Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran problem solving untuk siswa kelas VIII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas lingkaran / Asmawati
Main Author: | Asmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15469/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKomikMatematikaProblemSolvingKelilingdanLuasLingkaranBelajarmatematikapadadasarnyaadalahmempelajaricara-caramemecahkanmasalahsecaramatematis.Bahkanpemecahanmasalah(problemsolving)dijadikansebagaititiksentraldalamkurikulummatematika.Suatumasalahbiasanyadisajikandalambentuksoalceritaataunaratifsaja.Narasitersebutbiasanyacukuppanjang.Halinimenjadikansiswamerasaengganuntukmenyelesaikanataubahkansekedarmembacapermasalahantersebut.Agarkegiatanpembelajaranproblemsolvingdiminatisiswaperluadaupayapenyajianmasalahyangmenarikyaitudenganmenggunakankomik.Karenakomikmerupakanbacaanyangsangatdigemarisiswa.Komikmatematikayangbisadijadikansebagaimediapembelajaranproblemsolvingbelumbanyakberedardisekolah.HalinilahyangmelaterbelakangipenulisuntukmengadakanpenelitiantentangpengembangankomikmatematikasebagaimediapembelajaranproblemsolvinguntuksiswakelasVIIISMPpadapokokbahasankelilingdanluaslingkaran.MetodepengembanganyangdigunakanadalahmemodifikasimodelpengembanganmediapendidikanSadimandenganbeberapatahapanyaituidentifikasikebutuhananalisistujuanpengembanganpermaslahanpenyusunanpetunjukpemanfaatanproduksivalidasirevisidanmediasiapuntukdigunakan.Adapunproseduryangditempuhmerupakanpengejawantahandarimetodepengembanganyangdigunakan.HasilujicobaterhadaplimasiswaSMPAr-RohmahPutriBoardingSchoolDaudansatusiswaSMPN4Malangdidapatkanbahwaprosentasekualitaskomiksecarakeseluruhanadalah82%.Sedangkanprosentaseperanankomikdalampembelajaranproblemsolvingsecarakeseluruhanadalah8021%.KendatipundemikianhasilpengembanganmasihberupaprototipeIsehinggaperlupengembanganlebihlanjutsebelummediakomikdigunakandalampembelajaran.Halinidikarenakankomikyangdikembangkantidakdivalidasitimahlidenganmenggunakanangketdanujicobayangdilakukanhanyaujicobakelompokkecil.Dengandemikiankomikyangdikembangkanperludirevisidalampengembanganselajutnya.Saranuntukpengembanganlebihlanjutadalahmelakukanbeberaparevisiyangdirekomendasikanpenulismelakukanujicobakembaliterhadapkomikhasilpengembanganyangtelahmelaluitahaprevisikedua.Halinidilakukanuntukmendapatkankomikyangbenar-benarberkualitasuntukdigunakansebagaimediapembelajaranproblemsolving.