Pengembangan modul pembelajaran SPLDV beracuan pada standar proses sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Ika Yunita
Main Author: | Yunita, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15442/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodulalternatifpembelajaranmatematikastandarprosesSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV).Setiapsiswamemilikikecepatanbelajaryangberbeda-beda.Adasiswayangkecepatanbelajarnyatingginamunadajugasiswayangkecepatanbelajarnyarendah.Pembelajarandenganmodulmerupakansuatualternatifpembelajaranyangmenjadisolusiuntukpermasalahanini.BerdasarkankenyataandilapanganmasihbanyaksiswayangkesulitandalammenyelesaikanmasalahyangberkaitandenganSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV)karenabelummemahamikonsepnya.OlehkarenaitupenulisterdoronguntukmengembangkanmodulSPLDVKegiatanpengembanganyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkansuatumodulpembelajaranSPLDVyangberacuanpadastandarproses(PermendiknasNomor41Tahun2007tentangStandarProsesuntukSatuanPendidikanDasardanMenengah).Modulyangberacuanpadastandarprosesadalahmodulyangmemuatproseseksplorasielaborasidankonfirmasi.Padaproseseksplorasisiswadilibatkansecaraaktifdalammencariinformasiyangluasuntukmemahamimateriyangdipelajari.Padaproseselaborasisiswadiberikesempatanuntukberpikirmenganalisisdanmenyelesaikanmasalahsecaraindividu.Padaproseskonfirmasisiswadiberikankegiatanmengecekkebenaranhasilyangdiperolehpadaproseseksplorasiatauelaborasi.Modulyangdikembangkantelahmelaluiduatahapujicoba.SubjekujicobatahapIyaituduadosenmatematikadansatugurumatematika.SubjekujicobatahapIIyaituenamsiswakelasVIII.HasilujicobatahapIatauvalidasiisimenyatakanbahwasemuakomponenmodulyangmeliputiaspekkelayakanisistandarprosesketerbacaansajiandantampilantelahvalid.HasilujicobatahapIIatauvalidasiempirikmenyatakanbahwamodulyangdikembangkansudahsesuaidanbagus.Disarankanmodulinidapatdigunakanolehgurusebagaialternatifsumberbelajar.Untukpengembanganlebihlanjutdisarankanuntukmengujicobakanhasilpengembanganpadakelompoksedangdanbesar.