Identifikasi kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII semester I dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan persamaan garis lurus di SMPN 24 Malang / Intan Dwi Hastuti

Main Author: Hastuti, Intan Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15403/
Daftar Isi:
  • KatakunciIdentifikasikesalahansoalmatematikapersamaangarislurus.Untukmencegahataupalingtidakmeminimalisasikesalahanyangdilakukansiswadiharapkangurumampumenganalisislangkah-langkahyangdigunakansiswadalammenyelesaikansoal-soalmatematikasehinggadarihasilanalisisinidapatdideteksikonsep-konsepmanayangkurangataubelumdipahamiolehsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuijenis-jeniskesalahansiswadanmendeskripsikankecenderunganyangdilakukansiswakelasVIIISMPN24Malangdalammeyelesaikansoal-soalmatematikapokokbahasanpersamaangarislurus.Penelitianinitermasukkedalampenelitiandeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Datayangterkumpulberasaldarihasiltessiswaberupa10soaluraiandanhasilwawancaradengansiswa.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehduasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamajenis-jeniskesalahanyangdilakukansiswadalammenyelesaikansoal-soalpersamaangarislurusdiklasifikasikanmenjadikesalahankonsepdanprosedur.Jeniskesalahankonsepyangdilakukanadalah1)salahmenggunakanrumus2)salahmenafsirkankonsep3)salahtulisrumusdan4)tidakmenuliskanrumusuntukmenjawabsoal.Sedangkanjeniskesalahanproseduryangdilakukansiswameliputi1)tidakmampumelakukanproseduruntukmenggambarkansuatugaris2)tidakmengertimaksudsoal3)salahdalammensubstitusikannilaivariabelkedalamrumus4)kesalahankarenasiswakurangterampildalammenggunakanidealjabar5)salahdalammelakukanoperasihitung6)kesalahankarenasiswatidakmelanjutkanprosespengerjaandan7)menyimpulkantanpaalasanyangbenar.Keduakecenderungansiswadalammenyelesaikansoalpersamaangarislurusmeliputi1)siswacenderungmenentukankoordinattitikyangsalahpadabidangkoordinatcartesius2)salahdalammensubstitusikannilaikedalamvariabel3)cenderungmenuliskanrumusyangmenyimpangjauhdarirumussebenarnya4)tidakmelanjutkanprosespengerjaanyangmelibatkanbentukaljabar5)cenderungtidakdapatmenentukanlangkah-langkahyangharusdilakukansehinggasebagianbesardarimerekatidakmelanjutkanprosespengerjaan6)cenderungtidaktelitidalammelakukanoperasihitungyangmelibatkanbilangannegatif.