Perbedaan kemampuan pemahaman teorema Pythagoras siswa SMK kelas VIII antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif model STAD dengan pembelajaran model konvensional / Siti Hermawati Fazri

Main Author: Fazri, Siti Hermawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/15476/
Daftar Isi:
  • KataKunciPerbedaanPemahamanKooperatifTipeSTADKonvensionalBelajarMatematikatidakhanyasekedarmenghapalsajasajamelainkanharuspahami.Olehkarenaitufilosofipengajaranmatematikaperludiperbaharuimenjadipembelajaranmatematika.MakadiperlukanpendekatanpembelajaranyangefektifuntukmencapaitujuanpembelajaranekonomikhususnyadalampenelitianiniadalahpadamateriteoremaPhytagoras.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuanpemahamanpembelajaranKooperatifTipemodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)terhadaphasilbelajarefektivitaspembelajaranKontekstualTipekonvensionalterhadaphasilbelajarpadamatapelajaranmatematikakelasVIIIdiSMPNegeri10Malang.PenelitianinimenggunakandesainQuasyExperiment.InstrumenpenelitianmeliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)Instrumenaktivitasbelajar(lembarobservasiaktivitassiswa)Instrumenhasilbelajar(nilaiPretestdanposttest).TeknikpengambilansampeldilakukandenganujicobakemampuanawalyangdiambildarihasilUTSdanpengambilandatadilakukandenganpemberianpretestpemberianperlakuan(treatment)danpemberianposttest.Datahasilpenelitiankemudiandipaparkansecaradeskriptif.Kegiatananalisisdatadimulaidengantahapujiprasyaratanalisishinggapengujianhipotesis.BerdasarkanhasilanalisisdatadiketahuibahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)memberikanpeningkatanterhadappemahamansiswamatematikaterhadapmateriteoremaPhytagoraspadasiswakelasVIIIdiSMANegeri10Malang.Karenabisameningkatkanhasilbelajarsiswaselamaprosespembelajaran.DemikianpuladenganPembelajaranKonvensionaljugamemberikanpeningkatanterhadappemahamansiswamatematikaterhadapmateriteoremaPhytagoraspadasiswakelasVIIIdiSMANegeri10Malang.Karenabisameningkatkanhasilbelajarsiswaselamaprosespembelajaran.AkantetapiterdapatperbedaankemampuanpemahamanyangsignifikanantaraPembelajaranKooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)denganpembelajarankonvensionalyangdiketahuidarihasilpengujiandataGainScorepadakeduakelompok.OlehkarenaitudiharapkanGurumatapelajaranmatematikadapatmenerapkanpembelajaranKooperatifmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukmencapaitujuanpembelajaranyangefektifdenganalokasiwaktuyangefisien.