Penerapan strategi react dengan setting problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMPN 1 Malang (RSBI) pada materi garis singgung lingkaran / Ony Syaiful Rizal
Main Author: | Rizal, Ony Syaiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15483/ |
Daftar Isi:
- KatakunciREACTProblemBasedLearning(PBL)hasilbelajarMenuruthasilpengamatandanwawancaradengangurumatematikakelasVIIIdiSMPN1Malangpembelajaranselamainiterutamauntukmaterigarissinggunglingkaranmasihmenggunakanmetodekonvensional.Halinimengakibatkansiswacenderungmenghafalrumusuntukmenentukanpanjangruasgarissinggunglingkaran.Siswaseringterjebakdalampenggunaanrumuskarenasebagiansiswamenggunakanrumustanpamengetahuidarimanarumustersebutdiperoleh.Selainitusiswajugaseringtidakmemperhatikansifatketegaklurusangarissinggunglingkaranterhadapdiameter/jari-jarilingkaranyangmelaluititiksinggunglingkaran.AkhirnyasiswajugamengalamikesalahandalampenerapanteoremaPythagorasdalammenentukanpanjangruasgarissinggunglingkaran.DarisemuahaltersebutsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwamasihbanyaknilaitessiswayangbelummemenuhiKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yangditetapkandiSMPN1Malang.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanpembelajaranmelaluistrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)dengansettingPBL(ProblemBasedLearning)yangdiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterhadapmaterigarissinggunglingkaran.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari4tahapanyaitu(1)Perencanaan(2)PelaksanaanTindakan(3)Pengamatan/Observasidan(4)Refleksi.PengambilandatapenelitiandiambilpadabulanFebruari-Maret2012.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluitestiapakhirsikluscatatnlapangandanlembarobservasigurudansiswa.Penelitianmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyaitu(1)Relatingdimanapenelitimenjelaskankembalimateriprasyaratyangberhubungandenganmaterigarissinggunglingkaran.(2)Experiencingdimanapenelitimengorientasi-kansiswapadamasalahselanjutnyamemintasiswamelakukankegiatanpadalembaraktivitasyangyangakanmenuntunsiswadalammenemukanrumusgarissinggunglingkaran.(3)Applyingdimanapenelitimemintasiswamengaplikasi-kanrumusyangdidapatsetelahmengalamipadatahapexperiencing.(4)Cooperatingdimanapenelitimengorganisasikansiswauntukbelajaryaitudenganmembagisiswamenjadibeberapakelompokyangberanggotakan4-5orang.SelanjutnyasiswamengerjakanLKSbersamakelompokdengandibimbingolehguru.Setelahselesaiberdiskusisiswadimintamempresentasikanhasildiskusididepankelas.(5)Transferringdimanapenelitimemberikanlatihansoaluntukmengujipemahamansiswapadamaterigarissinggunglingkaran.Selanjutnyagurumembantusiswamelakukanrefleksiatauevaluasiterhadappenyelidikandanproses-prosesyangmerekagunakan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIrata-ratakelasdarihasilbelajarranahkognitifadalah7291danpersentasebanyaksiswayangtuntasbelajarranahkognitifsebesar5862%.Karenapersentaseinikurangdari75%makatindakanharusdilanjutkanpadasiklusII.PadasiklusIIrata-ratakelasdarihasilbelajarranahkognitifadalah8153danpersentasebanyaksiswayangtuntasbelajarranahkognitif8276%.OlehkarenaitudapatdisimpulkanbahwapenerapanstrategiREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)dengansettingPBL(ProblemBasedLearning)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelaskelasVIII-ESMPNegeri1Malang.Penelitianinimasihbanyakterdapatkekurangandiharapkanuntukpenelitiselanjutnyadapatmemperbaikidanmenindaklanjutisemuakekurangandalampenelitianini.