Penerapan pendekatan problem posing untuk memahamkan siswa tentang segiempat di kelas VII-H SMPN 1 Singosari / Dian Rani Angguningtyas

Main Author: Angguningtyas, Dian Rani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15432/
Daftar Isi:
  • KataKunciproblemposingpemahamansegiempatBerdasarkanhasilpembicaraaninformalantarapenelitidengansalahsatugurumatematikaSMPN1SingosariyaituBapakAkhmadFauziyangdilakukanpadatanggal5Februari2011diperolehinformasibahwapembelajarandenganproblemposingbelumpernahditerapkanpadapembelajaranmatematikadiSMPN1Singosari.Diperolehjugainformasibahwasiswamengalamikesulitandalammemahamikonsepbangunsegiempat.Kesulitantersebutsebagaiberikut(1)siswasulitmenjelaskandefinisikonsepsegiempatyaituadasiswayangmenyatakanbahwapersegipanjangadalahsegiempatyangmempunyaiduapasangsisiyangsamapanjangdansepasangsisinyalebihpanjangdarisepasangsisiyanglain(2)siswacenderungmenghapaldefinisidansifat-sifatsegiempatdaribukuataudaripenjelasanguru(3)pembelajarancenderunghanyabertujuanuntukmenentukanluasdaerahdankelilingsegiempatdanterlebihdahulugurumemberidefinisidarisegiempatyaitudenganmemberikantabelyangberisidefinisisifat-sifatsertarumusuntukmencarikelilingdanluasdaerahsegiempat.PenelitianinidilaksanakandikelasVII-HSMPN1Singosaridengantujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahproblemposingyangdapatmemahamkansiswatentangsegiempatdikelastersebut.PenelitianinimenggunakanpendekatanPTK(PenelitianTindakanKelas).Datadiperolehdarihasilpekerjaansiswadalammengerjakanlembarkerjasiswahasilpekerjaansiswadalammengerjakanteskemampuanawaldanevaluasihasilwawancarahasilobservasiaktivitasgurudansiswadancatatanlapangan.Datatersebutdianalisisselanjutnyadibahasdanpadaakhirnyaditariksuatukesimpulan.Hasilpenelitianyangdiperolehdaripelaksanaanproblemposingselamalimapertemuanadalahsiswamenjadipahamtentangsegiempat.HaliniterlihatdaritidakadasiswayangmengalamisalahkonseptentangsegiempatdansemuasiswatelahmencapaiKKMuntukmaterisegiempat.Dalampenelitianiniyangharusdiperhatikanadalahagargurumengaturwaktusecermatmungkinguruharusmengarahkansemuakelompokdanguruharusmengoreksidanmembetulkansoalyangdibuatsiswa.