Penerapan pendekatan problem posing untuk memahamkan siswa tentang segiempat di kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Dian Rani Angguningtyas
Main Author: | Angguningtyas, Dian Rani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15432/ |
Daftar Isi:
- KataKunciproblemposingpemahamansegiempatBerdasarkanhasilpembicaraaninformalantarapenelitidengansalahsatugurumatematikaSMPN1SingosariyaituBapakAkhmadFauziyangdilakukanpadatanggal5Februari2011diperolehinformasibahwapembelajarandenganproblemposingbelumpernahditerapkanpadapembelajaranmatematikadiSMPN1Singosari.Diperolehjugainformasibahwasiswamengalamikesulitandalammemahamikonsepbangunsegiempat.Kesulitantersebutsebagaiberikut(1)siswasulitmenjelaskandefinisikonsepsegiempatyaituadasiswayangmenyatakanbahwapersegipanjangadalahsegiempatyangmempunyaiduapasangsisiyangsamapanjangdansepasangsisinyalebihpanjangdarisepasangsisiyanglain(2)siswacenderungmenghapaldefinisidansifat-sifatsegiempatdaribukuataudaripenjelasanguru(3)pembelajarancenderunghanyabertujuanuntukmenentukanluasdaerahdankelilingsegiempatdanterlebihdahulugurumemberidefinisidarisegiempatyaitudenganmemberikantabelyangberisidefinisisifat-sifatsertarumusuntukmencarikelilingdanluasdaerahsegiempat.PenelitianinidilaksanakandikelasVII-HSMPN1Singosaridengantujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahproblemposingyangdapatmemahamkansiswatentangsegiempatdikelastersebut.PenelitianinimenggunakanpendekatanPTK(PenelitianTindakanKelas).Datadiperolehdarihasilpekerjaansiswadalammengerjakanlembarkerjasiswahasilpekerjaansiswadalammengerjakanteskemampuanawaldanevaluasihasilwawancarahasilobservasiaktivitasgurudansiswadancatatanlapangan.Datatersebutdianalisisselanjutnyadibahasdanpadaakhirnyaditariksuatukesimpulan.Hasilpenelitianyangdiperolehdaripelaksanaanproblemposingselamalimapertemuanadalahsiswamenjadipahamtentangsegiempat.HaliniterlihatdaritidakadasiswayangmengalamisalahkonseptentangsegiempatdansemuasiswatelahmencapaiKKMuntukmaterisegiempat.Dalampenelitianiniyangharusdiperhatikanadalahagargurumengaturwaktusecermatmungkinguruharusmengarahkansemuakelompokdanguruharusmengoreksidanmembetulkansoalyangdibuatsiswa.