Penerapan strategi REACT dengan setting NHT untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-6 SMP Negeri 3 Malang / Salman Sakif
Main Author: | Sakif, Salman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15448/ |
Daftar Isi:
- KatakunciREACTNHThasilbelajar.BerdasarkanhasilwawancaraawaldengansalahsatugurumatematikakelasVII-6SMPNegeri3Malangdiperolehinformasibahwahasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikamasihtergolongrendah.Masihbanyaksiswayangbelummemahamimateridenganbaik.Halinidisebabkansiswatidakmengkonstruksisendirirumus-rumusataupunkonseptentangmateriyangdipelajari.Siswatidakbisamenghubungkanmateriyangdipelajaridenganpenerapannyapadakehidupansehari-hari.Siswajugajarangdiberikesempatanuntukbertukarpendapatdengansiswalainsehinggasiswakurangmampudalammengeluarkangagasanataupendapatnyahaltersebutmenyebabkansiswacenderungpasifsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)dengansettingNHT(NumberedHeadsTogether).Penelitianinimendiskripsikantentanglangkah-langkahpembelajaranstrategiREACTdengansettingNHTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVII-6SMPNegeri3Malang.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2011.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluitestiapakhirsikluscatatanlapangandanlembarobservasigurudansiswa.Penelitianmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyaiturelatingdimanapenelitimengulangmateriprasyaratyangberhubungandenganmaterikelilingdanluassegiempatdanmemotivasisiswadenganmenyampaikanceritatentangkehidupansehari-hariyangdikaitkandenganmateriexperiencingdimanapenelitimemintasiswamelakukankegiatanyangterdapatpadaLKSyangakanmenuntunsiswadalammenemukanrumuskelilingdanluassegiempatapplyingdimanapenelitimemintasiswamengaplikasikanrumusyangdidapatkansetelahmengalamipadatahapexperiencinguntukmengerjakansoalyangberhubungandengankehidupandunianyatacooperatingdimanapenelitimenggunakansettingNHT(denganlangkah-langkahNumberingyaitugurumembagisiswamenjadibeberapakelompokatautimyangberanggotakan3hingga5orangdanmemberimerekanomorsehinggasetiapanggotadalamtimtersebutmemilikinomoryangberbedapengajuanPertanyaan(Questioning)yaitugurumengajukansuatupertanyaankepadasiswaberpikirBersama(HeadsTogether)yaituSiswaberpikirbersamauntukdapatmenggambarkandanmeyakinkanbahwasetiaporangmengetahuijawabantersebutpemberianJawaban(Answering)yaituguruiimenyebutsatunomordansiswadarisetiapkelompokdarinomoryangsamamengangkattangandanmenyiapkanjawabanmerekauntukseluruhkelas)danterakhiryaitutransferringdimanapenelitimemberikanlatihansoaluntukmengujipemahamansiswapadamaterikelilingdanluassegiempat.