Penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningktatkan aktivitas belajar Trigonometri siswa kelas X-7 SMA NEGERI 1 Pagak / Qurrotu A'yunil Hisbiyah

Main Author: Hisbiyah, Qurrotu A'yunil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/15480/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranThinkPairShareAktivitasBelajarSiswaBerdasarkanhasilwawancaradengan2gurumatematikaSMANegeri1PagakdanobservasiawalyangdilakukanpenelitidikelasX-7SMANegeri1Pagakdiperolehinformasibahwapembelajaranyangdilakukangurumasihbersifatkonvensionaldenganmetodeceramahtanyajawabdanpemberiantugas.Akibatnyasiswahanyasekedarmenerimadancenderungmenghafalmateri.AktivitasbelajarsiswakelasX-7sepertibertanyamenjawabpertanyaandanmenyelesaikantugasyangmendukungprosespengkontruksianpengetahuansangatkurang.UntukmenyelesaikanmasalahtersebutpenelitimenerapkanpembelajarankooperatiftipeThinkPairShareyangdiharapkandapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasX-7.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanaktivitasbelajartrigonometrisiswadalamprosespembelajaranmatematikadikelasX-7SMANegeri1PagakdenganpenerapanpembelajaranThinkPairSharedanuntukmeningkatkanaktivitasbelajartrigonometrisiswakelasX-7SMANegeri1PagakmelaluipenerapanpembelajaranThinkPairShare.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiantindakankelasdenganempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.TindakanyangdiberikanberupapembelajaranThinkPairShareyangmemuattigatahap(1)tahapthinkyaitusiswadimintauntukberpikirmenyelesaikanpermaslaahanyangdiberikan(2)tahappairyaitusiswaberdiskusisecaraberpasangandan(3)tahapsharesiswamenyampaikanhasildiskusinyadidepankelas.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprosentaseaktivitasbelajarsiswameningkatdari2908%sebelumdikenaitindakanmenjadi7237%setelahdikenaitindakan.TujuanpenelitianinitercapaidengandiperolehprosentaseklasikalaktivitasbelajarsiswaselamaprosespembelajaranThinkPairSharememenuhikriteriaminimumaktivitas70%.