Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar untuk SMP RSBI / Eka Resti Wulan
Main Author: | Wulan, Eka Resti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15482/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLKSMatematikaRealistikRSBIPendekatanpembelajaranmatematikarealistikatauseringdisebutRealisticMathematicsEducation(RME)dimulaidenganmasalahkontekstualyangberisikonsepmatematiksiswadiberikesempatanmemikirkansendiristrategiataumodeluntukpemecahanmasalahkontekstualsehinggasiswatidakhanyabelajarmenghafalkanrumus.BerdasarkansurveidanwawancaradenganseoranggurumatematikaSMPRSBILembarKerjaSiswa(LKS)bangunruangsisidataruntukRSBIbelummenghubungkanpenemuankonsepmatematikdenganmasalahkontekstualsehinggamasihbanyaksiswayangmerasakesulitanketikadihadapkanpadamasalahkontekstualyangtidakrutin.Padahalbanyakmasalahdidunianyatasiswayangberkaitandenganmateritersebut.DisampingitumasihjarangditemuiLKSberbahasaInggrisyangdipergunakanpadaSMPRSBImakaperludikembangkanLKSmatematikarealistikdenganmateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBIyangberbahasaInggris.TujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanprosespengembanganLKSmatematikarealistikpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBIdanmendeskripsikanLKStersebutyangvalidpraktisdanefektifsertamenghasilkansuatuLKSmatematikarealistikpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBI.PengembanganLKSinimenggunakanmodelpengembanganolehPlompyangmelaluitahap-tahapyaitu(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapperancangan(3)tahaprealisasi/konstruksi(4)tahaptesevaluasidandan(5)tahapimplementasi.Tetapiberdasarkankebutuhanpenelitihanyamelaksanakanhinggatahapkeempat.Ujikevalidandilakukanolehsatudosenmatematikadansatugurumatematikakemudianujikepraktisandilakukanolehduagurumatematikadan30siswapadasuatukelas.Dilanjutkanujikeefektifanyangjugadilakukanpada30siswatersebut.Berdasarkanhasilanalisispengembanganskorkevalidanyangdiperolehadalah357361sebagaiskorkepraktisandarisegipengajardan321darisegisiswasertapersentasenilaikeefektifanyaitu9574%.LKSdinyatakandalamkriteriavalidpraktisdanefektif.DengandemikianLKSyangtelahdikembangkanlayakdigunakansebagaisuatusumberbelajardalampembelajaranmatematikapadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPRSBI.WalaupunsecarakeseluruhanLKSyangdikembangkandalamkriteriavalidpraktisdanefektiftetapisebagaipenyempurnaanLKSadabeberaparevisiyangdilakukanpenelitiberdasarkansarandancatatanyangdiberikandosengurudansiswa.