Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk mengetahui kemampuan representasi siswa kelas VIII pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran / Lina Purnamasari

Main Author: Purnamasari, Lina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/15466/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)KemampuanRepresentasiPanjangGarisSinggungPersekutuanDuaLingkaranDisekolahpenyajianmateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkaranberdasarkanpengalamanpenelitidimulaidenganmengajarkanteoriataudefinisiterlebihdahulukemudiandiberikancontoh-contohdanlatihan.Daripembelajaransepertiitupenelitihanyamenghafalrumusnyasajatanpamengetahuiasalrumustersebut.Kegiatanpembelajarannyajugatidakmengaitkankehidupannyatayangberkaitandenganmateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkaran.Gurujugatidakmelibatkansiswasecaraaktifdalammenemukankonsepdarisuatumateri.Kondisiinimembuatprosespembelajaranmenjadipasifkarenasiswahanyamendengarkanapayangdijelaskanolehgurusiswamasihtakutuntukmengemukakanpendapatdanmenjawabketikagurubertanya.PembelajaranBerbasisMasalah(PBM)membantusiswamengembangkankemampuanberpikirketerampilanmemecahkanmasalahdanmembantusiswamenjadipembelajaryangmandiri.PBMinidiharapkanakanmembantuataumempermudahgurudalammelaksanakanpembelajaranmatematika.Untukmengetahuiseberapajauhsiswamemahamimatematikayangdipelajariguruperlumengungkapnyaagarsiswamempresentasikanmentalnyatentangkonsepmatematikayangtelahadadibenaknya.Dengandemikianrepresentasisebagaigambaranmentalmemungkinkanmatematikamenjaditransparan.KarenaitudalampenelitianiniakandilaksanakanPembelajaranBerbasisMasalahuntukmengetahuikemampuanrepresentasisiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikemampuanrepresentasigeometridankemampuanaljabarsiswapadamateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkarandalamPBM.Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptif(schoolsurvey)dengansubyekpenenlitiansiswakelasVIIIBSMP6Negeri8Malangtahunajaran2010/2011.PenelitiandilaksanakanpadabulanJanuari2011dalamduapertemuan.HasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwakemampuanrepresentasigeometridankemampuanaljabarsiswapadamateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkarandalamPBMmasihkurang.NamundenganPBMsiswabisamengembangkankemampuanberpikirnyameskipunbelummaksimal.DenganPBMjugasiswabisaberkolaborasidengansiswalaindanbelajaruntukbertukarpikiran.Kemampuanrepresentasigeometridankemampuanrepresentasialjabarsiswaakansemakinbaikjikaterdapatlangkah-langkahpenyelesaianmasalah.Hasilpengerjaannyaakanlebihruntutjikadibandingkandenganmasalahyangtidakadalangkah-langkahpenyelesaiannya.Selainitusiswajugamasihkesulitanmentransformasikanrepresentasigambar(geometri)kesimbolaljabar.