Teknik focus group discussion bermuatan nilai asthabrata dalam bimbingan pengembangan karakter kepemimpinan siswa / Muhamad Danivul Haq
Main Author: | Haq, Muhamad Danivul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/154967/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasinilai-nilaikepemimpinandalamajaranAsthabrata.Hasilidentifikasitersebutselanjutnyadijadikansebagaikontenatautemabahasanuntukdidiskusikanbersamasebagaiupayauntukmengembangakankarakterkepemimpinansiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangbersifatdeskriptif.Penelitianinimenggunakanjenispenelitianhermeneutikabersusun.SumberdataprimerberasaldarihasiltelaahSeratRamayangmenjadisumberajaranAsthabrata.SumberdatasekunderyaituhasilwawancaralangsungdengansalahseorangguruBKataukonselordansiswadisekolahyangmenjadilokasipenelitian.Hasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatdelapannilaidalamajaranasthabrata.Nilaitersebutmengadopsisifatalamyaknibumiwujudsifatkeikhlasanairwujudsifatadilanginwujudsifattelitibulanwujudsifattoleransimatahariwujudsifatwelasasihsamuderawujudsifatbijaksanabintangwujudsifattegasdanapiwujudsifattanggungjawab.Setelahprosesidentifikasibeberapanilaitersebutkemudiandilakukanprosesrekonstruksinilaitersebutmenjadikontenatautemabahasanuntukdidiskusikanbersamadengankonseli.NilaiyangmenjadiisikontenyaknidelapannilaiajaranAsthabratayangtelahditelaahdandiujikanbersamapakarbudayaJawayangberkompetendibidangnya.TahapankegiatanbimbingankelompokyangmenggunakanteknikFocusGroupDiscussiondenganmenggunakantemabahasandelapanajaranAsthabratauntukmeningkatkankarakterkepemimpinansiswaterdiridaritigatahapanyangterdiridaritahapprapelaksanaantahappelaksanaandantahappascapelaksanaan.