Implementasi pembelajaran problem posing tipe within solution posing untuk meningkatkan kektifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading / Mariana
Main Author: | Mariana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15429/ |
Daftar Isi:
- Katakunciproblemposingtipewithinsolutionposingpersamaangarisluruskeaktifanbelajarmatematika.BerdasarkanhasilobservasidiSMPNegeri1Ampelgadingmenunjukkanbahwasiswa-siswaSMPNegeri1Ampelgadingkurangaktifdalambelajarmatematikasiswacenderunglebihpasifsehinggaterkesanhanyaguruyangberperanaktifdalambelajar.Aktivitassiswakurangdidayagunakansehinggasiswahanyadatangdudukdanmendengarkan.Pembelajaranmatematikayangditerapkanmasihbersifatkonvensionalsiswamasihsepenuhnyatergantungpadaperangurusehinggasiswanampakpasifkarenamerekatidakterlibatlangsungdalamaktivitasbelajar.KetidakaktifansiswadapatdisebabkankarenametodepembelajaranyangkurangtepatsehinggaperluditerapkanpembelajaranyangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswadiSMPNegeri1Ampelgading.MelaluipembelajaranProblemPosingTipeWithinSolutionPosingpenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswapadamateriPersamaanGarisLurusdikelasVIIISMPNegeri1Ampegading.PenelitianTindakanKelasinidilakukandiSMPNegeri1Ampelgadingtahunajaran2010/2011dandilaksanakanpadabulanNovember2010danberlangsungdalamduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapyaitu(1)tahapperencanaan(2)tahaptindakan(3)tahapobservasidan(4)tahaprefleksi.BerdasarkantemuanpenelitiandapatdiketahuibahwakeaktifanbelajarsiswapadasiklusIbelummemenuhikriteriayangditetapkanpenelitiyaitu80%daribanyaknyasiswa.PadasiklusIinipersentasebanyaksiswayangaktifadalah6177%padapertemuanke-1dan6944%padapertemuanke-2.SetelahdiadakanperbaikanpembelajaranpadasiklusIIpersentasebanyaksiswayangaktifadalah8286%berartikeaktifanbelajarsiswameningkat.DaritemuanpenelitiandisimpulkanbahwapembelajaranProblemPosingTipeWithinSolutionPosingdapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswakelasVIIISMPNegeri1Ampelgading.