Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk mengetahui kemampuan representasi siswa kelas VIII pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran / Lina Purnamasari
Main Author: | Purnamasari, Lina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15466/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)KemampuanRepresentasiPanjangGarisSinggungPersekutuanDuaLingkaranDisekolahpenyajianmateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkaranberdasarkanpengalamanpenelitidimulaidenganmengajarkanteoriataudefinisiterlebihdahulukemudiandiberikancontoh-contohdanlatihan.Daripembelajaransepertiitupenelitihanyamenghafalrumusnyasajatanpamengetahuiasalrumustersebut.Kegiatanpembelajarannyajugatidakmengaitkankehidupannyatayangberkaitandenganmateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkaran.Gurujugatidakmelibatkansiswasecaraaktifdalammenemukankonsepdarisuatumateri.Kondisiinimembuatprosespembelajaranmenjadipasifkarenasiswahanyamendengarkanapayangdijelaskanolehgurusiswamasihtakutuntukmengemukakanpendapatdanmenjawabketikagurubertanya.PembelajaranBerbasisMasalah(PBM)membantusiswamengembangkankemampuanberpikirketerampilanmemecahkanmasalahdanmembantusiswamenjadipembelajaryangmandiri.PBMinidiharapkanakanmembantuataumempermudahgurudalammelaksanakanpembelajaranmatematika.Untukmengetahuiseberapajauhsiswamemahamimatematikayangdipelajariguruperlumengungkapnyaagarsiswamempresentasikanmentalnyatentangkonsepmatematikayangtelahadadibenaknya.Dengandemikianrepresentasisebagaigambaranmentalmemungkinkanmatematikamenjaditransparan.KarenaitudalampenelitianiniakandilaksanakanPembelajaranBerbasisMasalahuntukmengetahuikemampuanrepresentasisiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuikemampuanrepresentasigeometridankemampuanaljabarsiswapadamateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkarandalamPBM.Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptif(schoolsurvey)dengansubyekpenenlitiansiswakelasVIIIBSMP6Negeri8Malangtahunajaran2010/2011.PenelitiandilaksanakanpadabulanJanuari2011dalamduapertemuan.HasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwakemampuanrepresentasigeometridankemampuanaljabarsiswapadamateripanjanggarissinggungpersekutuandualingkarandalamPBMmasihkurang.NamundenganPBMsiswabisamengembangkankemampuanberpikirnyameskipunbelummaksimal.DenganPBMjugasiswabisaberkolaborasidengansiswalaindanbelajaruntukbertukarpikiran.Kemampuanrepresentasigeometridankemampuanrepresentasialjabarsiswaakansemakinbaikjikaterdapatlangkah-langkahpenyelesaianmasalah.Hasilpengerjaannyaakanlebihruntutjikadibandingkandenganmasalahyangtidakadalangkah-langkahpenyelesaiannya.Selainitusiswajugamasihkesulitanmentransformasikanrepresentasigambar(geometri)kesimbolaljabar.