Pengembangan modul pembelajaran SPLDV beracuan pada standar proses sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII / Ika Yunita

Main Author: Yunita, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15442/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodulalternatifpembelajaranmatematikastandarprosesSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV).Setiapsiswamemilikikecepatanbelajaryangberbeda-beda.Adasiswayangkecepatanbelajarnyatingginamunadajugasiswayangkecepatanbelajarnyarendah.Pembelajarandenganmodulmerupakansuatualternatifpembelajaranyangmenjadisolusiuntukpermasalahanini.BerdasarkankenyataandilapanganmasihbanyaksiswayangkesulitandalammenyelesaikanmasalahyangberkaitandenganSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV)karenabelummemahamikonsepnya.OlehkarenaitupenulisterdoronguntukmengembangkanmodulSPLDVKegiatanpengembanganyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkansuatumodulpembelajaranSPLDVyangberacuanpadastandarproses(PermendiknasNomor41Tahun2007tentangStandarProsesuntukSatuanPendidikanDasardanMenengah).Modulyangberacuanpadastandarprosesadalahmodulyangmemuatproseseksplorasielaborasidankonfirmasi.Padaproseseksplorasisiswadilibatkansecaraaktifdalammencariinformasiyangluasuntukmemahamimateriyangdipelajari.Padaproseselaborasisiswadiberikesempatanuntukberpikirmenganalisisdanmenyelesaikanmasalahsecaraindividu.Padaproseskonfirmasisiswadiberikankegiatanmengecekkebenaranhasilyangdiperolehpadaproseseksplorasiatauelaborasi.Modulyangdikembangkantelahmelaluiduatahapujicoba.SubjekujicobatahapIyaituduadosenmatematikadansatugurumatematika.SubjekujicobatahapIIyaituenamsiswakelasVIII.HasilujicobatahapIatauvalidasiisimenyatakanbahwasemuakomponenmodulyangmeliputiaspekkelayakanisistandarprosesketerbacaansajiandantampilantelahvalid.HasilujicobatahapIIatauvalidasiempirikmenyatakanbahwamodulyangdikembangkansudahsesuaidanbagus.Disarankanmodulinidapatdigunakanolehgurusebagaialternatifsumberbelajar.Untukpengembanganlebihlanjutdisarankanuntukmengujicobakanhasilpengembanganpadakelompoksedangdanbesar.