Pembelajaran kontekstual untuk memahamkan siswa pada materi segitiga kelas VII-G SMP Negeri 1 Singosari / Annisatul Khoiriyah
Main Author: | Khoiriyah, Annisatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15454/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKontekstualMemahamkandanSegitigaMatematikamerupakanilmuyangdapatditemuidalamsetiapaspekkehidupan.Meskidemikiankarakteristikmatematikayangbersifatabstrakhirarkisdanlogismembuatmatematikaterlihatsulitolehsebagianbesarmasyarakat.Matematikadipandangsebagaiilmuyangmembosankankarenagurupadaumumnyamengajarkanmatematikadengancarayangkurangtepatdantidakdikaitkandenganpermasalahansehari-hari.Siswapadaakhirnyahanyamenganggapmatematikasebagaikumpulansoalyangharusdiselesaikantanpamenyadarimanfaatdaribelajarmatematika.Pembelajaranyangdidominasidenganceramahmenyebabkansiswamenjadipasifdalamkegiatanpembelajaran.Padahalbanyakbendadisekitarsiswayangdapatdigunakansebagaialatbantupembelajaransehinggasiswadapatbelajarsecaraaktifdansiswamerasabahwayangdipelajarinyabermanfaatdalamkehidupannya.PembelajarankontekstualdenganstrategiREACTdapatdijadikansebagaialternatifuntukmemaahamkansiswadenganmelibatkansiswasecaraaktifuntukmemperolehmateridenganpengalamanyangmembekasdibenaksiswa.PenelitianinidilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVII-GSMPNegeri1Singosari.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanbagaimanalangkah-langkahpembelajarankontekstualdenganstrategiREACTuntukmemahamkansiswakelasVII-GSMPNegeri1Singosaripadamaterisegitiga.PembelajarankontekstualdenganstrategiREACTpadamaterisegitigamelalui3tahapPadatahapawalsiswa(a)diberiinformasimengenaimaterisegitigayangakandipelajari(b)dikelompokkan(c)diberimotivasidenganmengaitkanmateridenganpermasalahanyangdapatditemuisiswa.Padatahapintisiswa(a)diberibahanmanipulatifberupabenda-bendayangmemuatsegitiga(b)diberiwaktuuntukmengerjakanLKKdandiskusikelompok(c)dimintauntukmelakukandiskusikelashinggamembuatkesimpulan(d)diberisoal-soalproblemsolvinguntukdiselesaikansecaramandiridan(e)diberitugasproyekyaitumembuatsuatubarangyangmemuatsegitigadanmenjelaskansegitigayangterdapatpadatugasproyeksesuaidenganmateriyangtelahdipelajari.Padatahapakhirsiswabersamagurumengadakanrefleksidenganmengulangkembalimaterisegitigadanmembuatkesimpulan.DaripenelitianinidiperolehbahwapadatessiklusIsiswayangmencapaiKKMsebesar65%dansiklusIIsebesar85%.Didasarkanpadahasilpenelusuranpemahamandapatdisimpulkanbahwapembelajarankontekstualdenganlangkah-langkahyangtelahdisebutkandapatmemahamkansiswapadamaterisegitiga.