Diagnosis kesulitan belajar dan pengajaran remidinya materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang / Aziza Nurmavia
Main Author: | Nurmavia, Aziza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15439/ |
Daftar Isi:
- KataKuncidiagnosiskesulitanbelajarpengajaranremidibangunruangsisidatar.Diagnosiskesulitanbelajarmerupakansuatuusahauntukmenemukandanmenentukanfaktor-faktorpenghambatyangdialamiolehsiswadalammencapaituju-anbelajaratauhasilbelajar.Siswamengalamikesulitandalambelajargeometrimu-laitingkatdasarsampaiperguruantinggi.Materiyangdipilihdalampenelitianiniadalahbangunruangsisidatar.Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasikesulitanyangdialamisiswadalammempelajaribangunruangsisidatardanmendeskripsikanpengajaranremidiyangtepatuntukmengatasikesulitanyangdialamisiswadalammempelajaribangunruangsisidatar.Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifdenganmenggunakanpende-katankualitatif.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-CSMPN4Kepanjentahunajaran2010-2011sebanyak33siswa.Langkah-langkahyangdilaku-kanpadapenelitianiniyaitu(1)melakukanobservasiprosespembelajaran(2)memberikantesdiagnostik(3)menganalisahasiltesdiagnostik(4)menentukansubyekpenelitian(5)mewawancarisubyekpenelitian(5)melaksanakanpengajaranremedi(6)melaksanakantesakhirdan(7)melakukananalisisdata.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakesulitanyangdialamisiswadalammempelajarimateribangunruangsisidataradalah(1)kesulitanmemahamikonsepdefinisipadabangunruangsisidatar(2)kesulitanmemahamidanmenggunakanprinsippenulisantitiksudutbidangsisidiagonalsisidiagonalruangdanbidangdiagonalpadabangunruangsisidatar(3)kesulitanmemahamidanmenggunakanprinsipmenggambarbangunruangsisidatardanjugajaring-jaringnya(4)kesulitanmemahamidanmenggunakanprinsipmenamaibangunruangsisidatar(5)kesulitanmemahamidanmenggunakankonsepdalammenentukanbagian-bagianpadabangunruangsisidatar(6)kesulitanmemahamidanmenggunakankonsepperbandinganan-taravolumedanluaspermukaanpadabangunruangsisidatar(7)kesulitanmema-hamikonsepprasyaratmateribangunruangsisidatar(8)kesulitandalammenyusunlangkah-langkahyangsistematisdan(9)kesulitandalammenginterpretasibahasa.Pengajaranremididalampenelitianinidilakukansecaraklasikal.Adapunlangkah-langkahnyaadalahsebagaiberikut(1)membahassoaltesdiagnostik(2)memberipenguatanpadasiswatentangmateribangunruangsisidatar(3)memberilatihansoaldanlembarkerjayangdidiskusikanberkelompok(4)memberikanbimbinganindividualkepadasubyekpenelitian.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarpengajaranremidiyangdilakukanhendaknyadirencanakansebaikmungkinagardapatmengatasikesulitansiswa.Apabilaterdapatsiswayangtelahmemenuhinilaistandardapatdiikutkanpadaprosesremidikarenadapatmembantumenuntaskansiswalaindengancarakooperatif.