Penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang / Wulan Silviani
Main Author: | Silviani, Wulan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15445/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilpengamatandandialogdengangurumatematikaSMPNegeri7Malangdiperolehinformasibahwasebagianbesarsiswakurangtermotivasidalammengikutipelajaranmatematikadikelas.Banyaksiswayangkurangbersemangatketikapelajaranberlangsungkemauanuntukberusahadanbertanyabilaadatugasmaupunsoalyangsulitjugakurangbanyaksiswayangmerasabahwamatematikamerupakanpelajaranyangsulitdanberhubungandenganbanyakrumussehinggasulituntukdimengerti.Halinidikarenakankecenderungangurumenyajikanmaterisecarafinalsehinggasiswatidakterlibataktifdalammengkonstruksipengetahuan.DaribeberapapermasalahantersebutmakadalampenelitianiniditerapkanmodelQuantumTeachingdenganharapandapatmenjadikanbelajarmatematikalebihbermaknadanmenyenangkan.Sehinggadapatmembuatsiswatermotivasiuntukterlibatsecaraaktifselamaprosespembelajaranmatematikadikelasdenganinteraksiantaragurudansiswaterjalindenganbaik.Penelitianinimendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranQuantumTeachinguntukmelihatmotivasidanaktivitasbelajarmatematikasiswa.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIIByangterdiridari43siswa.Desainpenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdankuantitatif.PenelitianinidilakukanpadabulanMei2011.Datayangdiambiladalahdatamotivasibelajaryangdiperolehmelaluiangket/kuisionerdandataaktivitasbelajarmelaluiobservasiselamapenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelQuantumTeachingdapatmeningkatkanmotivasidanaktivitasbelajarmatematikasiswa.Peningkataniniditunjukkandaridatahasilangketmotivasisiswasebelumdansetelahdiberitindakan.Skorrata-ratamotivasiawalsiswasebelumdiberitindakansebesar288dansetelahdiberitindakanpadasiklusI348siklusII374.PersentaseaktivitasbelajarsiswapadasiklusIsebesar6328%dansiklusII8203%.DengandemikianpembelajaranQuantumTeachingdapatdikembangkandalampembelajaranmatematika.