Pengaruh self-efficacy, self-esteem, dan dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang / Erik Ibnu Hidayat
Main Author: | Hidayat, Erik Ibnu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/154966/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANHidayatErikIbnu.2020.PengaruhSelf-EfficacySelf-EsteemdanDukunganSosialTerhadapStresAkademikMahasiswaTingkatAkhirProgramStudiBimbinganDanKonselingUniversitasNegeriMalang.TesisProgramStudiMagisterBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.M.RamliM.A.Pembimbing(II)Dr.ArbinJanuSetiyowatiS.Pd.M.Pd.Katakunciself-efficacyself-esteemdukungansosialdanstresakademikStresakademikmerupakansalahsatubentukgangguanbelajaryangdiakibatkanolehpikirannegatifmahasiswaterhadaptuntutan-tuntutanakademikdiperguruantinggi.Stresakademikberhubunganeratdenganpikiran-pikiranindividupikiranberpengaruhsangatkuatbagiperasaandantindakanindividuyangmengalamistresakademik.Permasalahanakademikdikalanganmahasiswajikadibiarkanberkepanjanganmakadapatmenggangguperkembangansekaliguskesejahteraanpsikologismahasiswayangbersangkutan.Beberapafaktoryangmempengeruhistresakademikadalahself-efficacyself-esteemdandukungansosial.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhself-efficacyterhadapstresakademikpengaruhself-esteemterhadapstresakademikpengaruhdukungansosialterhadapstresakademikpengaruhself-efficacyself-esteemdandukungansosialsecarabersama-samaterhadapstresakademikdansumbanganefektifself-efficacyself-esteemdandukungansosialsecarabersama-samaterhadapstresakademikmahasiswaProgramStudiBimbingandanKonselingUniversitasNegeriMalang.Penelitianinitermasukdalampenelitiankorelasionalyangmerupakanbagiandarimetodepenelitiankuantitatif.Sampelpenelitiansebesar86mahasiswayangmerupakanmahasiswatingkatakhirangkatan2015danmahasiswa2016ProgramStudiBimbingandanKonselingUniversitasNegeriMalang.Datadikumpulkandenganskalaself-efficacyself-esteemdukungansosialdanstresakademik.KeempatskalamerupakanadapatasidariMorgan-JinksStudentsEfficacyScale(MJSES)SelfEsteemInventory(SEI)InterpersonalSupportEvaluationList(ISEL)danskalastressakademik.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianmengenaipengaruhself-efficacyself-esteemdandukungansosialterhadapstresakademikmahasiswayaituanalisisdeskriptifdanregresilinierbergandaHasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)self-efficacymemberikanpengaruhyangsignifikanterhadapstresakademik(2)self-esteemtidakmemberikanpengaruhterhadapstresakademik(3)dukungansosialmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadapstresakademikmahasiswa(4)self-efficacyself-esteemdandukungansosialsecarabersama-samamemberikanpengaruhyangsignifikanterhadapstresakademikmahasiwa(5)sumbanganefektifvariabelself-efficacyself-esteemdandukungansosialsecarabersama-samaterhadapstresakademiksebesar32.30%denganrinciansumbanganefektifself-efficacy6.0%dansumbanganefektifdukungansosial27.0%.Dukungansosialmerupakanvariabelyanglebihdominanpengaruhnyaterhadapstresakademikdibandingkanvariabelself-efficacy.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanagar(1)ProgramstudiBKUMhendaknyameningkatkanprogramdukungansosialantarmahasiswauntukmencegahdanmengurangiterjadinyastresakademikmahasiswa(2)P2BK3AUMmeningkatkanperogrampelatihankonselorsebayadalamrangkamendukungprogramdukungansosialsebayamahasiswadan(3)penelitiselanjutnyahendaknyamenelitistresakademikmahasiswaberdasarkanfaktor-faktorpengaruhyanglebihbanyakdenganpopulasipenelitianyanglebihluas.