Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi untuk SMP kelas VIII / Rohmat Yusufa
Main Author: | Yusufa, Rohmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15485/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)RMELingkaran.KetersediaanLKSmatematikauntukSMPyangberedardipasaransaatinitidakdapatditemukan.OlehkarenaituperludisusundandikembangkanLKSyangberkualitasmenurutkriteriatertentu.LKSyangakandikembangkanmenggunakansalahsatupendekatanpembelajaranyangakanmenggiringsiswamemahamikonsepmatematikadenganmengkontruksisendirimelaluipengetahuansebelumnyayangberhubungandengankehidupansehari-harinyamenemukansendirikonseptersebutsehinggabelajarnyamenjadibermakna.TujuanpenelitianadalahuntukmenghasilkanLKSbercirikanRMEyangvalidsehinggadapatdigunakandalammendukungprosespembelajarandikelaspadamaterikelilingdanluaslingkaran.ModelpengembanganLKSpadapenelitianinimengacupadamodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajan(1974)yangtelahdimodifikasi.Modifikasiyangdilakukanadalahsebagaiberikut1)penyederhanaanmodelyangsebelumnyaterdapatempattahapmenjaditigatahapansajayaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop)halinidilakukankarenaketerbatasanwaktusertabiaya2)tidaksemuatahapanpadamodel4-DdigunakankarenadisesuaikandengankebutuhanpengembanganbahanajaryangberupaLKS.BerdasarkanhasilvalidasiyangtelahdiuraikanpadaBabIVsecarakeseluruhanprodukLKSyangdikembangkandinyatakanvalidmenurutpenilaianvalidatorahlidanpraktisidanvalidatoruser.JadidapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanmemenuhikriteriabaik.Disarankankepadapengembang-pengembanglainnyauntukmengujicobakanLKSinikepadasiswadalamkelompokyanglebihbesardenganmenerapkantigaprinsipdanlimakarakteristikRMEsecarautuh.