Pengembangan media interaktif berbantuan komputer pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Mayang Dintarini
Main Author: | Dintarini, Mayang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15415/ |
Daftar Isi:
- KataKunciprosedurpenyelesaianyangbiasadikatakancaracepatseringkalidilewatkanolehguru.OlehkarenaitudikembangkanlahmediainteraktifberbantuankomputerpadamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabeluntuksiswakelasVII.DidalamnyaterdapatpenjelasanmengenaipengertiankalimatterbukaperngertianPLSVdanPtLSVcaramenyelesaikanPLSVdanPtLSVlatihansoaldanevaluasi.Mediainidikembangkandengan10tahapyaitu(1)menentukankebutuhandantujuanpengembanganprogram(2)mengumpulkanreferensi(3)mempelajariisi(4)membangkitkanide(5)merancangpembelajaran(6)membuatdiagramalirprogram(7)membuatstoryboardprogram(8)membuatprogrammediainteraktif(9)membuatbahanpendukungdan(10)evaluasidanrevisiprogram.Darihasilanalisisdatavalidasidanujicobadiperolehangka794%untukkevalidandarisegimateri809%untukkevalidandarisegiPBKdan859%untukkevalidandarisegipengguna.SehinggaberdasarkandatayangdiperolehitumediainteraktifberbantuankomputerpadamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabeluntukkelasVIIdikatakanvaliddandapatdigunakandalampembelajaransiswaataupengguna.Mediainteraktifkomputerpersamaanliniersatuvariabeldanpertidaksamaanliniersatuvariabel.BerdasarkanwawancarasecarainformaldenganseorangguruSMPpadadasarnyahampirsemuamaterimatematikamenjadimasalahbagisebagianbesarsiswadisekolahtermasukdidalamnyamateripersamaandanpertidaksamaanliniersatuvariabel(PLSVdanPtLSV).Siswaperluwaktulebihuntukmemahamimateriinidikarenakanmateriinibarudiajarkankepadasiswadisekolahmenengahpertama.KebanyakangurudisekolahjugahanyamenerangkanbagaimanamenyelesaikanPLSVdanPtLSVsecaraprosedursedangkanpersamaan-persamaanyangekuivalensebagaimateriyangmendasariadanya