Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan pendekatan konstruktivisme pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII / Hafidh Jauhari
Main Author: | Jauhari, Hafidh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15450/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMediaPembelajaranKomputerKonstruktivismeKubusdanBalokMateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokyangdiajarkandiSMPkelasVIIIadalahsalahsatucontohkonsepmatematikayangmemerlukandayapahamdandayanalaryangtinggibagisiswauntukmenguasaimateritersebut.Komputerlewatanimasinyamempermudahpemahamandandayaserapsertadayanalarsiswaterhadapmateri.Strategimengajarjugasangatmenentukandalamkeberhasilansuatupembelajaran.Metodepengajarandenganpendekatankonstruktivismeyangbertujuanmembuatsiswalebihaktifdanmampumembangunsendirikonsepmateriyangditerimadirasasangattepatuntukmembuatkegiatanbelajarmengajardapatberjalansecaraoptimal.BerdasarkanhaltersebutmakaskripsiinibertujuanuntukmendesaindanmengembangkansuatumediapembelajaranmatematikaberbantuankomputerdenganpendekatankonstruktivismepadamateriluaspermukaandanvolumekubusdanbalokuntuksiswaSMPkelasVIIIyangmampumempermudahpemahamansiswaterhadapkonsepluaspermukaandanvolumekubusdanbalok.Untukmendapatkanprogrammediapembelajaranyangdiinginkanpenelitianinidikembangkandengan10tahapanyaitu(1)menentukankebutuhandantujuanpengembanganprogram(2)mengumpulkanreferensi(3)mempelajarimateri(4)perancanganawal(5)perancangandanpembuatandiagramalirprogram(6)perancangandanpembuatanstrukturprogram(7)pembuatanstoryboardprogram(8)pembuatanprogrammediapembelajaran(9)membuatbahanpendukungdan(10)evaluasidanrevisiprogram.Berdasarkanhasilvalidasidarisegimateridanpembelajarandiperolehpersentasesebesar93%dandarivalidasisegipembelajaranberbantuankomputer(PBK)diperolehpersentase854%.Sehinggadapatdisimpulkanbahwamediapembelajarankomputeryangdikembangkanmasukpadakriteriavaliddandapatdigunakandalampembelajaran.Sedangkanhasilujicobaprodukkepadapenggunadiperolehpersentasesebesar855%sehinggadiperolehkesimpulanbahwamediapembelajaranberbantuankomputerinimenarikdanmudahdigunakanbaikdarisegimateriataupunpengoperasianprogram.