Penerapan strategi REACT dengan setting NHT untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-6 SMP Negeri 3 Malang / Salman Sakif

Main Author: Sakif, Salman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15448/
Daftar Isi:
  • KatakunciREACTNHThasilbelajar.BerdasarkanhasilwawancaraawaldengansalahsatugurumatematikakelasVII-6SMPNegeri3Malangdiperolehinformasibahwahasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikamasihtergolongrendah.Masihbanyaksiswayangbelummemahamimateridenganbaik.Halinidisebabkansiswatidakmengkonstruksisendirirumus-rumusataupunkonseptentangmateriyangdipelajari.Siswatidakbisamenghubungkanmateriyangdipelajaridenganpenerapannyapadakehidupansehari-hari.Siswajugajarangdiberikesempatanuntukbertukarpendapatdengansiswalainsehinggasiswakurangmampudalammengeluarkangagasanataupendapatnyahaltersebutmenyebabkansiswacenderungpasifsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahREACT(RelatingExperiencingApplyingCooperatingTransferring)dengansettingNHT(NumberedHeadsTogether).Penelitianinimendiskripsikantentanglangkah-langkahpembelajaranstrategiREACTdengansettingNHTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVII-6SMPNegeri3Malang.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanMaret-April2011.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluitestiapakhirsikluscatatanlapangandanlembarobservasigurudansiswa.Penelitianmenghasilkanlangkah-langkahpembelajaranyaiturelatingdimanapenelitimengulangmateriprasyaratyangberhubungandenganmaterikelilingdanluassegiempatdanmemotivasisiswadenganmenyampaikanceritatentangkehidupansehari-hariyangdikaitkandenganmateriexperiencingdimanapenelitimemintasiswamelakukankegiatanyangterdapatpadaLKSyangakanmenuntunsiswadalammenemukanrumuskelilingdanluassegiempatapplyingdimanapenelitimemintasiswamengaplikasikanrumusyangdidapatkansetelahmengalamipadatahapexperiencinguntukmengerjakansoalyangberhubungandengankehidupandunianyatacooperatingdimanapenelitimenggunakansettingNHT(denganlangkah-langkahNumberingyaitugurumembagisiswamenjadibeberapakelompokatautimyangberanggotakan3hingga5orangdanmemberimerekanomorsehinggasetiapanggotadalamtimtersebutmemilikinomoryangberbedapengajuanPertanyaan(Questioning)yaitugurumengajukansuatupertanyaankepadasiswaberpikirBersama(HeadsTogether)yaituSiswaberpikirbersamauntukdapatmenggambarkandanmeyakinkanbahwasetiaporangmengetahuijawabantersebutpemberianJawaban(Answering)yaituguruiimenyebutsatunomordansiswadarisetiapkelompokdarinomoryangsamamengangkattangandanmenyiapkanjawabanmerekauntukseluruhkelas)danterakhiryaitutransferringdimanapenelitimemberikanlatihansoaluntukmengujipemahamansiswapadamaterikelilingdanluassegiempat.