Pembelajaran persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan motivasi, hasil belajar dan aspek kooperatif siswa kelas VII-A SMP Negeri 24 Malang / Intan Nurcahayani

Main Author: Nurcahayani, Intan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15411/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkPairShareMotivasiHasilBelajarAspekKooperatifBerdasarkanhasilwawancaradengangurubidangstudiMatematikaSMPN24Malangdiperolehinformasibahwamotivasihasilbelajardanaspekkoperatifsebagianbesarsiswamasihrendah.ProsespembelajaranMatematikadiSMPN24Malangbelumterpusatpadasiswa(Studentcentered).HalitukarenakelasmasihmenggunakanmetodeceramahtanyajawabataumembahasLembarKerjaSiswa(LKS)sehinggasiswatidakterlaluaktifdalampembelajarandankurangmenimbulkanmotivasidalamdirisiswauntukbelajarMatematikaa.Haltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanbahwaketuntasanbelajarsiswahanyamencapai(6765%)sehinggaketuntasanbelajarsecaraklasikal(85%)belumbisadicapai.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasihasilbelajardanaspekkooperatifsiswa.StrategipembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS).Pembelajaraninimemilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisitmemberikansiswawaktulebihbanyakuntukberpikirmenjawabdansalingmembantusamalain.Saatpertanyaandiajukankeseluruhsiswasetiapsiswamemilikikesempatanyangsamauntukmemikirkanjawabandaripertanyaansebelumdilaporkankepadakelompoknya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasihasilbelajardanaspekkooperatifMatematikasiswakelasVII-ASMPN24MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal4Nopember2010sampaidengantanggal16Nopember2010.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiandanangketyangdiberikanpadasetiapakhirsiklusdatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitugasindividupadasetiappertemuandantespadasetiapakhirsiklussedangkanaspekkoperatifsiswadiperolehdaripengamatanolehkeduaobserverdannilaitugaskelompokdisetiappertemuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswamengalamipeningkatansebesar10%.Hasilbelajarsiswamenunjukkanpeningkatanreratasebesar11denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipeningkatansebesar11%aspekafektifsebesar16%danaspekpsikomotoriksebesar17%.Sedangkanaspekkooperatifmengalamipeningkatansebesar17%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanmotivasihasilbelajardanaspekkooperatifMatematikasiswakelasVII-ASMPN24MalangsehinggadapatdisarankankepadaguruuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTPSpadapokokbahasanyanglain(selainpersamaanlinearsatuvariabel).GurudapatmenciptakansuatuvariasipembelajaransepertimenggabungkanpembelajarankooperatifmodelTPSataupembelajarankooperatifyanglaindengankegiatanpermainandanpenggunaanmediavisualuntukmenghindariperasaanbosanpadasiswa.Gurudisarankanlebihbanyakmemberikanreinforcementsehinggasiswaakanlebihtermotivasidalammengikutiprosespembelajaran.