Pembelajaran kontekstual untuk memahamkan siswa pada materi segitiga kelas VII-G SMP Negeri 1 Singosari / Annisatul Khoiriyah

Main Author: Khoiriyah, Annisatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15454/
Daftar Isi:
  • KatakunciKontekstualMemahamkandanSegitigaMatematikamerupakanilmuyangdapatditemuidalamsetiapaspekkehidupan.Meskidemikiankarakteristikmatematikayangbersifatabstrakhirarkisdanlogismembuatmatematikaterlihatsulitolehsebagianbesarmasyarakat.Matematikadipandangsebagaiilmuyangmembosankankarenagurupadaumumnyamengajarkanmatematikadengancarayangkurangtepatdantidakdikaitkandenganpermasalahansehari-hari.Siswapadaakhirnyahanyamenganggapmatematikasebagaikumpulansoalyangharusdiselesaikantanpamenyadarimanfaatdaribelajarmatematika.Pembelajaranyangdidominasidenganceramahmenyebabkansiswamenjadipasifdalamkegiatanpembelajaran.Padahalbanyakbendadisekitarsiswayangdapatdigunakansebagaialatbantupembelajaransehinggasiswadapatbelajarsecaraaktifdansiswamerasabahwayangdipelajarinyabermanfaatdalamkehidupannya.PembelajarankontekstualdenganstrategiREACTdapatdijadikansebagaialternatifuntukmemaahamkansiswadenganmelibatkansiswasecaraaktifuntukmemperolehmateridenganpengalamanyangmembekasdibenaksiswa.PenelitianinidilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVII-GSMPNegeri1Singosari.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanalangkah-langkahpembelajarankontekstualdenganstrategiREACTuntukmemahamkansiswakelasVII-GSMPNegeri1Singosaripadamaterisegitiga.PembelajarankontekstualdenganstrategiREACTpadamaterisegitigamelalui3tahapPadatahapawalsiswa(a)diberiinformasimengenaimaterisegitigayangakandipelajari(b)dikelompokkan(c)diberimotivasidenganmengaitkanmateridenganpermasalahanyangdapatditemuisiswa.Padatahapintisiswa(a)diberibahanmanipulatifberupabenda-bendayangmemuatsegitiga(b)diberiwaktuuntukmengerjakanLKKdandiskusikelompok(c)dimintauntukmelakukandiskusikelashinggamembuatkesimpulan(d)diberisoal-soalproblemsolvinguntukdiselesaikansecaramandiridan(e)diberitugasproyekyaitumembuatsuatubarangyangmemuatsegitigadanmenjelaskansegitigayangterdapatpadatugasproyeksesuaidenganmateriyangtelahdipelajari.Padatahapakhirsiswabersamagurumengadakanrefleksidenganmengulangkembalimaterisegitigadanmembuatkesimpulan.DaripenelitianinidiperolehbahwapadatessiklusIsiswayangmencapaiKKMsebesar65%dansiklusIIsebesar85%.Didasarkanpadahasilpenelusuranpemahamandapatdisimpulkanbahwapembelajarankontekstualdenganlangkah-langkahyangtelahdisebutkandapatmemahamkansiswapadamaterisegitiga.