Pengembangan biblioedukasi bermuatan kitab ta'lim muta'allim untuk meningkatkan etos belajar siswa SMP / Reny Wisudawati Ning Arum

Main Author: Arum, Reny Wisudawati Ning
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/154960/
Daftar Isi:
  • Rendahnyaetosbelajarberdampakpadasikapindividuyangseringmelakukanplagiarismemenyontekkepercayaandirirendahmalasbelajartidakdisiplindanbelajarketikaadaujiansaja.Halinimenghambatsiswauntukmencapaikeberhasilandankeunggulandalambelajar.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanpanduanbiblioeduaksibermuatankitabTarsquolimMutarsquoallimuntukmeningkatkanetosbelajarsiswa.PenelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganatauResearchandDevelopment(RampD)yangmenggunakanmodelpengembangandiadaptasidariprosedurpengembanganBorgampGall.ProsedurpengembangandariBorgampGalladasepuluhlangkahtetapikarenaketerbatasanwaktudantenagapenelitianinihanyamengacupadalimatahapsajayaitudimulaidenganmelakukanpenelitiandanpengumpulaninformasimelakukanperencanaanmengembangkanbentukprodukawalmelakukanujilapanganpermulaansampaipadamelakukanrevisiprodukutama.Subjekpenelitianinimeliputiahliisi(BK)ahlimateri(TarsquolimMutarsquoallim)ahlimediacalonpenggunaprodukdankelompokkecil.PenelitianinimenggunakanrumusAikenrsquosuntukmenganalisisdatadariujiahlidancalonpenggunadanmenggunakanpretest-posttestuntukujikelompokkecilyangberjumlah8(delapansiswa).HasilanalisisdatadariujiahlidancalonpenggunadenganmenggunakanrumusAikenrsquosmenunjukkannilaiindeksvaliditasahlisebesar082yangtermasukdalamkategoritinggipadaahlibimbingandankonselingnilaiindeksvaliditasahlisebesar088yangtermasukdalamkategoritinggipadaahlimateri(TarsquolimMutarsquoallim)nilaiindeksvaliditasahlisebesar099yangtermasukdalamkategoritinggipadaahlimediadannilaiindeksvaliditasahlisebesar064yangtermasukdalamkategorisedangpada3(tiga)calonpengguna.Selanjutnyaberdasarkanujikeefektifanpanduanbiblioedukasimenunjukkannilaisignifikan0.012BerdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwapanduanbiblioedukasibermuatankitabTarsquolimMutarsquoallimefektifdanlayakdigunakanuntukmeningkatkanetosbelajarsiswasehinggadiharapkankonseloratauguruBKdapatmenggunakanpanduanbiblioedukasibermuatankitabTarsquolimMutarsquoallimuntukmenigkatkanetosbelajarsiswa.Diharapkanjugauntukpenulisselanjutnyamampumenciptakaninovasibarudenganmengemaspanduanbiblioedukasimenjadisebuahbukuyangdapatdigunakansecaraonline.Mengingatbencananonalamsepertisekarangini.Misalnyaberbentuke-bookatauaplikasi.