Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningktatkan aktivitas belajar Trigonometri siswa kelas X-7 SMA NEGERI 1 Pagak / Qurrotu A'yunil Hisbiyah
Main Author: | Hisbiyah, Qurrotu A'yunil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15480/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranThinkPairShareAktivitasBelajarSiswaBerdasarkanhasilwawancaradengan2gurumatematikaSMANegeri1PagakdanobservasiawalyangdilakukanpenelitidikelasX-7SMANegeri1Pagakdiperolehinformasibahwapembelajaranyangdilakukangurumasihbersifatkonvensionaldenganmetodeceramahtanyajawabdanpemberiantugas.Akibatnyasiswahanyasekedarmenerimadancenderungmenghafalmateri.AktivitasbelajarsiswakelasX-7sepertibertanyamenjawabpertanyaandanmenyelesaikantugasyangmendukungprosespengkontruksianpengetahuansangatkurang.UntukmenyelesaikanmasalahtersebutpenelitimenerapkanpembelajarankooperatiftipeThinkPairShareyangdiharapkandapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasX-7.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanaktivitasbelajartrigonometrisiswadalamprosespembelajaranmatematikadikelasX-7SMANegeri1PagakdenganpenerapanpembelajaranThinkPairSharedanuntukmeningkatkanaktivitasbelajartrigonometrisiswakelasX-7SMANegeri1PagakmelaluipenerapanpembelajaranThinkPairShare.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiantindakankelasdenganempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.TindakanyangdiberikanberupapembelajaranThinkPairShareyangmemuattigatahap(1)tahapthinkyaitusiswadimintauntukberpikirmenyelesaikanpermaslaahanyangdiberikan(2)tahappairyaitusiswaberdiskusisecaraberpasangandan(3)tahapsharesiswamenyampaikanhasildiskusinyadidepankelas.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprosentaseaktivitasbelajarsiswameningkatdari2908%sebelumdikenaitindakanmenjadi7237%setelahdikenaitindakan.TujuanpenelitianinitercapaidengandiperolehprosentaseklasikalaktivitasbelajarsiswaselamaprosespembelajaranThinkPairSharememenuhikriteriaminimumaktivitas70%.