Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay stray (TSTS) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segitiga di SMP Negeri 4 pare / Rizqi Andrianata
Main Author: | Andrianata, Rizqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15434/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajaranTwoStayTwoStraysegitigaprestasibelajar.TeknikTwoStayTwoStray(TSTS)yaitusuatuteknikyangmemberikesempatankepadakelompokuntukmembagihasildaninformasidengankelompoklain.StrukturTwoStayTwoStray(TSTS)yaitudalamsatukelompokterdiridariempatsiswayangnantinyaduasiswabertugassebagaipemberiinformasibagitamunyadanduasiswalagibertamukekelompokyanglainsecaraterpisah.Siswatidakhanyadapatbekerjasamadengananggotanyadalamsatukelompoksajatetapiduaatautigaoranganggotadapatbertamukekelompoklainuntuksalingberbagihasiljawabanatauinformasi.Dengandemikiananggotayangmenemuikesulitanyangtidakdapatdipecahkanolehanggotadalamsuatukelompokmakadapatmemecahkankesulitanitudengancarabertamukekelompoklain.Setelahitutamukembalikekelompokmasing-masing.Kemudiandalambelajarkelompoktersebutsiswasalingmembantusampaisemuaanggotakelompokmemahamidaritugasyangdiberikanolehgurukarenapadaakhirnyanantiakandiadakantesindividu.HasilobservasiawalyangdilakukanbahwadikelasVII-BSMPNegeri4Paremenunjukanbahwahasilbelajarmatematikasiswamasihdibawahstandarketuntasanbelajarminimalyaitukurangdari67.Siswabanyakmengalamikesulitandalammaterisegitigayaitumenentukantinggisegitigasehinggasulitmenghitungluasnyadanmenganggapalassegitigaadalahsisiyangberadadibawah.BerdasarkankenyataantersebutperluditerapkanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswayaitumetodepembelajaranTwoStayTwoStray.PenelitianinidilaksanakandengansubjekpenelitiansiswakelasVII-BSMPNegeri4Pare.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanpembelajaranTSTSyangdapatmeningkatkanprestasibelajarpadamaterisegitigadiSMPNegeri4Pare.UntukmenentukanadatidaknyapeningkatanprestasibelajarsiswapadasetiapsiklusskortesdarisetiapsiklusdibandingkandenganStandarKetuntasanBelajarMinimal(SKBM)perseorangandanklasikal.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmelaluiTSTSdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Prestasibelajarsiswadiukurdenganskorrata-ratadanpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikaldaridataawalsiklusIdansiklusII.Skorrata-ratadiperolehhasil60.7569.05dan75.5danpresentaseketuntasanbelajarklasikaldiperolehhasil25%60%dan925%.PadaakhirsiklusIIterdapat3orangsiswayangbelumtuntasdalambelajaryaituskorteskurangdari67sehinggaperludiberikanpembelajaranremidi.