Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan linear satu variabel siswa SMP Negeri 17 Malang kelas VIIE / Indah Hardianty Fadhilah
Main Author: | Fadhilah, Indah Hardianty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15478/ |
Daftar Isi:
- KatakunciProblemBasedLearninghasilbelajarpersamaanlinearsatuvariabelMetodepembelajaranmatematikadiSMPNegeri17Malangyangseringdigunakanguruadalahceramah.Gurucenderunghanyamengajarkanmateritanpamelibatkansiswauntukaktifdalampembelajaran.Disampingitukerjasamaantarsiswamasihdianggapkurangsehinggasiswabelumbisamandiridalammemahamikonsepdanmenyelesaikansoal.HalinilahyangmendorongpenelitiuntukmengadakanpenelitiantentangpenerapanProblemBasedLearning(PBL)yaitusuatupendekatanpengajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaikonteksbagisiswauntukbelajarberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripelajaran.Penelitianinimendeskripsikantahap-tahappembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukmeningkatkanhasilbelajarmasalahmatematikasiswakelasVIISMPNegeri17Malangpadamateripersamaanlinearsatuvariabel.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingdalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasisertarefleksi.HasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapadasiklusIsiswayangmemperolehnilai65ada24siswadanprosentaseketuntasanbelajarsiswa63%%dengannilairata-rata593.SedangkanpadasiklusIIsiswayangmemperolehnilai65ada32siswadanprosentaseketuntasanbelajarsiswa84%dengannilairata-rata722.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkandiSMPNegeripelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya75%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganProblemBasedLearning(PBL)dalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriBaikpadasiklus1danSangatbaikpadasiklus2sertahasilwawancaraterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangterhadappembelajarandenganPBL.