaikanmasalahyangdialamisiswaSMPNegeri21MalanguntukmateriaritmetikasosialadalahmetodePBL.DalamPBLpembelajarandipusatkanpadasiswadenganmelaluipemberianmasalahdiawalpembelajaranyangnantinyamampumembawasiswauntukberpikirkritiskreatifdanmempunyaiketerampilanmemecahkanmasalahsertamemperolehpengetahuandankonsepdasardarimateriyangdiajarkantersebut.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanPBLuntukmelihataktivitasdanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri21Malangpadamateriaritmetikasosial.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyapembelajarmengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingnyadalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasi.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus1adalah9767%sedangkanpresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus2adalah100%.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPNegeri21Malangpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya85%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganPBLdalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriBaikpadasiklus1danaktivitassiswapadasiklus2masukkategoriSangatbaiksertahasilwawancaraterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangterhadappembelajarandenganPBL.