Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar untuk SMP RSBI / Eka Resti Wulan

Main Author: Wulan, Eka Resti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15482/
Daftar Isi:
  • KataKunciLKSMatematikaRealistikRSBIPendekatanpembelajaranmatematikarealistikatauseringdisebutRealisticMathematicsEducation(RME)dimulaidenganmasalahkontekstualyangberisikonsepmatematiksiswadiberikesempatanmemikirkansendiristrategiataumodeluntukpemecahanmasalahkontekstualsehinggasiswatidakhanyabelajarmenghafalkanrumus.BerdasarkansurveidanwawancaradenganseoranggurumatematikaSMPRSBILembarKerjaSiswa(LKS)bangunruangsisidataruntukRSBIbelummenghubungkanpenemuankonsepmatematikdenganmasalahkontekstualsehinggamasihbanyaksiswayangmerasakesulitanketikadihadapkanpadamasalahkontekstualyangtidakrutin.Padahalbanyakmasalahdidunianyatasiswayangberkaitandenganmateritersebut.DisampingitumasihjarangditemuiLKSberbahasaInggrisyangdipergunakanpadaSMPRSBImakaperludikembangkanLKSmatematikarealistikdenganmateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBIyangberbahasaInggris.TujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanprosespengembanganLKSmatematikarealistikpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBIdanmendeskripsikanLKStersebutyangvalidpraktisdanefektifsertamenghasilkansuatuLKSmatematikarealistikpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBI.PengembanganLKSinimenggunakanmodelpengembanganolehPlompyangmelaluitahap-tahapyaitu(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapperancangan(3)tahaprealisasi/konstruksi(4)tahaptesevaluasidandan(5)tahapimplementasi.Tetapiberdasarkankebutuhanpenelitihanyamelaksanakanhinggatahapkeempat.Ujikevalidandilakukanolehsatudosenmatematikadansatugurumatematikakemudianujikepraktisandilakukanolehduagurumatematikadan30siswapadasuatukelas.Dilanjutkanujikeefektifanyangjugadilakukanpada30siswatersebut.Berdasarkanhasilanalisispengembanganskorkevalidanyangdiperolehadalah357361sebagaiskorkepraktisandarisegipengajardan321darisegisiswasertapersentasenilaikeefektifanyaitu9574%.LKSdinyatakandalamkriteriavalidpraktisdanefektif.DengandemikianLKSyangtelahdikembangkanlayakdigunakansebagaisuatusumberbelajardalampembelajaranmatematikapadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBI.WalaupunsecarakeseluruhanLKSyangdikembangkandalamkriteriavalidpraktisdanefektiftetapisebagaipenyempurnaanLKSadabeberaparevisiyangdilakukanpenelitiberdasarkansarandancatatanyangdiberikandosengurudansiswa.