Analisis sajian materi pada buku teks matematika untuk SMP/MTs kelas VIII ditinjau dari standart isi dan pendekatan induktif dan deduktif / Veny Lestiyowati

Main Author: Lestiyowati, Veny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15457/
Daftar Isi:
  • KatakuncibukuteksStandarIsipendekataninduktifdandeduktif.Bukumerupakansalahsatufaktorpenunjangyangberperanpentingdalamprosespembelajaran.Bukuteksyangbaikyaitubukuyangisinyasesuaidengankurikulumyangberlakudanpolapenyajianmaterinyasesuaidengantingkatperkembanganintelektualsiswa.BagisiswaSMPyangmasihberadapadamasatransisidaritahapoperasikonkretmenujutahapoperasiformalmakadalampenyampaianmateriperludigunakanpendekataninduktifdandeduktifataugabungankeduanya.PenelitianpadaskripsiinibertujuanuntukmendeskripsikansajianmateribukuteksmatematikakelasVIIIditinjaudariStandarIsidanpendekataninduktifdandeduktif.MakadariitudiambilsatujudulbukuyaitubukuAsebagaisumberdata.Bukutersebutdipilihdari6judulbukuyangtelahdianalisissebelumnyadarisegianalisisisiolehKhatimah(2009)yangmempunyaijumlahkesalahankonseppalingsedikit.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiankualitatifdenganmenggunakanrancangandeskriptif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)penyajianmateripadabukuAtelahsesuaidenganStandarIsi(2)secaraumumsajianmateribukuAditinjaudaripendekataninduktifdandeduktifdikatakantidaklayak.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa337%materidisajikandenganpendekataninduktif517%pendekatandeduktif124%denganpendekatangabungandan22%tanpamenggunakankeduapendekatan.Bukudikatakanlayakditinjaudaripendekataninduktifdandeduktifjikapersentasepenyajianmateridenganpendekataninduktifnyalebihdariatausamadenganpersentasepenyajianmateridenganpendekatandeduktif.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwasecarakeseluruhansajianmateripadabukuAtidaklayakbiladitinjaudaripendekataninduktifdandeduktif.AkantetapipadababIIIVdanVIIIdikatakanlayakkarenapersentasepenyajianmateridenganpendekataninduktifdandeduktifnyaberturut-turut50%dan50%714%dan286%40%dan20%.Mengacupadahasilpenelitiandiatasmakapenelitimenyarankanbagiguruyanginginmenggunakanbukutersebutdalampembelajaranmatematikahendaknyabisamelengkapikekurangsesuaianpenyajianbaikdalampendekataninduktifmaupundalampendekatandeduktif.