Pengembangan media interaktif berbantuan komputer pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Mayang Dintarini

Main Author: Dintarini, Mayang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15415/
Daftar Isi:
  • KataKunciprosedurpenyelesaianyangbiasadikatakancaracepatseringkalidilewatkanolehguru.OlehkarenaitudikembangkanlahmediainteraktifberbantuankomputerpadamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabeluntuksiswakelasVII.DidalamnyaterdapatpenjelasanmengenaipengertiankalimatterbukaperngertianPLSVdanPtLSVcaramenyelesaikanPLSVdanPtLSVlatihansoaldanevaluasi.Mediainidikembangkandengan10tahapyaitu(1)menentukankebutuhandantujuanpengembanganprogram(2)mengumpulkanreferensi(3)mempelajariisi(4)membangkitkanide(5)merancangpembelajaran(6)membuatdiagramalirprogram(7)membuatstoryboardprogram(8)membuatprogrammediainteraktif(9)membuatbahanpendukungdan(10)evaluasidanrevisiprogram.Darihasilanalisisdatavalidasidanujicobadiperolehangka794%untukkevalidandarisegimateri809%untukkevalidandarisegiPBKdan859%untukkevalidandarisegipengguna.SehinggaberdasarkandatayangdiperolehitumediainteraktifberbantuankomputerpadamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabeluntukkelasVIIdikatakanvaliddandapatdigunakandalampembelajaransiswaataupengguna.Mediainteraktifkomputerpersamaanliniersatuvariabeldanpertidaksamaanliniersatuvariabel.BerdasarkanwawancarasecarainformaldenganseorangguruSMPpadadasarnyahampirsemuamaterimatematikamenjadimasalahbagisebagianbesarsiswadisekolahtermasukdidalamnyamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabel(PLSVdanPtLSV).Siswaperluwaktulebihuntukmemahamimateriinidikarenakanmateriinibarudiajarkankepadasiswadisekolahmenengahpertama.KebanyakangurudisekolahjugahanyamenerangkanbagaimanamenyelesaikanPLSVdanPtLSVsecaraprosedursedangkanpersamaan-persamaanyangekuivalensebagaimateriyangmendasariadanya