Kajian kemampuan berpikir kritis melalui penerapan pembelajaran geometri berdasarkan tahap berpikir Van Hiele pada pokok bahasan garis dan sudut untuk siswa kelas VII-D SMP Negeri 11 Malang / Diana Ardhika Putri
Main Author: | Putri, Diana Ardhika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15486/ |
Daftar Isi:
- KatakunciVanHieleGarisdanSudutKemampuanBerpikirKritisBerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidiSMPNegeri11Malangdimanagurumasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalmasihbanyakditemuisiswayangbelummenunjukkankemampuanmerekadalamberpikirkritis.Misalkansajadalamhalmemberikancontohterkaitmaterimerekakurangdapatmemberikancontohdenganbaikbahkanadapulayangmenjawabasal-asalankarenamerekatidakmemahamimateridenganbaik.Merekabelumdapatmenerapkankonsepdenganbaikjikamasalahyangdiberikansedikitlebihrumit.Selainitumasihbanyakditemuisiswayangengganuntukbertanyajikamerekatidakpahamatasmateriyangdiberikan.Saatgurumengajukanpertanyaanpunterlihathanyabeberapasiswatertentusajayangantusiasuntukmenjawabnya.LebihlanjutberdasarkanhasilwawancarapenelitidengangurumatematikadikelasVIIdiketahuibahwapenyampaianmaterigeometrikhususnyamaterigarisdansudutlebihbanyakdisampaikanmelaluiceramahtanyajawabdanpenugasan.Halitudapatmenimbulkankebosanandalamdirisiswa.SalahsatubentukpembelajaranyangdapatditerapkandalammengajarkanmaterigeometriadalahpembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHiele.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHielesertamendeskripsikankemampuanberpikirkritissiswapadamaterigarisdansudut.PenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2012dengansubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIDSMPNegeri11Malang.PembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHieleterdiridari5tahapnamunkarenasubjekpenelitianadalahsiswaSMPmakapenelitiandilaksanakansampaitahap3.PembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHieleyangdilakukandalampenelitianinimeliputitahapvisualisasitahapanalisisdantahapabstraksi.Untukmeningkatkansuatutahapberpikiryanglebihtinggimakasiswadiharapkanmelalui5fasepembelajaranpadatiaptahapberpikiryaitufaseinformasifaseorientasilangsungfasepenjelasanfaseorientasibebasdanfaseintegrasi.SeluruhtahappembelajaranVanHieledilakukanpadakegiatanintipembelajaran.Tahapvisualisasidilakukanmelaluitanyajawabtahapanalisisdilakukanmelaluipengamatantahapabstraksidimulaidenganbekerjasecarakelompokmenyajikanhasilkerjakelompokmengerjakanlembarindividusertamembuatkesimpulanpembelajaransecaramandiri.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratakemampuanberpikirkritissiswadalammelakukandiskusisebesar565%kemampuanmelakukananalisissebesar7325%tingkatketerampilanberpikirsiswasebesar6225%kemampuanmembuatkesimpulansebesar825%keterampilansiswabertanyasebesar4075%sertaketerampilansiswamenjawabpertanyaansebesar495%.Berdasarkanhasiltesyangdilakukandiperolehrata-ratakemampuanberpikirkritissiswasebesar65%denganbanyaksiswayanglulusKKMsebesar75dicapaioleh22siswa.BerdasarkanhasilpenelitianinipembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHieledapatdijadikansebagaialternatifuntukmengajarkanmaterigeometrisekaligusdapatmelatihkemampuanberpikirkritissiswa.