Memahamkan konsep sudut pada lingkaran dengan menggunakan media manipulatif dalam pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIII-A SMPN 1 Ringinrejo Kediri / Tsania Hidayatur Rohmah
Main Author: | Rohmah, Tsania Hidayatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15405/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMediamanipulatifpembelajarankooperatifpemahamansiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurupadatanggal4Desember2010analisishasilraportsemesterIdanhasilpengamatankelasdiSMPNegeri1Ringinrejopadatanggal7Januari2011diketahuibahwapemahamansiswakelasVIII-Alebihrendahdibandingkandengankelaslain.Pembelajaranyangdilakukanguruadalahdenganmetodeceramahdanpemberiantugaspadasiswamelaluibukupaket.Padaakhirpembelajarandiperolehnilaisiswayangkurangmemuaskankarenasiswakurangmemperhatikanpenjelasangurudanmerekalebihtertarikuntukberbicaradengantemansebangku.Berdasarkanpermasalahaninipenelitimelakukanupayaperbaikandenganmenerapkansuatupembelajaranyangtelahdisepakatibersamadenganguruberpengalamanyaitupembelajarankooperatifdenganmenggunakanmediamanipulatif.Pembelajarankooperatifadalahtipepembelajaranyangmembagikelaskedalamkelompokkecilberanggotakan4-5siswaheterogensecarakemampuanakademikdanjeniskelamin.Tujuanutamapembelajarankooperatifdenganmenggunakanmediamanipulatifadalahmemberikankesempatanlebihkepadasiswauntukaktifmembangunpengetahuanmatematikasecarabermaknadengancarabekerjasamamemanipulasikanmediakonkret.Adaduakeuntunganyangdapatdiperolehdaripembelajarankooperatifdenganmenggunakanmediamanipulatif.Pertamasiswamenumbuhkanpemahamanmerekaterhadapmaterisecarabermaknakarenamenemukansendirikonsepnya.Keduasiswabelajardalamlingkungankehidupansosialdengansalingmembantutemankelompokyanglainketikamemahamikonsep.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakan.SubjekpembelajaranadalahkelasVIII-A.Penelitiandiadakanpadatanggal28Januari2011sampai28Februari2011.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifkualitatif.Analisisdatadiperolehdarihasildokumennilaisiswapadasemestersebelumnyahasilpengamatandanhasilevaluasisiswa.Tujuanpenelitianiniadalah1)mendeskripsikanbagaimanakahlangkah-langkahpembelajarandenganmenggunakanmediamanipulatifdalamkonteksbelajarkooperatifuntukmemahamkankonsepsudutpadalingkaranpadasiswakelasVIII-ASMPNegeri1RinginrejoKabupatenKediritahunajaran2010/20112)mendeskripsikanbagaimanakahpemahamansiswakelasVIII-ASMPNegeri1RinginrejoKabupatenKedirisetelahditerapkannyapembelajarankooperatifdenganmenggunakanmediamanipulatif.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapadasiklusIrata-ratakelassebesar73.33333untuksiklusIIsebesar74.15789danuntuksiklusIIIsebesar75.40936.Meskipunhasilrata-ratatiapsiklusdiatasKKMternyatapadasiklusIsiswabelumdikatakanmemilikipemahamanyangdiharapkandanpembelajaranbelumdikatakanberhasilkarenaketuntasanklasikalbelummencapaisekurang-kurangnya80%darikeseluruhansiswa.DiadakannyasiklusIIadalahsebagaiupayaperbaikandarisiklusI.PadasiklusIIdiperolehketuntasanklasikallebihdari80%darikeseluruhansiswasehinggadiakatakanpembelajarantelahberhasilmemahamkansiswa.SelanjutnyadiadakansiklusIIIuntukmemberikanmaterikelanjutandarisiklusIatauIItentangsudut-sudutpadalingkaran.HasilsiklusIIItelahmencapaiindikatorkeberhasilantindakan.Berdasarhasilpenemuanpadapenelitianinibeberapasaranditujukanuntukmeningkatkanpembelajaransebagaiberikut(1)menggunakanmediamanipulatifdalampengaturanpembelajarankooperatifsebagaialternatifpembelajaranuntukmemahamkankonseppadasiswa(2)menggunakanwaktusecaraefektifdanhati-hatikarenapadasaatdiskusikelompokmembutuhkanwaktuyangsangatlama(3)mempersiapkanlembarkerjasecararincisehinggamampumembimbingsiswadalammenemukankonsep.