Kajian kemampuan berpikir kritis melalui penerapan pembelajaran geometri berdasarkan tahap berpikir Van Hiele pada pokok bahasan garis dan sudut untuk siswa kelas VII-D SMP Negeri 11 Malang / Diana Ardhika Putri

Main Author: Putri, Diana Ardhika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15486/
Daftar Isi:
  • KatakunciVanHieleGarisdanSudutKemampuanBerpikirKritisBerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidiSMPNegeri11Malangdimanagurumasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalmasihbanyakditemuisiswayangbelummenunjukkankemampuanmerekadalamberpikirkritis.Misalkansajadalamhalmemberikancontohterkaitmaterimerekakurangdapatmemberikancontohdenganbaikbahkanadapulayangmenjawabasal-asalankarenamerekatidakmemahamimateridenganbaik.Merekabelumdapatmenerapkankonsepdenganbaikjikamasalahyangdiberikansedikitlebihrumit.Selainitumasihbanyakditemuisiswayangengganuntukbertanyajikamerekatidakpahamatasmateriyangdiberikan.Saatgurumengajukanpertanyaanpunterlihathanyabeberapasiswatertentusajayangantusiasuntukmenjawabnya.LebihlanjutberdasarkanhasilwawancarapenelitidengangurumatematikadikelasVIIdiketahuibahwapenyampaianmaterigeometrikhususnyamaterigarisdansudutlebihbanyakdisampaikanmelaluiceramahtanyajawabdanpenugasan.Halitudapatmenimbulkankebosanandalamdirisiswa.SalahsatubentukpembelajaranyangdapatditerapkandalammengajarkanmaterigeometriadalahpembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHiele.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHielesertamendeskripsikankemampuanberpikirkritissiswapadamaterigarisdansudut.PenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2012dengansubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIDSMPNegeri11Malang.PembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHieleterdiridari5tahapnamunkarenasubjekpenelitianadalahsiswaSMPmakapenelitiandilaksanakansampaitahap3.PembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHieleyangdilakukandalampenelitianinimeliputitahapvisualisasitahapanalisisdantahapabstraksi.Untukmeningkatkansuatutahapberpikiryanglebihtinggimakasiswadiharapkanmelalui5fasepembelajaranpadatiaptahapberpikiryaitufaseinformasifaseorientasilangsungfasepenjelasanfaseorientasibebasdanfaseintegrasi.SeluruhtahappembelajaranVanHieledilakukanpadakegiatanintipembelajaran.Tahapvisualisasidilakukanmelaluitanyajawabtahapanalisisdilakukanmelaluipengamatantahapabstraksidimulaidenganbekerjasecarakelompokmenyajikanhasilkerjakelompokmengerjakanlembarindividusertamembuatkesimpulanpembelajaransecaramandiri.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratakemampuanberpikirkritissiswadalammelakukandiskusisebesar565%kemampuanmelakukananalisissebesar7325%tingkatketerampilanberpikirsiswasebesar6225%kemampuanmembuatkesimpulansebesar825%keterampilansiswabertanyasebesar4075%sertaketerampilansiswamenjawabpertanyaansebesar495%.Berdasarkanhasiltesyangdilakukandiperolehrata-ratakemampuanberpikirkritissiswasebesar65%denganbanyaksiswayanglulusKKMsebesar75dicapaioleh22siswa.BerdasarkanhasilpenelitianinipembelajarangeometriberdasarkantahapberpikirVanHieledapatdijadikansebagaialternatifuntukmengajarkanmaterigeometrisekaligusdapatmelatihkemampuanberpikirkritissiswa.