Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran problem solving untuk siswa kelas VIII SMP pada pokok bahasan keliling dan luas lingkaran / Asmawati

Main Author: Asmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15469/
Daftar Isi:
  • KatakunciKomikMatematikaProblemSolvingKelilingdanLuasLingkaranBelajarmatematikapadadasarnyaadalahmempelajaricara-caramemecahkanmasalahsecaramatematis.Bahkanpemecahanmasalah(problemsolving)dijadikansebagaititiksentraldalamkurikulummatematika.Suatumasalahbiasanyadisajikandalambentuksoalceritaataunaratifsaja.Narasitersebutbiasanyacukuppanjang.Halinimenjadikansiswamerasaengganuntukmenyelesaikanataubahkansekedarmembacapermasalahantersebut.Agarkegiatanpembelajaranproblemsolvingdiminatisiswaperluadaupayapenyajianmasalahyangmenarikyaitudenganmenggunakankomik.Karenakomikmerupakanbacaanyangsangatdigemarisiswa.Komikmatematikayangbisadijadikansebagaimediapembelajaranproblemsolvingbelumbanyakberedardisekolah.HalinilahyangmelaterbelakangipenulisuntukmengadakanpenelitiantentangpengembangankomikmatematikasebagaimediapembelajaranproblemsolvinguntuksiswakelasVIIISMPpadapokokbahasankelilingdanluaslingkaran.MetodepengembanganyangdigunakanadalahmemodifikasimodelpengembanganmediapendidikanSadimandenganbeberapatahapanyaituidentifikasikebutuhananalisistujuanpengembanganpermaslahanpenyusunanpetunjukpemanfaatanproduksivalidasirevisidanmediasiapuntukdigunakan.Adapunproseduryangditempuhmerupakanpengejawantahandarimetodepengembanganyangdigunakan.HasilujicobaterhadaplimasiswaSMPAr-RohmahPutriBoardingSchoolDaudansatusiswaSMPN4Malangdidapatkanbahwaprosentasekualitaskomiksecarakeseluruhanadalah82%.Sedangkanprosentaseperanankomikdalampembelajaranproblemsolvingsecarakeseluruhanadalah8021%.KendatipundemikianhasilpengembanganmasihberupaprototipeIsehinggaperlupengembanganlebihlanjutsebelummediakomikdigunakandalampembelajaran.Halinidikarenakankomikyangdikembangkantidakdivalidasitimahlidenganmenggunakanangketdanujicobayangdilakukanhanyaujicobakelompokkecil.Dengandemikiankomikyangdikembangkanperludirevisidalampengembanganselajutnya.Saranuntukpengembanganlebihlanjutadalahmelakukanbeberaparevisiyangdirekomendasikanpenulismelakukanujicobakembaliterhadapkomikhasilpengembanganyangtelahmelaluitahaprevisikedua.Halinidilakukanuntukmendapatkankomikyangbenar-benarberkualitasuntukdigunakansebagaimediapembelajaranproblemsolving.