Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan persamaan linear satu variabel siswa SMP Negeri 17 Malang kelas VIIE / Indah Hardianty Fadhilah

Main Author: Fadhilah, Indah Hardianty
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15478/
Daftar Isi:
  • KatakunciProblemBasedLearninghasilbelajarpersamaanlinearsatuvariabelMetodepembelajaranmatematikadiSMPNegeri17Malangyangseringdigunakanguruadalahceramah.Gurucenderunghanyamengajarkanmateritanpamelibatkansiswauntukaktifdalampembelajaran.Disampingitukerjasamaantarsiswamasihdianggapkurangsehinggasiswabelumbisamandiridalammemahamikonsepdanmenyelesaikansoal.HalinilahyangmendorongpenelitiuntukmengadakanpenelitiantentangpenerapanProblemBasedLearning(PBL)yaitusuatupendekatanpengajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaikonteksbagisiswauntukbelajarberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalahsertauntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripelajaran.Penelitianinimendeskripsikantahap-tahappembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukmeningkatkanhasilbelajarmasalahmatematikasiswakelasVIISMPNegeri17Malangpadamateripersamaanlinearsatuvariabel.Prosespelaksanaanpembelajarandiawalidenganorientasisiswakepadamasalahselanjutnyagurumengorganisasisiswauntukbelajardanmembimbingdalampenyelidikanindividualmaupunkelompokkemudiandiakhiridenganpenyajianhasilkaryadanevaluasisertarefleksi.HasilpenelitiantindakankelasinimenunjukkanbahwapadasiklusIsiswayangmemperolehnilai65ada24siswadanprosentaseketuntasanbelajarsiswa63%%dengannilairata-rata593.SedangkanpadasiklusIIsiswayangmemperolehnilai65ada32siswadanprosentaseketuntasanbelajarsiswa84%dengannilairata-rata722.MenurutketuntasanpembelajaranyangditetapkandiSMPNegeripelaksanaanpembelajarandikatakanmendukungatauberhasilapabilasekurang-kurangnya75%siswamendapatnilaiminimal65sehinggadalamhalinidapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganProblemBasedLearning(PBL)dalampenelitianiniberhasil.HalinidapatdiperkuatdenganhasilobservasiaktivitassiswayangmasukdalamkategoriBaikpadasiklus1danSangatbaikpadasiklus2sertahasilwawancaraterhadapsiswayangmenunjukkanbahwasecaraumumsiswasenangterhadappembelajarandenganPBL.