Teknik focus group discussion bermuatan nilai asthabrata dalam bimbingan pengembangan karakter kepemimpinan siswa / Muhamad Danivul Haq

Main Author: Haq, Muhamad Danivul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/154967/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasinilai-nilaikepemimpinandalamajaranAsthabrata.Hasilidentifikasitersebutselanjutnyadijadikansebagaikontenatautemabahasanuntukdidiskusikanbersamasebagaiupayauntukmengembangakankarakterkepemimpinansiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangbersifatdeskriptif.Penelitianinimenggunakanjenispenelitianhermeneutikabersusun.SumberdataprimerberasaldarihasiltelaahSeratRamayangmenjadisumberajaranAsthabrata.SumberdatasekunderyaituhasilwawancaralangsungdengansalahseorangguruBKataukonselordansiswadisekolahyangmenjadilokasipenelitian.Hasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatdelapannilaidalamajaranasthabrata.Nilaitersebutmengadopsisifatalamyaknibumiwujudsifatkeikhlasanairwujudsifatadilanginwujudsifattelitibulanwujudsifattoleransimatahariwujudsifatwelasasihsamuderawujudsifatbijaksanabintangwujudsifattegasdanapiwujudsifattanggungjawab.Setelahprosesidentifikasibeberapanilaitersebutkemudiandilakukanprosesrekonstruksinilaitersebutmenjadikontenatautemabahasanuntukdidiskusikanbersamadengankonseli.NilaiyangmenjadiisikontenyaknidelapannilaiajaranAsthabratayangtelahditelaahdandiujikanbersamapakarbudayaJawayangberkompetendibidangnya.TahapankegiatanbimbingankelompokyangmenggunakanteknikFocusGroupDiscussiondenganmenggunakantemabahasandelapanajaranAsthabratauntukmeningkatkankarakterkepemimpinansiswaterdiridaritigatahapanyangterdiridaritahapprapelaksanaantahappelaksanaandantahappascapelaksanaan.