Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan prestasi belajar sistem persamaan liner dua variabel siswa kelas VIII-G SMPN 12 Malang 2010/2011 / Moh. Noval
Main Author: | Noval, Moh. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15419/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeNHT(NumberedHeadsTogether)PrestasiBelajar.BerdasarkanobservasiawalmelaluiwawancaradengangurumatapelajaranMatematikakelasVIII-GSMPN12MalangdiperolehinformasibahwahasilbelajarsebagianbesarsiswapadamatapelajaranMatematikamasihtergolongrendah.ProsespembelajaranMatematikadiSMPN12Malangseringmenggunakanmetodeceramahdanpengerjaansoalsecaraindividu(pemberiantugas)sehinggasiswakurangminattehadappelajaranMatematika.HaltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwamasihbanyaknilaiteshasilbelajarsiswayangbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkandiSMPN12Malang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosespenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherpadaSistemPersamaanLinierDuaVariabelkelasVIII-GSMPN12Malangsehinggamampumeningkatkanprestasibelajarpadasiswa.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanNovember2010.DatapenelitianberupaketerlaksanaanNHTolehgurudansiswamelaluilembarketerlaksanaanNHTolehgurudansiswadandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeNHT(NumberedHeadsTogether)dapatmeningkatkanprestasibelajarpadabahasanSistemPersamaanLinierDuaVariabelsiswakelasVIII-GSMPN12Malang.HaltersebutdidukungolehhasilbelajarpadasiklusIyaituskorrata-ratakelassebesar5694denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebasar6153%danketerlaksanaanNHTolehgurudansiswadalamkategorosangatbaiksedangkanpadasiklusIIskorrata-ratakelas6964denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar6667%danketerlaksanaanNHTolehgurudansiswadalamkategorisangatbaik.