Pembelajaran persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan motivasi, hasil belajar dan aspek kooperatif siswa kelas VII-A SMP Negeri 24 Malang / Intan Nurcahayani
Main Author: | Nurcahayani, Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15411/ |
Daftar Isi:
- KataKunciThinkPairShareMotivasiHasilBelajarAspekKooperatifBerdasarkanhasilwawancaradengangurubidangstudiMatematikaSMPN24Malangdiperolehinformasibahwamotivasihasilbelajardanaspekkoperatifsebagianbesarsiswamasihrendah.ProsespembelajaranMatematikadiSMPN24Malangbelumterpusatpadasiswa(Studentcentered).HalitukarenakelasmasihmenggunakanmetodeceramahtanyajawabataumembahasLembarKerjaSiswa(LKS)sehinggasiswatidakterlaluaktifdalampembelajarandankurangmenimbulkanmotivasidalamdirisiswauntukbelajarMatematikaa.Haltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwaketuntasanbelajarsiswahanyamencapai(6765%)sehinggaketuntasanbelajarsecaraklasikal(85%)belumbisadicapai.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasihasilbelajardanaspekkooperatifsiswa.StrategipembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS).Pembelajaraninimemilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisitmemberikansiswawaktulebihbanyakuntukberpikirmenjawabdansalingmembantusamalain.Saatpertanyaandiajukankeseluruhsiswasetiapsiswamemilikikesempatanyangsamauntukmemikirkanjawabandaripertanyaansebelumdilaporkankepadakelompoknya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasihasilbelajardanaspekkooperatifMatematikasiswakelasVII-ASMPN24MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal4Nopember2010sampaidengantanggal16Nopember2010.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiandanangketyangdiberikanpadasetiapakhirsiklusdatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitugasindividupadasetiappertemuandantespadasetiapakhirsiklussedangkanaspekkoperatifsiswadiperolehdaripengamatanolehkeduaobserverdannilaitugaskelompokdisetiappertemuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswamengalamipeningkatansebesar10%.Hasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatanreratasebesar11denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipeningkatansebesar11%aspekafektifsebesar16%danaspekpsikomotoriksebesar17%.Sedangkanaspekkooperatifmengalamipeningkatansebesar17%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanmotivasihasilbelajardanaspekkooperatifMatematikasiswakelasVII-ASMPN24MalangsehinggadapatdisarankankepadaguruuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPSpadapokokbahasanyanglain(selainpersamaanlinearsatuvariabel).GurudapatmenciptakansuatuvariasipembelajaransepertimenggabungkanpembelajarankooperatifmodelTPSataupembelajarankooperatifyanglaindengankegiatanpermainandanpenggunaanmediavisualuntukmenghindariperasaanbosanpadasiswa.Gurudisarankanlebihbanyakmemberikanreinforcementsehinggasiswaakanlebihtermotivasidalammengikutiprosespembelajaran.