Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi untuk SMP kelas VIII / Rohmat Yusufa

Main Author: Yusufa, Rohmat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15485/
Daftar Isi:
  • KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)RMELingkaran.KetersediaanLKSmatematikauntukSMPyangberedardipasaransaatinitidakdapatditemukan.OlehkarenaituperludisusundandikembangkanLKSyangberkualitasmenurutkriteriatertentu.LKSyangakandikembangkanmenggunakansalahsatupendekatanpembelajaranyangakanmenggiringsiswamemahamikonsepmatematikadenganmengkontruksisendirimelaluipengetahuansebelumnyayangberhubungandengankehidupansehari-harinyamenemukansendirikonseptersebutsehinggabelajarnyamenjadibermakna.TujuanpenelitianadalahuntukmenghasilkanLKSbercirikanRMEyangvalidsehinggadapatdigunakandalammendukungprosespembelajarandikelaspadamaterikelilingdanluaslingkaran.ModelpengembanganLKSpadapenelitianinimengacupadamodel4-DyangdikembangkanolehThiagarajan(1974)yangtelahdimodifikasi.Modifikasiyangdilakukanadalahsebagaiberikut1)penyederhanaanmodelyangsebelumnyaterdapatempattahapmenjaditigatahapansajayaitupendefinisian(define)perancangan(design)danpengembangan(develop)halinidilakukankarenaketerbatasanwaktusertabiaya2)tidaksemuatahapanpadamodel4-DdigunakankarenadisesuaikandengankebutuhanpengembanganbahanajaryangberupaLKS.BerdasarkanhasilvalidasiyangtelahdiuraikanpadaBabIVsecarakeseluruhanprodukLKSyangdikembangkandinyatakanvalidmenurutpenilaianvalidatorahlidanpraktisidanvalidatoruser.JadidapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkanmemenuhikriteriabaik.Disarankankepadapengembang-pengembanglainnyauntukmengujicobakanLKSinikepadasiswadalamkelompokyanglebihbesardenganmenerapkantigaprinsipdanlimakarakteristikRMEsecarautuh.