Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Israwati

Main Author: Israwati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15503/
Daftar Isi:
  • KatakunciPenerapanPBLAritmetikaSosialGurumatematikadiSMPNegeri21Malangmasihmenerapkanmetodekonvensionalketikamerekamengajarmatematikatermasukaritmetikasosial.Akibatnyasiswamerekaseringmelakukankesalahandalammenerapkanrumusmenentukanuntungrugihargapenjualanhargapembeliannilaikeseluruhannilaisebagiannilaiperunitrabat(diskon)brutonettotarapajakdanbungatunggal.SalahsatumetodepembelajaranyangsecarateoritisdapatdigunakanuntukmenyelesaikanmasalahyangdialamisiswaSMPNegeri21MalanguntukmateriaritmetikasosialadalahmetodePBL.DalamPBLpembelajarandipusatkanpadasiswadenganmelaluipemberianmasalahdiawalpembelajaranyangnantinyamampumembawasiswauntukberpikirkritiskreatifdanmempunyaiketerampilanmemecahkanmasalahsertamemperolehpengetahuandankonsepdasardarimateriyangdiajarkantersebut.PenelitianinimendeskripsikanrancangandanpelaksanaanpembelajaranmatematikadenganmenggunakanPBLuntukmelihataktivitasdanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri21Malangpadamateriaritmetikasosial.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyapembelajarmengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingnyadalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasi.Hasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus1adalah9767%sedangkanpresentasebanyaknyasiswayangtuntasbelajarpadasiklus2adalah100%.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkanSMPNegeri21Malangpelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya85%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganPBLdalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriBaikpadasiklus1danaktivitassiswapadasiklus2masukkategoriSangatbaiksertahasilwawancaraterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangterhadappembelajarandenganPBL.