Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan pendekatan konstruktivisme pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII / Hafidh Jauhari

Main Author: Jauhari, Hafidh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15450/
Daftar Isi:
  • KatakunciMediaPembelajaranKomputerKonstruktivismeKubusdanBalokMateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokyangdiajarkandiSMPkelasVIIIadalahsalahsatucontohkonsepmatematikayangmemerlukandayapahamdandayanalaryangtinggibagisiswauntukmenguasaimateritersebut.Komputerlewatanimasinyamempermudahpemahamandandayaserapsertadayanalarsiswaterhadapmateri.Strategimengajarjugasangatmenentukandalamkeberhasilansuatupembelajaran.Metodepengajarandenganpendekatankonstruktivismeyangbertujuanmembuatsiswalebihaktifdanmampumembangunsendirikonsepmateriyangditerimadirasasangattepatuntukmembuatkegiatanbelajarmengajardapatberjalansecaraoptimal.BerdasarkanhaltersebutmakaskripsiinibertujuanuntukmendesaindanmengembangkansuatumediapembelajaranmatematikaberbantuankomputerdenganpendekatankonstruktivismepadamateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokuntuksiswaSMPkelasVIIIyangmampumempermudahpemahamansiswaterhadapkonsepluaspermukaandanvolumekubusdanbalok.Untukmendapatkanprogrammediapembelajaranyangdiinginkanpenelitianinidikembangkandengan10tahapanyaitu(1)menentukankebutuhandantujuanpengembanganprogram(2)mengumpulkanreferensi(3)mempelajarimateri(4)perancanganawal(5)perancangandanpembuatandiagramalirprogram(6)perancangandanpembuatanstrukturprogram(7)pembuatanstoryboardprogram(8)pembuatanprogrammediapembelajaran(9)membuatbahanpendukungdan(10)evaluasidanrevisiprogram.Berdasarkanhasilvalidasidarisegimateridanpembelajarandiperolehpersentasesebesar93%dandarivalidasisegipembelajaranberbantuankomputer(PBK)diperolehpersentase854%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediapembelajarankomputeryangdikembangkanmasukpadakriteriavaliddandapatdigunakandalampembelajaran.Sedangkanhasilujicobaprodukkepadapenggunadiperolehpersentasesebesar855%sehinggadiperolehkesimpulanbahwamediapembelajaranberbantuankomputerinimenarikdanmudahdigunakanbaikdarisegimateriataupunpengoperasianprogram.