Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang / Wulan Silviani

Main Author: Silviani, Wulan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15445/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilpengamatandandialogdengangurumatematikaSMPNegeri7Malangdiperolehinformasibahwasebagianbesarsiswakurangtermotivasidalammengikutipelajaranmatematikadikelas.Banyaksiswayangkurangbersemangatketikapelajaranberlangsungkemauanuntukberusahadanbertanyabilaadatugasmaupunsoalyangsulitjugakurangbanyaksiswayangmerasabahwamatematikamerupakanpelajaranyangsulitdanberhubungandenganbanyakrumussehinggasulituntukdimengerti.Halinidikarenakankecenderungangurumenyajikanmaterisecarafinalsehinggasiswatidakterlibataktifdalammengkonstruksipengetahuan.DaribeberapapermasalahantersebutmakadalampenelitianiniditerapkanmodelQuantumTeachingdenganharapandapatmenjadikanbelajarmatematikalebihbermaknadanmenyenangkan.Sehinggadapatmembuatsiswatermotivasiuntukterlibatsecaraaktifselamaprosespembelajaranmatematikadikelasdenganinteraksiantaragurudansiswaterjalindenganbaik.Penelitianinimendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranQuantumTeachinguntukmelihatmotivasidanaktivitasbelajarmatematikasiswa.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIIByangterdiridari43siswa.Desainpenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.PenelitianinidilakukanpadabulanMei2011.Datayangdiambiladalahdatamotivasibelajaryangdiperolehmelaluiangket/kuisionerdandataaktivitasbelajarmelaluiobservasiselamapenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelQuantumTeachingdapatmeningkatkanmotivasidanaktivitasbelajarmatematikasiswa.Peningkataniniditunjukkandaridatahasilangketmotivasisiswasebelumdansetelahdiberitindakan.Skorrata-ratamotivasiawalsiswasebelumdiberitindakansebesar288dansetelahdiberitindakanpadasiklusI348siklusII374.PersentaseaktivitasbelajarsiswapadasiklusIsebesar6328%dansiklusII8203%.DengandemikianpembelajaranQuantumTeachingdapatdikembangkandalampembelajaranmatematika.