Pengembangan lembar kerja siswa materi kesebangunan dan kekongruenan pada kelas IX SMP dengan pendekatan kontekstual / Nurul Firdaus

Main Author: Firdaus, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15493/
Daftar Isi:
  • KatakunciContextualTeachingandLearningLKSkesebangunandankekongruenan.Matematikamerupakanpelajaranyangdikenalsulitdanabstrakolehsiswa.SuatupendekatanpembelajarandigunakanuntukmempermudahsiswamempelajarimateriMatematika.Pendekatanpembelajarantersebutmenggunakankeadaannyata(lingkungan)danmenuntunsiswauntukmenemukansuatukonsepdarihasilpemikiransendiri.Sehinggakonseptersebutdapatselaludiingatolehsiswadansiswadapatmenggunakandalamkehidupansehari-hari.PendekatanpembelajaranitudisebutContextualTeachingandLearning(CTL).DalampelaksanaannyaCTLmemilikitujuhkomponenyaitukonstruktivisme(constructivism)menemukan(inquiry)bertanya(questioning)masyarakatbelajar(learningcommunity)pemodelan(modeling)refleksi(reflection)danpenilaiannyata(authenticassessment).UntukmendukungpelaksanaanpembelajaranyangmenggunakanpendekatanCTLmakadiperlukanbahanajaryangsesuai.Salahsatubahanajaryangdapatdigunakanyaitulembarkerjasiswa(LKS).SehinggaLKSyangdikembangkanadalahLKSmenggunakanpendekatankontekstualyaituLKSyangmemuattujuhkomponenCTL.TujuanpenelitianiniyaitumenghasilkanLKSpadamaterikesebangunandankekongruenandenganpendekatankontekstualyangvaliddanefektif.Untukmengetahuitingkatvaliddanefektifdilakukanvalidasidanujicoba.Hasilvalidasiyangdilakukanolehvalidatorahlidanpraktisimenunjukkanskorberadapadaselang80%-100%yangtermasukpadakriteriasangatvalid.TingkatkeefektifandipengaruhiolehketuntasanbelajardanresponsiswaterhadapLKS.Ketuntasanbelajarsiswaditunjukkanhasilpengerjaanlatihansoalyaitu86%siswa(enamsiswa)mendapatnilaiminimal75dan14%siswa(satusiswa)mendapatnilaidibawah75.SedangkanresponsiswaditunjukkanolehangketpenilaianLKSyangmenunjukkanbahwaresponsiswapositif.OlehkarenaituLKSpadamateriKesebangunandanKekongruenandenganmenggunakanpendekatanCTLdikategorikanvaliddanefektif.